Cara Aktivasi Windows 7

5 min read

cara aktivasi windows 7 ultimate

Apa kamu pengguna setia Windows 7? Jika terdapat peringatan Windows 7 expired not genuine di laptop mu, maka kamu perlu mengetahui cara aktivasi Windows 7. Tujuan aktivasi ini adalah menjaga agar kinerja laptop tetap optimal. Kamu bisa mengaktifasinya secara online atau offline.

Sejak Januari 2020, Microsoft telah menghentikan update untuk Windows 7. Namun, masih banyak orang yang tetap nyaman menggunakan sistem operasi versi ini. Hal ini dikarenakan Windows 7 lebih stabil untuk digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi rendah.

Windows 7 juga dapat mendukung berbagai jenis software. Dengan kelebihan tersebut, tak ayal Windows 7 masih mempunyai banyak pengguna setia. Jika kamu baru saja install ulang Windows 7 mu, kamu harus mengaktifasi Windows 7 ultimate agar genuine dengan product key.

Ada beberapa cara aktivasi Windows 7 yang sudah expired. Misalnya, kamu bisa aktivasi dengan Windows Loader, kmspico, atau cmd. Simak penjelasan cara mengaktifasi Windows 7 ultimate agar genuine tanpa software dan product key berikut ini.

Cara Aktivasi Windows 7

Cara aktivasi windows 7 permanen dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa aktivasi Windows 7 Ultimate atau Professional dalam versi 32 bit dan 64 bit. Bahkan kamu bisa melakukannya secara offline tanpa menggunakan software.

Ada beberapa metode aktivasi yang bisa kamu pilih. Misalnya, kamu menggunakan cara aktivasi Windows 7 dengan Windows loader, activator genuine, kmspico, tanpa product key, atau dengan menggunakan CMD. Simak penjelasan masing-masing metode berikut ini.

1. Windows Loader

Cara aktivasi Windows 7 dengan Windows Loader adalah metode yang sering digunakan. Software ini merupakan activator yang sangat populer. Jika kamu ingin mengaktivasi dengan Windows Loader, kamu tidak perlu memiliki product key. Itulah mengapa banyak pengguna Windows 7 yang menggunakannya.

Inilah langkah-langkah penggunaan Windows Loader untuk aktivasi Windows 7.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menonaktifkan antivirus di laptop atau PC kamu. Hal ini wajib dilakukan agar tidak terjadi kendala saat proses download.
  • Selain itu, kamu juga harus menonaktifkan Windows Defender dan Windows Firewall. Caranya adalah kamu harus masuk ke bagian menu Control Panel. Lalu, klik opsi Sistem and Security. Klik Windows Firewall. Kemudian kamu bisa centang Turn Off Windows Firewall. Ketuk tombol OK.

cara aktivasi windows 7 dengan windows loader

  • Setelah antivirus, Windows Defender, dan Windows Firewall dimatikan, kamu bisa download aplikasi Windows Loader.
  • Setelah download selesai, kamu harus menonaktifkan koneksi internet. Lalu, ekstrak file Windows loader tersebut. Kamu bisa menjalankan aplikasi Windows Loader dengan cara klik kanan lalu pilih Run As Administrator.

ultimate 64 bit

  • Windows Loader akan menampilkan spesifikasi dari Windows 7 kamu. Ketuk opsi Install agar Windows 7 dapat diaktivasi. Tunggu hingga proses aktivasi selesai. Jika proses aktivasi selesai, akan muncul pemberitahuan “The Certified and Serial were successfully installed”.

ultimate 32 bit

  • Setelah proses aktivasi Windows 7 dengan activator Windows Loader selesai, kamu harus merestart PC atau laptop kamu.
  • Setelah proses restart selesai, kini Windows 7 kamu telah berhasil diaktivasi tanpa memerlukan product key.

Untuk mengecek apakah proses aktivasi Windows 7 ultimate menjadi genuine berhasil, kamu bisa klik tombol Start di bagian pojok kiri bawah PC mu. Klik kanan menu Computer. Lalu, kamu bisa pilih opsi Properties. Setelah itu akan muncul keterangan Genuine yang artinya aktivasi telah berhasil.

Kamu juga bisa menerapkan cara aktivasi Windows 7 ultimate dengan Windows Loader ini pada Windows 7 Professional. Pastikan kamu tidak menggunakan Windows 7 bajakan ya!.

2. Aktivasi dengan CMD

Selain menggunakan Windows Loader, kamu juga bisa mencoba cara aktivasi Windows 7 dengan CMD. CMD merupakan singkatan dari Command Prompt. Metode ini mengharuskanmu untuk aktivasi secara online. Jadi, pastikan PC atau laptop mu terkoneksi dengan jaringan internet yang kuat.

Aktivasi dengan CMD ini sering disebut dengan cara aktivasi Windows 7 online. Sebelum memulai prosesnya, pastikan kamu memiliki Product key Windows 7. Periksa juga jaringan internet mu. Pastikan koneksi internet stabil agar tidak terjadi kendala saat aktivasi. Ikuti cara berikut ini.

  • Ketuk tombol Start di bagian pojok kiri bawah layar laptop atau PC kamu.
  • Klik menu All Programs. Kemudian klik pada folder Accessories.
  • Pilih menu Command Prompt. Klik kanan pada menu tersebut lalu pilih opsi Run as Administrator.
  • Setelah jendela program Command Prompt muncul, kamu bisa ketikkan “slmgr.vbs/ipk product key anda”. Setelah itu, tekan Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

cara aktivasi Windows 7 dengan CMD

  • Kemudian akan ada pemberitahuan bahwa proses aktivasi berhasil. Lalu, kamu bisa ketik “slmgr.vbs/ato. Ketuk tombol Enter.

dengan kms auto lite

  • Setelah proses ini berhasil, kamu bisa restart komputer kamu.

Sebenarnya cara aktivasi Windows 7 dengan CMD ini bertujuan untuk penambahan aktivasi. Metode ini mempunyai batasan yakni hanya bisa dilakukan 3 kali saja selama total 120 hari. Jadi hasil aktivasi tidak bisa permanen.

3. Aktivasi dengan KMSPico

Metode yang ketiga adalah dengan menggunakan software KMSPico. Cara aktivasi Windows 7 dengan KMSPico tidaklah sulit. Software ini sangat populer karena bisa memberi akses penuh ke Windows 7 meskipun kamu tidak mempunyai Product Key windows 7. Aplikasi ini juga gratis.

Panduan singkat tentang aktivasi Windows 7 secara permanen dengan KMSPico dapat kamu simak dalam tutorial berikut.

  • Nonaktifkan anti-virus dan Firewall di laptop kamu. Caranya seperti langkah-langkah yang disebutkan pada sub-bab Windows Loader di atas.
  • Unduh aplikasi KMSPico. Setelah download selesai, kamu bisa ekstrak file terlebih dahulu.
  • Buka File KMSPico. Klik opsi Next agar proses instalasi dapat dilanjutkan.
  • Centang di bagian kolom Accept Agreement. Kemudian tekan tombol Next. Tunggulah hingga proses install KMSPico ini selesai.

cara aktivasi Windows 7 dengan KMSPico

  • Setelah proses instalasi berhasil, kamu harus merestart laptop terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar aktivasi Windows 7 berhasil.

Cara aktivasi dengan KMSPico ini sangat sederhana sehingga mudah dilakukan oleh siapa saja. Kamu juga tidak perlu membeli lisensi Windows 7 untuk mendapatkan product key atau serial number.

4. Aktivasi dengan Product Key

Cara aktivasi Windows 7 Ultimate, Professional, atau Enterprise secara permanen adalah dengan menggunakan Product Key. Windows 7 Product Key License bisa dibeli secara online melalui marketplace atau Microsoft secara langsung. Product key akan dikirim ke email kamu.

Setelah memiliki Windows 7 License Key, kamu bisa mempraktekkan Cara Aktivasi Windows 7 dengan Product Key berikut.

  • Klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bagian bawah layar komputer mu.
  • Klik kanan pada opsi Computer. Kemudian, kamu bisa pilih opsi Properties. Menu Properties ini juga bisa diakses dengan menekan tombol Windows dan Pause di keyboard.

cara aktivasi Windows 7 dengan product key

  • Setelah masuk ke menu Properties, ketuk opsi Activate Windows Now yang terletak di bagian bawah. Nantinya, kamu akan diarahkan ke halaman baru untuk aktivasi Windows 7.

agar menjadi genuine (permanen)

  • Ketikkan License Key dengan benar. Lalu, klik tombol Next.
  • Proses aktivasi ini mungkin memerlukan waktu yang tidak sebentar. Jadi tunggu hingga proses selesai yang ditandai dengan munculnya pemberitahuan Activate Success.
  • Cara di atas bisa dilakukan jika kamu terhubung ke jaringan internet. Namun, jika kamu melakukan aktivasi secara offline, kamu bisa pilih opsi Show me Other Ways to activate.
  • Lalu, masukkan Product key yang terdiri dari 25 karakter. Pastikan kamu mengetikkan product key dengan benar di tempat yang telah disediakan.

di partisi gpt

  • Klik pada menu Use Automated Phone Sistem.
  • Pilihlah Negara Indonesia sesuai lokasi kamu sekarang. Ketuk tombol Next untuk melanjutkan proses aktivasi.
  • Layar laptop kamu akan menampilkan nomor telepon. Gunakan HP kamu untuk menelepon nomor tersebut. Ikuti petunjuk yang diberikan.
  • Masukkan Installation ID saat diminta. Setelah itu sistem akan memberitahu kamu tentang Confirmation ID. Catatlah agar tidak lupa.
  • Ketikkan Confirmation ID di tempat yang tersedia. Tekan tombol Next. Setelah itu, kamu bisa matikan telepon.

Setelah aktivasi Windows 7 dengan Licence Key berhasil, tulisan Windows Not Genuine di laptop kamu akan hilang. Selain itu, kinerja sistem operasi laptop kamu akan dapat berfungsi secara normal.

5. Dengan KMSAuto Lite

Software aktivator lain yang bisa kamu coba adalah KMSAuto Lite. Software ini bisa digunakan untuk aktivasi Windows 7 maupun versi lainnya. Keunggulan software ini adalah kemampuan untuk aktivasi Microsoft Office. Cara aktivasi Windows 7 dengan KMS Auto Lite adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kamu telah menonaktifkan anti-virus dan juga Firewall.
  • Download software KMS Auto Lite. Setelah file terdownload, kamu bisa mengekstraknya terlebih dahulu. Klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”. Pilih x64 jika kamu menggunakan versi 64-bit, atau pilih x32 untuk 32 bit.
  • Install GLVK. Kemudian beri tanda centang pada opsi Forcibly.
    Cara aktivasi Windows 7 dengan KMSAuto Lite

 

  • Tekan opsi Windows Key. Proses ini membutuhkan beberapa saat. Tunggu hingga selesai.
  • Tekan opsi Activation. Setelah itu, kamu bisa menekan pilihan Activate Windows.
  • Kini, Windows 7 kamu berhasil diaktivasi. Restart PC atau laptop mu agar sistem dapat berjalan normal.

Manfaat Aktivasi Windows 7

Meskipun Microsoft terus memperbarui versi Windows, masih banyak penggunanya yang setia dengan Windows 7. Hal ini karena versi ini memiliki beberapa kelebihan. Contohnya, Windows 7 memiliki UI yang sederhana, kinerja stabil, dan banyak software yang kompatibel.

Agar sistem dapat bekerja optimal, kamu perlu tahu cara aktivasi Windows 7 yang sudah expired. Proses aktivasi ini akan memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah:

  • Memiliki Windows 7 permanen.

Saat menginstal Windows 7 pertama kali, sistem operasi yang ada di laptop mu masih berstatus sementara. Selama masa trial atau percobaan, sistem tidak dapat bekerja optimal. Setelah masa percobaan ini selesai, di layar mu akan muncul pemberitahuan Activate Windows Now.

Kamu bisa pilih salah satu cara aktivasi di atas agar Windows 7 kamu berubah menjadi permanen. Dengan begitu, kinerja sistem dapat berjalan maksimal.

  • Windows 7 original.

Biasanya, Windows memberikan waktu percobaan selama 30 hari.Setelah masa ini berakhir, kamu harus segera mengaktivasi Windows 7 dengan menggunakan License key atau product key. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memiliki Windows 7 original.

  • Akses ke seluruh fitur.

Setelah mengaktivasi Windows 7, kamu bisa menggunakan semua fitur yang tersedia. Selain itu, perangkat kamu juga tidak akan mengalami gangguan kinerja seperti saat belum diaktivasi.

Nah itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah menyelesaikan proses aktivasi Windows 7. Kamu bisa memilih metode mana yang menurutmu paling mudah dan ampuh untuk aktivasi Windows Ultimate menjadi Genuine. Kamu bisa pilih proses aktivasi tanpa software atau product key.

Pilih cara aktivasi Windows 7 tanpa product key dengan Windows Loader, dengan CMD, atau dengan KMSpico. Jika kamu ingin aktivasi offline tanpa software, kamu bisa mencoba aktivasi Windows 7 Ultimate agar genuine dengan product key. Selamat Mencoba.

Lutfiana linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!