Cara Cek HP Samsung

3 min read

Cara Cek HP Samsung

Cara cek HP Samsung menjadi hal krusial untuk siapapun yang hendak membeli produk smartphone tersebut. Sebelum membeli pastikan mengeceknya, apakah HP yang akan kamu beli dalam kondisi bagus atau malah sebaliknya.

Produk baru yang belum di unboxing saja, bisa berpotensi terjadi kecacatan. Entah bagian fisik atau organ dalam ponsel, apalagi untuk pembelian HP bekas. Yang notabenenya pernah dipakai orang, tanpa kita tahu kondisi sebelumnya.

Membeli HP layaknya membeli barang dalam karung, sulit mengetahui keadaannya kalau tidak membukanya. Agar terhindar dari penjual yang nakal, berikut ini cara cek HP Samsung baik baru atau bekas dengan mudah.

Cara Cek HP Samsung

Pengecekan kondisi perlu dilakukan saat pembelian HP baru maupun bekas. Cara cek HP Samsung dengan mudah dilakukan melalui beberapa cara. Berikut cara untuk mengetahui kondisi HP Samsung apakah bagus atau tidak:

1. Memeriksa Kondisi Baterai Ponsel

Baterai menjadi unsur yang tidak boleh terlupa. Pembelian HP bekas, seperti tipe A10s dan A11 yang notabenenya berbaterai awet, juga wajib di cek.

Berikut ini langkahnya:

  • Seperti cara sebelumnya dengan memakai kode *#0228# pada portal dial up.

Kondisi Baterai Ponsel

  • Setelah di klik OK, akan keluar status kondisi ponselmu.

keluar status kondisi

Kode lain yang berkaitan dengan informasi baterai yakni, #8999*228#. Selain itu untuk mengetahui seberapa konsumtif pemakaian baterai dapat melalui #*2286#.  Jangan sampai lupa untuk melihat kecepatan proses pengisian daya dengan kode #*2286#.

BACA JUGA
Cara Cek IMEI iPhone

2. Mengecek Spesifikasi

Ada cara lain untuk melihat apakah produk Samsung lipat asli atau palsu, selain melalui IMEI dapat dilihat melalui kode. Melalui kode tersebut kamu dapat akan menerima keterangan spesifikasi buatan mana dan tahun pembuatannya.

Serta masih banyak keterangan lainnya. Namun, jika spesifikasi tersebut tidak keluar pada layar LCD ponselmu, patut dicurigai dan kemungkinan itu bukanlah produk asli.

  • Klik kode *#*#4636#*#* yang diketik pada kolom telepon

Mengecek Spesifikasi

  • Setelah klik OK, selanjutnya akan keluar spesifikasi dengan lengkap.

keluar info spesifikasi

Kode rahasia ini bukan hanya untuk informasi HP saja, ternyata juga bisa memberi informasi lain. Seperti, data statistik penggunaan dan riwayat penggunaan baterai. Kedua cara tersebut sudah cukup untuk cek keadaan HP.

 3. Melihat Standarisasi HP Samsung

Cara cek HP Samsung selanjutnya dengan melihat standarisasi smartphone. Langkah ini biasa digunakan untuk memeriksa kondisi HP bekas, apakah masih normal atau tidak.

  • Masukkan kode *#0*# pada panel dial up dan klik OK.

Standarisasi HP Samsung

  • Setelah itu keluar jendela demikian. Kamu hanya perlu mengarahkan jari untuk menekan menu yang kamu kehendaki.

test hardware

Selanjutnya akan keluar berbagai macam fitur yang dapat kamu pilih untuk dilihat kondisinya. Mulai sensor, kamera, getar, speaker, dan touchscreen. Dari situ dapat diketahui dengan jelas kondisi ponsel yang sebenarnya.

4. Perhatikan dengan Jeli Kondisi Fisik

Kondisi fisik

Cara pertama dan paling mendasar yang seharusnya dilakukan oleh siapapun yang akan membeli smartphone. Tidak bisa sekedar asal membelinya, dengan alasan fisik yang menarik. Karena, kondisi dalam belum tentu demikian.

Bisa-bisa malah baru beberapa hari terbeli, kondisinya sudah bobrok. Kondisi body HP memang tidak bisa menjadi patokan kualitas. Hanya saja dalam beberapa kondisi bisa  berpengaruh pada kinerja sistemnya.

BACA JUGA
Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

Misalnya HP Samsung seri paling baru, tapi casing-nya banyak gores, sepertibekas benturan benda keras. Setelah dicek kondisinya bagian dalamnya terjadi masalah. Begitulah hubungan antara fisik dengan bagian dalam HP.

Untuk membedakan barang asli atau bukan, dapat kamu coba dengan melihat material penyusunnya. Misal warna dan bahan casing terasa berbeda. Para pengguna lama Samsung pasti bisa dengan mudah membedakannya.

5. Memastikan Produk Ori atau HDC

Produk Ori atau HDC

Hingga saat ini masih ada produk Samsung palsu yang beredar di pasaran. Rata-rata merupakan seri dengan harga asli lebih dari Rp10 juta, secara fisik nyaris tidak ada perbedaan .

Untuk menghindarinya, kamu bisa mencoba dengan mengecek nomor IMEI. Cara mengetahuinya bisa melalui kode rahasia *#06#. Ketikkan kode tersebut pada tombol panggilan dan klik ok. Salin angka atau nomor yang keluar.

Ketik pada laman pencarian imei.info, setelah itu masukkan angka yang sudah disalin sebelumnya pada kolom tertera. Terakhir, akan keluar tipe ponsel milikmu. Kalau tipenya sesuai, dapat dipastikan bahwa produk itu asli.

6. Mengukur Kecepatan Booting

Mengukur Kecepatan Booting

Tahukah apa itu booting? Bahasa atau istilah keren dari proses menyalakan perangkat. Melalui proses ini bisa diketahui kondisi HP atau perangkat lainnya. Namun, belum tahu pasti kerusakaan apa yang terjadi pada ponsel.

Kalau pada proses ini berjalan sangat lambat, saran penulis pertimbangkan kembali untuk membelinya. Bisa jadi ada organ yang mengalami kerusakan atau tidak bisa bekerja secara maksimal. Sehingga membuat sistem seperti itu.

Kecepatan booting sangat cocok untuk dijadikan petunjuk kualitas HP. Proses yang cepat berarti kemampuan pengolahan data dan sistem operasi software bekerja dengan baik.

7. Memakai Software CPU-Z

Software CPU-Z

Aplikasi untuk memeriksa kondisi HP sebenarnya sangat banyak. CPU-Z salah satunya dan yang lumayan populer. Software ini memiliki fitur yang mampu memeriksa kondisi HP secara menyeluruh.

BACA JUGA
Cara Mengetahui HP Disadap

Bagian yang bisa dijangkau menggunakan aplikasi ini adalah SPC/processor, sistem, kinerja perangkat, dan keadaan baterai. Agar tidak sampai tertipu, cari tahu kondisi HP tersebut melalui aplikasi ini. Apalagi software ini gratis.

8. Memastikan Bahwa Perangkat Belum Pernah dibongkar

Memastikan Belum Pernah dibongkar

Sebagai pengguna smartphone pasti pernah mendengar jika HP pernah di bongkar, tidak laku saat dijual. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena ponsel pernah terbongkar berarti sempat mengalami kerusakan serius.

Untuk itu sebagai calon pembeli harus bisa memastikan smartphone yang akan dibeli,mesin nya belum terbongkar. Beberapa cara ini bisa kamu coba untuk melihat bahwa kondisi dan riwayatnya benar-benar bagus.

Sekrup Body yang Luka

Pada pemeriksaan fisik, lihat dua sekrup yang mayoritas berada di bagian bawah HP. Bisa menjadi acuan jika pernah dibongkar atau tidak, biasanya keadan sekrup luka atau ada bekas goresan.

Segel yang Tidak Resmi

Bagian lain yang bisa dilihat adalah bagian segel. Segel asli dari vendor, umumnya memiliki tekstur dan warna yang unik. untuk segel asli, akan terlepas saat pertama kali dibuka dan tidak terpasang lagi, berbeda dengan yang KW.

Cara cek HP Samsung sangat dibutuhkan. Khususnya untuk mengetahui keadaan HP sendiri, serta memastikan HP yang kamu beli betul-betul milik penjual sendiri atau hasil temuan dari barang hilang.

Untuk mencegah segala hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mencoba beberapa tips di atas untuk menentukan HP impianmu. Semoga membantu!

Avatar

Cara Reset iPhone

Avatar Arrasy
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.