Cara Cek IMEI iPhone

2 min read

Cara Cek IMEI iPhone

Untuk mengetahui bahwa iPhone yang kamu beli asli atau palsu, kamu harus tahu cara cek IMEI iPhone. Karena perangkat ini harganya cukup mahal, sehingga banyak beredar iPhone replika atau rekondisi. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa apakah iPhone kamu asli atau rekondisi.

Sebelum lanjut ke pembahasan Cara cek IMEI iPhone Asli, kamu harus tahu apa itu IMEI. IMEI (International Mobile Equipment Identity) berperan sebagai identitas setiap HP. Sehingga tiap iPhone pasti memiliki IMEI yang berbeda.

Semua orang pasti ingin memiliki iPhone asli dan terdaftar di kemenperin. Selain untuk memeriksa keaslian iPhone, IMEI juga bisa berfungsi untuk mengetahui model, pembuat, dan sistem operasi HP tersebut.

Cara Cek IMEI iPhone

Ada berbagai metode dan cara yang bisa kamu coba. Kamu bisa melakukan pengecekan IMEI ini sendiri tanpa bantuan teknisi iPhone. Dengan beberapa metode di bawah ini, kamu bisa mengetahui apakah IMEI iPhone kamu aktif atau tidak, diblokir atau tidak, dan apakah terdaftar atau tidak.

1. Cek melalui Body iPhone

melalui Body iPhone

Cara cek IMEI iPhone melalui body iPhone bisa dilakukan tanpa menghidupkan iPhone kamu. Cara ini adalah , metode yang paling mudah dan praktis. Apakah cara cek IMEI melalui body iPhone aman atau tidak? Tentu saja aman karena kamu tidak perlu membuka casing iPhone kamu.

Kamu hanya perlu mengecek bagian belakang body iPhone kamu. Cara ini juga bisa digunakan di semua jenis iPhone seperti iPhone 6, 7,8, SE,11, atau 12.

BACA JUGA
Cara Downgrade IOS

2. Cek Tray SIM Card

Cek Tray SIM Card

Cara kedua untuk mengecek IMEI iPhone kamu adalah dengan memeriksa bagian Tray SIM. Mungkin sebagian orang masih awam tentang bagian iPhone ini. Tray SIM adalah slot untuk meletakkan SIM Card kamu.

Cek IMEI iPhone melalui Tray SIM bisa dilakukan dengan melepas tray tersebut dari body iPhone. Di bagian atas Tray SIM kamu bisa melihat 15 digit angka yang merupakan kode IMEI iPhone kamu.

3. Cek Dus iPhone

Cek Dus iPhone

Saat kamu membeli iPhone baru atau bekas, kamu pasti akan mendapatkan dus atau Box. Nah cara cek IMEI iPhone asli atau palsu bisa dilihat di box iPhone ini.

Lihat pada bagian belakang dus iPhone kamu. Disana kamu bisa menemukan berbagai informasi tentang perangkat kamu seperti IMEI, model, serial iPhone, dll.

4. Melalui Sistem iPhone

Melalui Sistem iPhone

Selain dengan memeriksa fisik dan Dus iPhone, kamu juga bisa mengecek IMEI melalui pengaturan iPhone. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cek IMEI iPhone diblokir atau tidak.

  • Nyalakan iPhone kamu.
  • Masuklah ke menu Settings selanjutnya pilihlah opsi General.
  • Setelah itu klik opsi About.
  • Di menu ini, kamu bisa menemukan informasi lengkap tentang iPhone yang kamu gunakan. Tidak hanya IMEI, kamu juga bisa mengetahui detail lain seperti MEID, ICCID, dan juga serial number.

Cara mengecek IMEI melalui sistem ini sangat efektif jika kamu tidak bisa memeriksa IMEI melalui Tray SIM card atau di saat kamu tidak bisa menemukan dus iPhone kamu.

5. Melalui Kode Dial

Melalui Kode Dial iPhone

Selain melalui sistem atau pengaturan iPhone, kamu juga bisa mengecek no IMEI iPhone dengan menggunakan kode dial. Cara ini sebenarnya bersifat universal karena tidak hanya bisa digunakan di iPhone saja tetapi juga merek smartphone lain seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dll.

BACA JUGA
Cara Membuat ID Apple

Berikut ini adalah cara via kode dial.

  • Bukalah fitur Panggilan di iPhone.
  • Tekan kode *#06# kemudian tekan tombol Call.
  • Dalam beberapa detik, no IMEI iPhone kamu akan ditampilkan di layar.

Cara ini adalah metode yang cukup praktis karena kamu hanya perlu menekan kode untuk mengetahui IMEI perangkatmu.

6. Melalui Aplikasi iTunes

Melalui Aplikasi iTunes

Cara cek IMEI iPhone asli atau rekondisi bisa dilakukan melalui aplikasi iTunes. Pasti banyak orang yang mengira fungsi iTunes hanyalah untuk mengisi lagu atau music ke iPhone. Namun ternyata software resmi Apple ini juga bisa digunakan untuk mengecek IMEI iPhone.

Untuk memeriksa IMEI melalui iTunes, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sambungkan iPhone kamu ke laptop. Pastikan kamu telah menginstal iTunes di laptop tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga laptop bisa mendeteksi iPhone kamu.
  • Setelah berhasil terkoneksi, kamu bisa klik menu Library di software iTunes.
  • Secara otomatis, data dan informasi tentang iPhone kamu akan ditampilkan. Kamu juga bisa menemukan no IMEI iPhone kamu di layar.

7. Melalui Web Apple

Melalui Web Apple

Cara terakhir untuk memeriksa no IMEI dari iPhone adalah dengan mengunjugi situs resmi Apple. Berikut ini adalah cara cek IMEI iPhone di website Apple.

  • Gunakan browser di iPhone atau laptop kamu.
  • Kunjungi situs resmi Apple di appleid.apple.com.
  • Login ke web Apple dengan menggunakan ID Apple kamu.
  • Scroll ke bawah hingga kamu menemukan menu Perangkat.
  • Di bagian ini kamu bisa melihat IMEI, MEID, serta nomor seri iPhone kamu.

Nah itulah beberapa cara cek IMEI iPhone kamu. Untuk mengetahui iPhone kamu asli atau tidak, kamu bisa mencocokkan nomor IMEI di fisik iPhone, dus, dan juga sistem. Jika ketiganya menunjukkan no IMEI yang sama berarti iPhone kamu asli.

BACA JUGA
Cara Melacak Nomor HP

Lalu, bagaimana cara cek IMEI iPhone apakah terdaftar atau tidak? Untuk mengetahui apakah IMEI iPhone kamu terdaftar di Kemenperin, kamu bisa mengeceknya di situs https://imei.kemenperin.go.id/. Masukkan no IMEI ke website tersebut. Jika IMEI tersebut tidak ada maka iPhone kamu ilegal atau BM.

Lutfiana linda

Cara Reset iPhone

Avatar Arrasy
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.