Cara Cek IMEI Samsung

2 min read

Cara Cek IMEI Samsung

Samsung merupakan salah satu brand smartphone asal Korea Selatan yang turut merajai pasar smartphone Indonesia. Untuk mengecek keaslian ponselnya kamu bisa mengecek cara cek IMEI Samsung pada artikel ini.

IMEI sendiri adalah kode atau serial number yang digunakan untuk mengidentifikasi apakah smartphone tersebut asli atau palsu. IMEI juga bisa kamu gunakan untuk mendeteksi ponsel yang hilang. Kamu juga bisa tahu dimana pabrik yang membuat ponselmu.

Dengan mengetahui cara cek IMEI Samsung kamu bisa mengurangi resiko pencurian atas ponselmu. IMEI mampu mengidentifikasi perangkat sehingga saat ponsel hilang dicuri maka pencuri tak bisa menggunakan ponsel Samsungmu walau sudah diganti SIM Card-nya.

IMEI sendiri terdapat pada komputer, ponsel dan tablet. Nomor IMEI dihasilkan dari digit Type Allocation Code yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) sehingga IMEI setiap perangkat tidak mungkin sama satu dengan lainnya.

Cara cek IMEI Samsung ini juga berfungsi pada perangkat Samsung lainnya seperti tablet.Terdapat pula situs yang mengidentifikasi informasi perangkatmu bila memasukan IMEI. IMEI yang legal juga disertai dengan kartu garansi. Jadi berminat untuk mengetahui cara cek IMEI Samsung dibawah ini?

Cara Cek IMEI Samsung

Karakteristik IMEI Samsung adalah memiliki jumlah serial number sebanyak 14-16 digit. Nomor IMEI ini tidak ada kaitannya dengan Sim Card sehingga meskipun kamu ganti nomor atau kartu provider nomor IMEI akan tetap sama.

1. Cek Dus Book/Badan Ponsel

Sebenarnya IMEI bisa kamu temukan pada perangkat atau pembungkus dari smartphone itu sendiri. Dengan begitu kamu bisa langsung tahu apakah ponsel yang dijual asli atau palsu.

  • Coba cek pembungkus smartphone tersebut. Biasanya ada stiker yang melekat pada kotak pembungkusnya itu adalah informasi terkait Imei

Cek Dus Book

  • Di Dalam dus book biasanya terdapat buku manual penggunaan smartphone. Pada badan dusbook kamu juga bisa menemukan spesifikasi singkat perihal smartphone yang sedang digunakan

Selain bisa mengetahui IMEI kamu juga dapat mengetahui dimana ponsel tersebut diproduksi. Tersedia pula keterangan warna dari smartphone yang sedang digunakan apakah tipe S6 edge atau Note 5 maupun tipe lainnya.

  • Baterai

Selain terletak pada dusbook IMEI juga bisa kamu temukan pada baterai ponsel. Cara cek IMEI Samsung dengan baterai bisa dilakukan bila ponsel tidak memakai baterai tanam sehingga bisa dibongkar pasang seperti tipe Sein atau  J7.

  • Buka ponsel samsung kamu lalu ambil baterai smartphone
  • Kamu juga bisa mengecek pada bagian badan baterai ponsel yang tak jarang tertempel stiker yang mengandung informasi IMEI dilekatkan di baterai ponsel
  • Jika stiker tidak ditemukan pada baterai biasanya melekat di bagian tempat baterai itu sendiri seperti pada gambar dibawah ini

Cek Baterai

Bila memakai cara ini terpaksa ponsel harus dimatikan terlebih dahulu baru dibongkar. Untuk ponsel tipe sekarang umumnya menggunakan baterai tanam sehingga tidak bisa dibongkar pasang.

2. www.imei.info

Cara cek IMEI Samsung bisa pula dilakukan secara online. Terdapat situs www.imei.info yang mana menyediakan informasi jenis smartphone apa yang digunakan berdasarkan serial IMEI yang diupload.

  • Kamu harus mengetahui dahulu serial IMEI smartphone kamu kemudian buka situs www.imei.info.
  • Masukan serial IMEI pada kotak yang dilingkari tanda merah pada gambar setelah itu centang kotak I’m not robot lalu tombol check

 situs imei.info

  • Tunggu beberapa saat hingga hasilnya keluar. Dari hasil pencarian akan muncul informasi terkait smartphone kamu lengkap dengan spesifikasinya seperti pada gambar

terdaftar atau tidak

Dari laman ini kamu bahkan bisa melihat review dari pengguna lainnya terkait ponsel tersebut. Terdapat pula parameter ponsel sebagai referensi kamu terhadap perangkat yang kini digunakan.

3. Melalui Keypad

Cara cek Samsung baik model Galaxy ataupun tab bisa pula diketahui melalui keypad. Cara ini memanfaatkan kode Unstructured Supplementary Service Data atau USSD yang terdiri atas pagar, angka dan tanda bintang.

  • Pertama-tama nyalakan smartphone Samsung kamu lalu tujulah menu panggilan

Melalui Keypad

  • Tekan kode *#06# lalu pilih tombol call maka kode IMEI akan langsung muncul. Tak perlu khawatir menggunakan USSD tidak akan dikenai biaya pulsa sama sekali alias gratis. Selain terdapat serial number IMEI juga dilengkapi barcodenya seperti pada gambar

Tekan kode 06

Cara ini bisa digunakan untuk semua jenis tipe ponsel dengan berbagai merk. Tidak hanya Samsung saja melainkan merk lain bisa menerapkannya.

4. Via Setting

Bila kamu malas untuk menggunakan USSD bisa pula memanfaatkan setting pada ponsel. Dalam menu setting biasanya disertakan berbagai info terkait perangkat smartphone yang kamu gunakan.

  • Nyalakan smartphone kamu lalu tujulah menu setting atau pengaturan pada layar smartphone

Via Setting

  • Scroll hingga menemukan pilihan about phone atau tentang perangkat kemudian tekan

pilihan about phone

  • Selanjutnya buka bagian status kemudian untuk mengetahui IMEI pilih informasi IMEI

apakah terdaftar atau tidak

  • Pilih IMEI untuk mengetahui serial IMEI yang sedang dicari. Kamu bisa mencocokan nomor IMEI ini dengan yang tertera pada dusbooknya atau pada hasil pencarian menggunakan USSD

sudah aktif atau belum

Pada menu setting juga bisa ditemukan sistem operandi ponsel yang sedang kamu gunakan. Mudah bukan untuk mengetahui IMEI dengan cara ini?

International Mobile Equipment Identity atau IMEI menjadi identitas setiap ponsel. Melalui IMEI lokasi ponsel bisa terdeteksi serta mengecek keaslian ponsel. 

Untuk mengetahui ponsel Samsung yang kamu gunakan asli atau palsu bisa memakai 6 cara.

Cara cek IMEI Samsung diatas bisa kamu aplikasikan ke berbagai tipe merk Samsung seperti S6 Edge, J7, Note 5 maupun pada tab Samsung. Cek IMEI tidak menggunakan pulsa walau memakai kode dial atau USSD.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!