Cara Cek IMEI Xiaomi

2 min read

Cara Cek IMEI Xiaomi

Cara cek IMEI xiaomi kamu agar mengetahui xiaomi yang sedang digunakan itu asli atau palsu karena memeriksa IMEI itu sangat penting, bisa dikatakan IMEI itu adalah sebuah identitas dari sebuah handphone.

Karena kode IMEI itu berisi angka yang akan menunjukkan informasi dari handphone itu sendiri seperti informasi merek, model, serial number, dan lain-lain.

Sehingga jika nomor IMEI tidak terdaftar pada database pemerintah maka bisa dikatakan itu adalah handphone bajakan yang harus diblokir.

Dari kesimpulan di atas bahwa IMEI adalah sebuah nomor identitas yang dimiliki setiap handphone dan berbeda-beda berguna untuk mengetahui apakah handphone yang beredar itu asli atau palsu.

5 Cara Cek IMEI Xiaomi

Jika kalian sudah paham seberapa pentingnya IMEI terdaftar di database pemerintah, maka kalian perlu memeriksa dengan cara melihat di kardus ketika membeli handphone, jika kardusnya sudah hilang maka kami akan memberikan tutorial cara cek IMEI xiaomi.

1. Melalui Kode.

Cara cek IMEI xiaomi dapat kamu lakukan dengan melalui kode rahasia yang bisa kamu coba melalui aplikasi telepon.

Cara ini sangat mudah kalian ikuti, apalagi dapat dicoba untuk semua merek hp Xiaomi jadi tidak ada merek khusus dalam langkah ini.

  • Silahkan buka aplikasi telepon kamu terlebih dahulu.
  • Lalu ketikkan angka kode rahasianya yaitu *#06#.
  • Biasanya akan langsung muncul pop-up yang akan menampilkan nomor IMEI kamu.

Cek IMEI Xiaomi Dial up

2. Cek IMEI Melalui Pengaturan.

Selanjutnya untuk cara cek IMEI Xiaomi dapat dilakukan dengan melalui pengaturan, cara ini sangat sederhana dari sebelumnya.

BACA JUGA
Cara Mengetahui HP Disadap

Kalian hanya tinggal pergi ke pengaturan agar dapat mengetahui nomor IMEI dengan mudah, karena hp xiaomi sendiri sudah memiliki pengaturan sendiri untuk memeriksa IMEI melalui pengaturan ini.

  • Buka aplikasi pengaturan yang memiliki logo seperti roda bergerigi.
  • Jika sudah berada di dalam halaman pengaturan, silahkan cari menu tentang ponsel atau About Phone.

Cek IMEI Via Pengaturan

  • Gulir ke bawah hingga menemukan menu “Keseluruhan Spesifikasi” jika tidak ada, coba apakah ada menu “Status” jika iya pencet menu itu.

Keseluruhan Spesifikasi

  • Jika kalian terdapat menu “Keseluruhan Spesifikasi” maka selanjutnya cari menu “Status” biasanya berada di paling bawah.

cari menu Status

 

  • Masuk dan cari lagi menu “Informasi IMEI” nah di sini akan memberitahu nomor IMEI kamu, gimana mudah bukan.

Informasi IMEI

3. Menggunakan Aplikasi IMEI checker.

Cara cek IMEI Xiaomi selanjutnya bisa menggunakan aplikasi bantuan yang dapat kamu download di play store.

Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi IMEI saja, melainkan beberapa informasi tentang ponsel kamu.

Seperti informasi baterai, informasi kamera depan dan belakang, informasi prosesor yang kamu miliki, dan juga dapat memberitahu kamu info sensor serta info jaringan.

  • Silahkan download aplikasi-nya di play store.
  • Kalau sudah dibuka aplikasinya, kalian akan langsung ditampilkan menu awal yang memberikan informasi ponsel kamu.
  • Jika ingin melihat nomor IMEI nya bisa pencet menu Home di paling bawah, terus pilih menu IMEI.

Aplikasi IMEI checker

4. Cek Keaslian IMEI XIaomi Melalui Website.

Gimana sudah mengetahui kode IMEI Xiaomi kamu? Kalau belum kamu bisa ikuti perlahan cara cek IMEI Xiaomi dengan seksama agar mendapatkan kode IMEI-nya.

Jika sudah saatnya untuk memeriksa apakah kode IMEI kamu sudah terdaftar atau tidak agar mengetahui kalau hp Xiaomi kamu itu asli.

BACA JUGA
Lupa Password iCloud

Untuk memeriksanya kamu bisa membuka situs website resmi milik Xiaomi-nya langsung dan kalian akan dapat langsung memeriksa IMEI kamu.

  • Buka situs resminya di sini https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei
  • Kamu akan langsung diperlihatkan halaman form untuk mengisi kode IMEI dan verifikasi.
  • Masukkan kode yang sudah kamu dapatkan, dan isi verifikasinya dengan benar.
  • Jika sudah mengisi semua form-nya pencet saja tombol verify, nanti tampilannya akan berubah, jika IMEI kamu terdaftar maka akan terdapat tulisan CONGRATULATION.

Cek Keaslian IMEI Via Website

5. Cek Keaslian Xiaomi Melalui Website Kemenperin.

Sebelumnya adalah mengecek keaslian Xiaomi kamu melalui website resmi Xiaomi, nah sekarang kamu harus mengecek Xiaomi kamu apakah terdaftar di kemenperin atau tidak.

Ini bagian cukup penting untuk dicoba karena jika IMEI kalian tidak terdaftar, maka tidak akan lama Xiaomi kalian akan diblokir oleh Kemenperin.

  • Buka situs website resmi Kemenperin di sini https://imei.kemenperin.go.id./
  • Tidak seperti website Xiaomi, di kemenperin kamu hanya tinggal memasukkan kode IMEI saja tanpa perlu mengetik Captcha.
  • Jika sudah memasukkan kode IMEI-nya, nanti akan muncul tulisan tepat di bawah form pengisian apakah IMEI kamu terdaftar di database kemenperin atau tidak.

Website Kemenperin

Akhir Kata:

Itulah cara cek IMEI Xiaomi kamu yang dapat diikuti langkah-langkahnya dengan mudah, kami menyarankan kamu untuk segera memeriksa kode IMEI kamu apakah itu terdaftar atau tidak.

Karena sangat disayangkan jika seandainya IMEI kamu tidak terdaftar di database kemenperin dan kemungkinan besar Xiaomi kamu akan segera diblokir.

Selain itu mengecek kode IMEI juga harus dilakukan ketika ingin melakukan pembelian hp kepada orang lain, karena takutnya hp yang dimiliki tidak terdaftar di database pemerintah.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *