Cara Crop Foto di Photoshop

4 min read

Cara Crop Foto di Photoshop

Ada banyak cara untuk crop foto. Umumnya menggunakan  cara crop foto di Photoshop. Adobe photoshop atau biasa disingkat dengan Photoshop adalah program yang dibuat oleh Adobe System khusus untuk pembuatan efek dan edit foto atau gambar.

Photoshop digunakan oleh berbagai fotografer hingga perusahaan iklan untuk editing foto. Bisa dibilang program ini cukup populer di bidangnya dan terbaik dari Adobe system. Ada banyak versi photoshop diantaranya CS5 hingga versi ketigabelasnya adalah CS6.

Dengan menggunakan cara crop foto di Photoshop mampu menghasilkan gambar yang halus dan kelihatan nyata. Software ini rilis pertama kali pada 19 Februari 1990 silam yang semula difungsikan untuk mengedit gambar sebagai cetakan dengan basis kertas.

Format khusus dari program ini adalah PSD, PSB dan PDD. Ada sekitar 59 tool umum yang disediakan dalam menyunting gambar. Programnya bisa diinstal di PC namun kini juga ada yang tersedia secara portable atau Photoshop online sehingga tidak perlu menginstal software.

4 Cara Crop Foto di Photoshop

Crop foto di Photoshop sebenarnya ada 4 teknik yang bisa kamu tempuh. Memang tersedia tool khusus dalam hal crop. Adapun cara crop gambar dengan program ini bisa kamu simak dibawah ini.

1.  Quick Selection Tool

Quick Selection Tool merupakan fitur yang bisa menyeleksi objek dengan cepat sesuai bentuk yang diinginkan. Tool ini berfungsi menyeleksi gambar ditambah warnanya. Tool ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan lasso tool.

Perbedaan Quick Selection Tool ketimbang lasso tool adalah lebih cepat dalam pemilihan gambar objek. Sementara lasso tool sangat detail dalam memilih gambar objek. Untuk menggunakan tool ini mudah cukup ikuti langkah dibawah ini:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Adobe photoshop lalu pilih gambar yang ingin di crop dengan cara klik menu file lalu open
  • Cara crop foto dengan Quick Selection Tool, adalah aktifkan tool dengan mengklik icon seperti pada gambar yang terletak di sebelah kiri. Pilih menu Quick Selection Tool.
BACA JUGA
Cara Mengetahui Jenis Font

Quick Selection Tool

  • Lakukan seleksi pada area gambar yang ingin dipotong. Caranya mudah cukup dengan klik dan geser mouse ke seluruh area yang hendak kamu potong hingga semua terseleksi. Akan muncul garis titik-titik untuk keterangan batas seleksi

seleksi pada area gambar

  • Kelebihan tool ini adalah kamu tidak perlu mengatur garis seleksi objek sebab sudah otomatis terseleksi. Selain itu tool ini membaca warna jadi bisa otomatis terseleksi warna yang sama pada gambar
  • Bila sudah rapi tekan CTRL+X untuk memotong gambar yang terseleksi tadi. Gambar yang terpotong tadi akan muncul seperti dibawah ini

tekan CTRL+X

  • Jika kamu ingin memindahkan gambar yang terseleksi maka setelah menyeleksi gambar tekan ikon move tool yang ada di pojok kiri atas
  • Tarik gambar hingga menuju ke halaman baru maka otomatis objek akan berpindah. Setelah itu proses edit bisa kamu lanjutkan

Saat menyeleksi gambar dengan  Quick Selection Tool tinggal klik kiri di mouse dan tahan. Objek bisa dengan mudah dipindahkan ke halaman lainnya dengan memakai move tool dan menyeretnya ke halaman baru.

2. Pen Tool

Cara memotong foto di Photoshop selanjutnya adalah melalui pen tool. Tool ini memiliki kelebihan untuk memotong gambar hingga vektor bahkan bisa membuat animasi. Pen tool digunakan untuk menyeleksi foto-foto dengan tepi yang rumit.

  • Langkah menggunakan tool ini dimulai dengan menyiapkan gambar yang hendak diedit
  • Kemudian pada bagian kiri atau menu tool pilih icon yang berbentuk pulpen.
  • Klik kiri lalu pilih pen jika ingin garis batasnya terukur. Sementara free pen artinya kamu bebas membuat tepian garis dengan berbagai model

Pen Tool

  • Untuk menyeleksi objek pilih tanda segitiga di menu bar atas lalu pilih path.  Sementara menu shape untuk membuat objek
  • Cara Ini cocok juga untuk gambar yang memiliki banyak lengkungan atau lingkaran
  • Seleksi gambar dengan pointer hingga keseluruhan area yang diinginkan. Untuk menggunakan pointer pen dalam menyeleksi cukup klik di titik-titik area gambar searah jarum jam maka dengan otomatis akan muncul garis seleksi seperti pada gambar
BACA JUGA
Cara Kompres Video

Seleksi gambar dengan pointer

  • Pastikan titik pertama yang kamu buat dari pointer pen bertemu dengan titik akhir untuk mengunci gambar yang ingin dipotong
  • Jika sudah selesai klik kanan pada gambar yang terseleksi kemudian aktifkan menu selection

aktifkan menu selection

  • Kemudian pilih edit copy lalu pilih menu edit lagi kemudian tekan paste. Jika ingin menyimpan foto yang dipotong tadi tinggal pilih menu file lalu export as PNG sehingga bagian background tidak akan muncul

pilih edit copy

  • Untuk mengatur besar kecil gambar yang terseleksi maupun memutar gambar ke arah yang berlawanan bisa memilih menu edit lalu transform

Apabila ingin memindahkan gambar yang terpotong ke background lain bisa memanfaatkan menu move tool seperti cara pada poin nomor 1. Pen tool memungkinkan pemotongan gambar dengan halus.

Gambar terasa seperti foto nyata dan gunakan zoom in atau zoom out untuk memperbesar dan memperkecil gambar yang ingin diseleksi. Sesuaikan ukuran pixel gambar dengan background sehingga terkesan alami.

3. Polygonal Lasso Tool

Selain memakai Quick selection tool cara crop foto di Photoshop juga bisa memanfaatkan menu lasso tool. Icon dari lasso tool sendiri seperti tali yang disimpul yang ada di pojok kiri gambar.

  • Klik menu lasso tool lalu pilih jenis polygon lasso tool
  • Fungsi polygonal lasso tool adalah menyeleksi gambar yang memiliki sudut yang tajam

Polygonal Lasso Tool

  • Seleksi gambar dengan klik bagian-bagian yang ada lekukannya searah jarum jam kemudian untuk mengakhiri seleksi arahkan garis ke titik awal.
  • Hasil seleksi akan muncul garis putus-putus seperti gambar dibawah ini

Seleksi gambar

  • Setelah itu gambar bisa kamu pindahkan ke layer atau lembar kerja photoshop dengan move tool. Aktifkan move tool lalu seret gambar ke lembar kerja baru untuk diedit kembali.
  • Dalam menggunakan tool ini harus pastikan lekat garis pertama sebab jika garis akhir tidak bisa tersambung dengan garis pertama maka proses seleksi akan dianggap terus berjalan.
BACA JUGA
Cara Menghilangkan Background di Photoshop

Polygonal lasso tool mampu membuat seleksi secara bebas tapi tetap beraturan. Seleksi yang dibuat jenis lasso ini adalah garis lurus.

4. Crop Tool

Terakhir, ada cara dengan menggunakan crop tool. Tidak seperti 3 cara lainnya menu ini hanya bisa memotong objek dalam bentuk persegi panjang maupun persegi yang ukurannya bisa diatur.

  • Langkahnya hampir sama dengan 3 cara lainnya yaitu buka gambar yang ingin dipotong terlebih dahulu
  • Pilih crop tool yang ada di bagian kiri gambar

Crop Tool

  • Tinggal kamu atur saja gambar yang ingin di crop dengan menarik kotak kecil pada ribbon yang muncul di gambar

atur gambar

  • Kemudian klik tanda centang yang ada di bar atas maka otomatis gambar akan terpotong sesuai dengan ukuran yang telah kamu atur sebelumnya.

Crop tool cocok untuk membuang gambar yang dianggap kurang penting seperti tepian pada foto. Tool ini paling pas untuk menghilangkan area luar foto dan memotong gambar menjadi beberapa area yang lebih kecil.

Dari 4 cara diatas bisa diketahui bahwa dalam memotong gambar tergantung kebutuhan yang diinginkan. Bila ingin memotong gambar dengan tepian tajam maka polygonal lasso tool pilihannya. Sementara gambar yang punya banyak lengkungan lebih baik memakai pen tool.

Jika kamu tak punya banyak waktu dan ingin memotong gambar menurut warna bisa memakai quick selection tool. Apabila hanya ingin menghilangkan bagian luar gambar saja sebaiknya gunakan crop tool. Kamu juga bisa menyimpan gambar ke dalam berbagai format yang ada.

Dengan mengetahui cara crop foto di Photoshop diatas maka akan mudah memotong gambar secara alami. Kamu bisa menggunakan Adobe photoshop CS5 atau CS6 yang merupakan series paling terbaru dari Photoshop

BACA JUGA
Cara Burning CD
Avatar

Cara Burning CD

Lutfiana linda Lutfiana linda
3 min read

Cara Install XAMPP

Lutfiana linda Lutfiana linda
3 min read

Cara Kompres Video

Avatar Khoirul Jayanti
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!