Cara Install Windows 10

3 min read

Cara Install Windows 10

Windows 10 umum digunakan pada perangkat komputer saat ini. Cara install Windows 10 juga tergolong mudah. Kelebihan Windows 10 sendiri meningkatkan antarmuka pengguna serta cocok untuk pemula hingga profesional.

Untuk dapat menginstal sistem Windows 10 perangkat harus memenuhi spesifikasi sistem Windows yang diminta. Untuk bisa menginstal windows 10 ini komputer kamu perlu hardisk minimal 16 GB untuk 32 bit dan 20 GB untuk 64 bit.

CPU memiliki 1 GHz dengan memori graphics card sebesar 256 MB.Ada banyak alasan kenapa perangkat komputer perlu diinstal. Beberapa alasannya adalah untuk menghilangkan virus hingga meningkatkan kinerja komputer itu sendiri.

Selain itu keunggulan dari Windows 10 juga mendukung akses ke game eksklusif Xbox One. Cara instal windows 10 sendiri ada dua cara yakni melalui CD atau dengan DVD maupun flashdisk.

Persiapan Sebelum Instalasi

Sebelum menerapkan cara instal windows 10 kamu perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal ini untuk mengurangi resiko kehilangan data pribadi pada komputer.

  • Backup Data

Data yang ada di partisi C sebaiknya dipindah ke partisi D atau E. Ketika install windows dilakukan maka file pada partisi C akan ada resiko hilang. Kamu juga bisa menyimpan data pada hard drive external maupun cloud.

  • Kosongkan Memori Internal

Selanjutnya pastikan mengosongkan memori internal pada komputer. Untuk menginstal windows 10 dibutuhkan 16 GB – 20 GB ruang hard disk. Kamu bisa menghapus file lama atau yang tidak terpakai.

  • Internet dan Daya Listrik

Jika kamu menginstal windows pada laptop maka pastikan daya baterai terisi penuh. Proses instalasi windows 10 ini lumayan memakan banyak waktu. Rata-rata membutuhkan waktu 45 menit.

BACA JUGA
Cara Mempercepat Booting Windows 10

Sinyal internet yang stabil akan mempercepat proses unduhan file Windows. Setelah tiga hal ini siap maka tinggal jalankan langkah instalasi windows yang ada di bawah ini.

Cara install windows 10 ini bisa dilakukan bila perangkat memang memenuhi spesifikasi yang diminta. Yuk cek selengkapnya di bawah ini!

2 Cara Install Windows 10

Dalam menginstal Windows 10 ada dua cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa menginstal memakai flashdisk atau CD Rom. Bila memakai CD Rom maka tinggal tekan tombol drive eject pada CPU atau laptop untuk memasukan CD.

1. Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Cara install windows 10 dengan flashdisk di laptop Acer maupun dengan flashdisk di laptop Asus sebenarnya sama saja. Langkah awalnya dimulai dengan menyiapkan flashdisk berukuran minimal 8GB.

Install Windows 10 dengan Flashdisk

  • Klik file ISO Windows 10 dan tunggu beberapa menit untuk mengunduh file windows 10. Setelah muncul notifikasi license terms pilih menu accept

Unduh File ISO Windows 10

  • Setelah itu pilih create installation media (USB flash drive, DVD dll) kemudian klik Next
  • Isi settingan bahasa, arsitektur dan edisinya. Untuk edisi diisi Windows 10 sementara arsitektur bisa diisi 64 bit atau 32 bit bahkan keduanya
  • Kemudian cara install Windows 10 selanjutnya adalah dengan pilih media penyimpanan yakni USB flash drive lalu pilih next

pilih media

  • Tunggu hingga proses bootable flashdisk Windows 10 selesai dijalankan. Setelah selesai tinggal klik finish untuk mengakhiri prosesnya
  • Restart komputer kemudian saat masuk bios atau layar masih gelap tekan tombol F1, F2, F3, F5, atau F10 beberapa kali jika menggunakan laptop. Apabila kamu memakai PC maka tekan Del, Esc, atau Ins
  • Arahkan ke menu boot dengan tombol ke kanan atau ke kiri pada keyboard
BACA JUGA
Cara Mempercepat Windows 7

penyimpanan USB flash drive

  • Pindahkan menu removable devices dengan memakai tombol +- ke urutan paling atas
  • Jika kamu menginstal Windows 10 menggunakan flashdisk maka bios langsung mendeteksi
  • Setelah itu kamu tinggal menyimpannya dengan menekan tombol exit lalu saving changes kemudian pilih yes. Untuk memulai booting tinggal tekan sembarang tombol
  • Jika ingin menerapkan cara install windows 10 dengan flashdisk tanpa masuk bios maka saat restart perangkat komputer kamu tekan dan tahan tombol shift. Setelah jendela choose option muncul pilih use device

menu boot

  • Pilih menu Bootable Installer Windows Flashdisk baru tahapan instal Windows akan muncul sama dengan setelah proses booting dilakukan
  • Isi windows setup sesuai kebutuhan seperti bahasa yang digunakan, waktu kemudian klik instal now. Jika muncul jendela active windows maka bisa memilih i don’t have a product key
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih windows 10 untuk operating system lalu klik next. Lalu pilih custom install windows only (advanced). Pilih partisi untuk menyimpan instalan windows lalu next dan tunggu selesai hingga restart now.

jendela choose option

  • Tahap selanjutnya tinggal memilih bahasa sesuai lokasi kamu yakni Indonesia
  • Untuk keyboard layout pilih US kemudian untuk opsi second layout pilih skip saja

memilih versi windows 10

  • Pada jendela set up pilih Set up for personal use untuk keperluan pribadi kemudian pilih next. Login ke akun microsoft bila tidak memiliki tinggal pilih offline account saja

tanpa cd dan flashdisk

  • Lalu pilih no saat jendela sign in with microsoft instead muncul kemudian masukan nama komputer atau laptop lalu pilih next. Buat password untuk akses komputer kemudian pilih next
  • Jika muncul pertanyaan seperti pada gambar dibawah ini maka pilih saja no

agar data tidak hilang

  • Setelah itu jendela privacy akan muncul bisa langsung menekan tombol accept dan instal Windows 10 dengan flashdisk tanpa software berhasil dilakukan.
BACA JUGA
Cara Mengekstrak File

Setelah itu kamu tinggal menginstal software yang dibutuhkan seperti biasa. Ingat pada saat instal windows pastikan baterai laptop atau sinyal internet stabil. Hal ini untuk mendukung kecepatan unduhan windows 10 dan settingan sistemnya.

2. CD

Cara install Windows 10 dengan CD tak jauh berbeda dengan memakai flashdisk. Hanya saja pada tahapan sebelum masuk bios yang berbeda.

  • Setelah proses mengunduh ISO Windows 10 di situs microsoft selesai kemudian burn file ke dalam CD

Install Windows 10 dengan CD

  • Pastikan saat menyimpan Windows 10 memilih iso file kemudian next
  • Ikuti langkah seperti pada cara instal windows 10 lewat flashdisk di atas kemudian yang menjadi berbeda adalah pada saat masuk ke menu boot

di ssd dengan flashdisk

  • Pastikan kamu meletakan pilihan CD Rom drive pada posisi pertama
  • Simpan dan lanjutkan kemudian langkah selanjutnya sama dengan melalui flashdisk diatas

Sebenarnya perbedaan mendasar dalam menerapkan cara install Windows 10 baik dari flashdisk maupun CD terletak pada boot. Sementara langkah lainnya sama saja baik tanpa masuk bios maupun dengan bios.

Cara install windows 10 baik menggunakan CD maupun flashdisk yang dijadikan prioritas adalah saat booting. Booting merupakan proses dimana program sistem sedang diatur ulang.

Dalam proses install windows kamu akan diminta untuk beberapa kali restart komputer. Windows 10 sendiri sudah dirilis sejak 2016 silam. Bahkan saat perilisannya dibagikan secara gratis.

Cara install windows 10 dengan flashdisk atau CD bisa dilakukan oleh pemula. Kamu juga bisa install Windows 10 dengan flashdisk tanpa software tambahan.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *