Cara Isi Saldo PayPal

3 min read

cara isi saldo paypal dengan jenius

Cara isi saldo Paypal, saat ini sudah dapat dilakukan dengan mudah. Metodenya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dengan cara membelinya dari penjual saldo Paypal, transfer bank, kartu debit atau kredit, bahkan mini market dan platform lainnya.

Apapun jenis metode yang dipilih semuanya terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Contoh jika ingin mengisi saldo PayPal secara praktis, dapat membelinya lewat atm BCA, dengan kartu kredit, bahkan di Indomaret.

6 Cara Isi Saldo Paypal Terbaru 2021

Cara isi saldo PayPal yang bukan hanya mudah, tapi juga aman. Berikut ini, adalah beberapa metode yang dapat dilakukan, untuk mengisi saldo PayPal.

1.Transfer Bank Online

Isi saldo paypal Transfer Bank Online

Cara isi saldo PayPal yang pertama dalam pembahasan ini, dapat dilakukan melalui transfer bank online, dengan menggunakan komputer dan HP. Adapun mekanismenya, dapat mengikuti tahapan di bawah ini.

  • Buka Akun PayPal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs PayPal, untuk masuk ke akun PayPal pribadi. Apabila belum mendaftarkan rekening bank ke akun PayPal, sebaiknya didaftarkan terlebih dahulu.

Caranya, klik pada menu ‘Money‘ or ‘Wallet‘, kemudian masukkan nomor rekening bank. Sebagai catatan, proses pendaftaran rekening ini, terkadang dapat membutuhkan waktu hingga beberapa hari.

  • Lakukan Klik Transfer

Setelah masuk ke akun, lakukan klik pada menu ‘Transfer Money‘. Tombolnya ada pada sudut kiri atas, atau di bawah menu ‘Saldo’. Selanjutnya akan terlihat instruksi, untuk melakukan transfer instan, ke rekening yang sudah terdaftar. Klik menu ‘Got It‘ untuk dapat melanjutkan.

  • Menambahkan Saldo

Kemudian, klik menu ‘Add money to your balance‘, untuk pengisian saldo ke akun PayPal yang dituju. Jangan lupa memasukkan jumlah yang akan di top up.

  • Lanjutkan Dengan Klik ‘Add Personal’

Setelah semua tahapan dapat diselesaikan, lakukan klik pada menu ‘Add Personal‘. Saldo yang diisi, akan masuk ke akun PayPal selama 3-5 hari kerja.

Kelebihan:

Transaksi dapat berjalan secara mudah dan aman, dengan Bank BRI, BCA, BNI, dan bank lokal lainnya. Semua rekening bank ini pastinya sudah tercantum di PayPal, sejak pertama kali membuka akun disana.

Kekurangannya:

Proses pencairan agak lama, karena membutuhkan waktu 3-5 hari kerja.

2. Kartu Kredit 

Kartu Kredit

Alternatif memakai kartu kredit sebagai cara isi Saldo PayPal, sebenarnya tidak secara langsung. Maksudnya disini adalah, hanya menyambungkan kartu kredit yang akan digunakan, dengan akun PayPal. 

Jadi, setiap melakukan pengisian saldo dengan kartu kredit, limit kartu akan terpotong, sesuai dengan nilai pengisian. Namun selain itu, akan ada tambahan biaya sebesar US$1,95, yang juga akan otomatis terpotong di kartu kredit.

Jika ingin melakukan pengisian saldo dengan cara ini, ikuti langkah-langkah dalam penjelasan berikut ini. 

  • Buka situs PayPal untuk mendaftar terlebih dahulu
  • Klik pada menu ‘Hubungkan Kartu’,  dan input nomor kartu, beserta masa berlaku dan kode CVC/CVV, yang tertera di belakang kartu. 
  • Kemudian Klik pada menu ‘Simpan’, untuk menyimpan data tersebut dalam akun PayPal. 
  • Selanjutnya lakukan konfirmasi kartu kredit. 
  • Kartu kredit telah terhubung dengan akun PayPal.

Kelebihan:

Cara ini termasuk mudah dan praktis. Selain itu juga lebih aman, karena telah mengikuti semua ketentuan cara isi saldo PayPal yang berlaku.

Kelemahan:

Fasilitas ini bersifat terbatas, karena tidak setiap orang memiliki kartu kredit. Selain itu juga relatif mahal, karena ada biaya tambahan yang akan ditambahkan.

3. Kartu Debit

Kartu Debit

Jika ingin melakukan pengisian dengan kartu debit, maka cara isi saldo PayPal juga dapat dilakukan melalui situsnya secara langsung. Pengisian saldo dapat menggunakan kartu debit yang berlogo Visa dan Mastercard. Berikut adalah tahapan langkahnya:

  • Bukalah situs PayPal Indonesia terlebih dahulu untuk mendaftar.
  • Kemudian klik pada menu ‘Hubungkan Kartu’, kemudian masukan 16 digit nomor kartu, beserta masa berlakunya. Jangan lupa untuk menginput nomor kode CVC/CVV.
  • Klik pada menu ‘Simpan’ untuk menyimpan data kartu debit pada akun PayPal. 
  • Lakukan konfirmasi dengan kartu debit. 
  • Kartu debit telah terhubung dengan akun PayPal

Kelebihan:

Transaksinya terjamin, karena dilindungi dengan sangat ketat oleh sistem PayPal yang sudah canggih. Sudah terbukti, karena bank online ini sudah memiliki jaringan di banyak negara, dengan menggunakan berbagai metode pembayaran.

Kekurangan:

Nilai konversinya yang naik turun

4. Mesin ATM Dan Bank Lokal

Mesin ATM Dan Bank Lokal

Jika ingin melakukan cara isi saldo PayPal melalui ATM, pastikan dengan kartu debit yang sudah memiliki logo Visa atau Master. Untuk mekanismenya sama seperti menggunakan kartu debit di ATM. Perbedaannya, kartu tersebut harus sudah terhubung dahulu dengan PayPa.

Setelah memasukkan nomor kartu yang tertera beserta kode CVC/CVV dibalik kartunya, maka tagihan akan langsung terpotong dari bank tersebut. 

Sejauh ini, Bank yang dapat melakukan transaksi ini adalah Via Mandiri, Permata, BNI dan BCA. Namun tidak ada salahnya, untuk tetap mengecek sekali lagi ke setiap bank yang ingin dituju. Mengingat setiap perubahan dapat terjadi, tergantung dari kebijakan masing-masing.

Kelebihan:

Mudah untuk melakukannya, karena hanya perlu mencari Mesin ATM  dan Bank yang terdekat.

Kekurangan:

Nilai konversinya yang naik turun

5. Aplikasi OVO

Aplikasi OVO

Cara isi saldo Paypal juga dapat dilakukan secara langsung, melalui aplikasi OVO. Namun, sebagai langkah pertama, hubungkan dulu akun Paypal dengan OVO. Tujuannya untuk mendapatkan akses, saat  mentransfer dana dari aplikasi OVO melalui paypal. 

Berikut ini adalah mekanisme, untuk menghubungkan aplikasi OVO dengan Paypal, sebelum melakukan transaksi pengisian saldo. 

  • Login melalui situs Paypal.
  • Pilih menu ‘Hubungkan Kartu atau Bank’.
  • Kemudian Pilih menu ‘Hubungkan rekening bank’.
  • Input ‘Nama Bank PT. BANK NATIONALNOBU’.
  • Lanjutkan dengan memasukkan ‘Kode bank 5030017’.
  • Ketik nomor Nomor OVO, yang merupakan kombinasi dari angka 9 + Nomor HP di akun OVO.
  • Klik kembali menu ‘Hubungkan Bank Anda’.
  • Dan yang terakhir, klik menu ‘Selesai’.
  • Aplikasi OVO telah aktif terhubung dengan Paypal.

Kelebihan: 

Semua transaksi akan tercatat di pada kedua aplikasi. Sehingga, cukup aman dan terjamin untuk melakukan pengisian saldo.

Kekurangan:

Cara isi saldo PayPal dengan OVO agak sedikit tidak praktis, karena harus menggunakan dua platform untuk melakukan pembayaran.dengan ketentuan yang berbeda. 

6. Membeli Balance

Membeli Balance

Membeli balance merupakan salah satu dari cara isi saldo PayPal yang terbilang paling mudah dan anti ribet. Yang perlu dicari hanyalah jasa pengisi saldo yang terpercaya, dari berbagai marketplace. Contohnya seperti Tokopedia, Lazada,ViaPayPal.id, dan lainnya.

Jika berniat untuk mengisi saldo dengan metode membeli balance, prosesnya kira-kira seperti di bawah ini.

  • Cari jasa pengisi saldo PayPal yang dapat terpercaya reputasinya.. 
  • Lalu pelajajari dan ikuti seluruh proses transaksinya, karena setiap penyedia jasa memiliki ketentuan yang berbeda.
  • Tunggu untuk beberapa saat, hingga saldo berhasil masuk ke akun PayPal, setelah transaksi selesai.

Kelebihan:

Selain lebih cepat dan mudah, umumnya konversi kurs nya juga relatif lebih rendah  dibandingkan dengan kurs di PayPal. 

Kekurangan: 

Memiliki resiko, karena tidak sesuai dengan ketentuan umum dari PayPal. Sehingga, bisa saja terkena sanksi pembatasan pada saldo dari PayPal. Selain itu saldo yang sudah di dibeli tidak masuk ke akun PayPal, karena penipuan dari penjual jasa tersebut.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang beberapa metode, cara isi saldo PayPal yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan. Karena pada dasarnya, saat ini sudah tidak perlu lagi tergantung dengan kartu kredit, untuk membuka dan mengisi saldo PayPal.

Novianti Lavlia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!