Cara Melihat Tipe Laptop

3 min read

Cara Melihat Tipe Laptop

Sebagian besar orang hanya mengetahui merek laptop yang mereka gunakan. Namun, apa kamu tahu tipe laptop kamu? Artikel ini akan membahas cara melihat tipe laptop dari berbagai merek. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan yakni dengan melakukan pengecekan lewat sistem operasi.

Mungkin kamu bertanya-tanya. Apa sih manfaat mengetahui tipe laptop yang kamu gunakan. Pertama, dengan mengetahui tipenya, kamu bisa membandingkan laptop kamu dengan merek yang sama tapi tipe berbeda. Selain itu, mengetahui tipe laptop berguna saat kamu ingin menjualnya.

Berbeda dengan merek laptop yang biasanya terpampang di body perangkat, tipe laptop biasanya agak sulit ditemukan secara kasat mata. Untuk itu, kamu harus menyimak cara melihat tipe laptop di artikel ini. Cara berikut bisa diterapkan di berbagai merek seperti Acer, Lenovo, ASUS, Toshiba, Dell, dll.

Cara Melihat Tipe Laptop

Suatu merek atau produsen laptop pasti akan mengeluarkan produk dalam berbagai tipe dengan spesifikasi yang berbeda. Itulah yang menyebabkan harga setiap tipe laptop berbeda meskipun mereka mempunyai merek yang sama. Semakin canggih spesifikasinya, maka harganya akan semakin mahal.

Ada beberapa cara melihat tipe laptop yang bisa kamu coba. Misalnya, kamu bisa mengeceknya melalui DXDIAG, System Operation, CMD atau Command Prompt, BIOS, atau melihat dus laptop kamu. Simak masing-masing caranya dalam penjelasan berikut ini.

1. Melalui DXDIAG.

Pertama, kamu bisa mengetahui tipe laptop dengan DXDIAG. DXDIAG merupakan singkatan dari DirectX Diagnostic. Aplikasi ini berguna untuk mengetahui sistem informasi di laptop. Tidak hanya tipe laptop, melalui DXDIAG kamu juga bisa menemukan info tentang BIOS, RAM, Processor, dan sistem operasi.

BACA JUGA
Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Inilah cara melihat tipe laptop dengan DXDIAG.

  • Buka menu Run dengan cara menekan menu tombol Windows dan R bersamaan.
  • Setelah jendela Windows Run muncul, kamu bisa ketik dxdiag. Kamu juga bisa menekan tombol Start lalu ketik dxdiag untuk masuk ke DirectX Diagnostic.

cara melihat tipe laptop Melalui DXDIAG

  • Menu ini akan menampilkan spesifikasi laptop kamu.
  • Untuk mengetahui tipe laptop yang sedang kamu gunakan, kamu bisa melihatnya pada bagian yang ditandai kotak merah berikut ini.

DirectX Diagnostic

Berdasarkan gambar di atas, kamu bisa mengetahui bahwa laptop yang digunakan adalah merek ACER dengan tipe Aspire ES1-131. Dengan melakukan cara ini, kamu juga bisa mengetahui informasi tentang processor, BIOS, Memory, dan juga sistem operasi yang sedang digunakan.

2. Melalui System Information.

Kedua, kamu juga bisa mempraktekkan cara melihat tipe laptop dengan System Information. Cara ini mirip dengan metode dxdiag. Namun, kamu akan bisa menemukan informasi yang lebih mendetail tentang laptop kamu seperti RAM, processors, BIOS mode dan version, dan juga OS. Inilah detailnya.

  • Klik Start atau ikon Search di laptop kamu. Lalu kamu bisa ketikkan System Information.

Melalui System Information

  • Klik System Information.
  • Kemudian, kamu akan diarahkan menuju System Summary yang berisi informasi detail laptop kamu.
  • Kamu bisa lihat tipe laptop di bagian System Model seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini.

System Summary

Melihat tipe laptop lewat System Information ini sangat direkomendasikan. Hal ini karena metode ini dapat menampilkan informasi computer atau laptop dengan sangat lengkap dan mendetail. Sayangnya, tampilan menunya dirasa kurang user-friendly terutama bagi orang yang masih awam.

3. Melalui Command Prompt

Cara ketiga untuk mengetahui tipe laptop adalah dengan menggunakan Command Prompt. Cara berikut sangat mudah untuk dilakukan. Hanya dengan beberapa langkah, kamu bisa melihat tipe laptop kamu di CMD. Ikuti panduan berikut ini.

  • Klik tombol Start atau ikon Search di laptop kamu.
  • Ketik Command Prompt.
BACA JUGA
Cara Cleaning Printer

Melalui Command Prompt

  • Masuk ke menu Command Prompt.
  • Ketik “systeminfo” kemudian tekan tombol Enter.

Ketik systeminfo

  • Tunggu beberapa saat hingga Command Prompt menampilkan informasi tentang laptop kamu.
  • Fokus pada bagian System Manufacturer dan System Model untuk mengetahui merek dan tipe laptop kamu.

System Manufacturer

Mungkin kamu perlu scroll layar ke atas untuk menemukan System Model laptop kamu. Hal ini karena Command Prompt menampilkan berbagai informasi yang lengkap tentang perangkat kamu.

4. Melalui BIOS.

Mungkin kamu masih belum mengetahui apa itu BIOS. BIOS merupakan sistem yang ada di laptop kamu sebelum Windows diinstal. BIOS dapat kamu lihat saat kamu baru menyalakan laptop. Saat merek atau logo laptop muncul di layar, inilah yang disebut BIOS. Ikuti cara melihat tipe laptop dengan BIOS berikut.

  • Nyalakan laptop kamu dengan menekan tombol Power.
  • Saat logo laptop muncul, kamu bisa tekan tombol F1, F2, F8, F12, Del, atau ESC.

Melalui BIOS

  • Tombol BIOS ini berbeda-beda tergantung merek laptop kamu. Biasanya pada layar BIOS akan ditampilkan panduan tombolnya. Misalnya ada tulisan “F1 to Show Menu”.
  • Setelah masuk ke BIOS, kamu bisa cari menu System Information.
  • Pada bagian ini, kamu bisa menemukan tipe atau model laptop kamu.

5. Aplikasi CPU-Z.

Untuk cara kelima ini, kamu perlu menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah CPU-Z. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis. Cara melihat tipe laptop dengan CPU-Z bisa disimak melalui panduan berikut ini.

  • Download aplikasi CPU-Z.
  • Install aplikasi tersebut di laptop kamu.
  • Setelah selesai diinstal, aplikasi tersebut akan memunculkan tampilan seperti gambar di bawah ini.

Aplikasi CPU-Z

  • Masuk ke menu Mainboard. Pada menu ini, kamu bisa melihat merek atau produsen laptop kamu beserta tipenya.
  • Lihat bagian yang berada di kotak merah berikut ini. Manufacturer merupakan produsen laptop kamu. Sedangkan model menunjukkan tipe laptop kamu.
BACA JUGA
Corel Draw X7 Tidak Bisa Save

Masuk ke menu Mainboard

6. Dus Laptop.

Cara terakhir merupakan cara yang paling mudah. Jika dus kemasan laptop kamu masih ada, kamu bisa mengecek tipe atau model laptop kamu di sana. Jika kamu membeli laptop baru, pastikan kamu simpan dusnya dengan baik. Hal ini karena terdapat banyak informasi penting tentang laptop kamu.

Selain itu, menyimpan dus juga bermanfaat jika kamu ingin menjual laptop kamu. Laptop yang masih dilengkapi dus biasanya mempunyai harga jual yang tinggi. Berikut adalah contoh tipe laptop di dus laptop merek ASUS.

Dus Laptop

Jika kamu tidak bisa menemukan tipe laptop di dus kemasan laptop, kamu bisa mencoba mencarinya di buku manual. Hal ini karena tidak semua produsen laptop mencantumkan detail tipe pada dus. Ini adalah contoh tipe laptop ASUS yang bisa kamu temukan di buku manualnya. Cara melihat tipe laptop ini sangat mudah bukan?

buku manual

Nah, itulah keenam cara melihat tipe laptop ASUS, HP, Dell, Toshiba, atau ACER. Kamu bisa menerapkannya baik di Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Mana yang paling mudah? Metode System Information bisa menjadi yang termudah sekaligus menampilkan informasi yang paling lengkap.

Lutfiana linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!