Cara Mematikan Antivirus Avast

2 min read

cara mematikan antivirus avast sementara

Beberapa orang mungkin mencari tahu bagaimana cara mematikan antivirus Avast karena merasa tak perlu lagi menggunakannya. Menonaktifkan antivirus tersebut pun dapat diatur secara permanen maupun untuk sementara saja.

Sebagai antivirus, Avast dikenal sangat-sangat sensitif untuk mencegah suatu perangkat agar tidak terserang oleh virus maupun malware yang membahayakan. Itulah kenapa sebagian orang sangat membutuhkannya, tapi ada juga yang tidak.

Jika menonaktifkan antivirus Avast adalah opsi yang terbaik, kamu bisa mematikannya terlebih dulu. Misalkan saja sewaktu mengunduh aplikasi lain maupun ketika beralih ke antivirus yang lain.

Tenang saja, cara mematikan antivirus Avast sendiri cukup mudah dan bisa diterapkan dari sekarang. Kamu juga bisa pilih mode menonaktifkan antivirus secara sementara atau permanen.

3 Cara Mematikan Antivirus Avast Secara Permanen Dan Sementara

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan antivirus Avast pada komputer. Bahkan apapun tipe dan merek laptop kamu, antivirus ini bisa dimatikan secara sementara maupun selamanya.

1. Mematikan Antivirus Avast di Windows 10

Mematikan Antivirus Avast Di Windows 10

Pada beberapa komputer, seperti windows 10 maupun windows 7 misalnya terdapat menu hidden icon yang ada di pojok kanan bawah. Menu tersebut bisa digunakan untuk menonaktifkan antivirus dengan cepat dan berikut caranya:

  • Buka komputer atau laptop kamu.
  • Cari dan klik kanan pada menu hidden icon.
  • Lalu pilih menu icon Avast dan tekan Avast shields control
  • Nanti akan muncul beberapa pilih. Mode tersebut dapat dipilih untuk menonaktifkan Avast sebentar saja atau seterusnya.
  • Terdapat pilihan nonaktif selama 10 menit, 1 jam, sampai komputer menyala kembali dan nonaktif selamanya. Jadi, kamu tinggal pilih saja mana yang dibutuhkan untuk komputermu.
  • Setelah itu, kamu bisa tekan yes atau ok jika muncul notifikasi untuk menonaktifkan antivirus tersebut.
BACA JUGA
Cara Recovery Windows 10

Bisa dibilang kalau cara mematikan antivirus Avast lewat toolbar di pc ini paling gampang dan cepat. Selain itu langkah-langkahnya juga mudah dipahami, baik itu untuk menonaktifkan Avast dalam beberapa waktu maupun secara permanen.

2. Mematikan Antivirus Avast Langsung di Aplikasinya

Dengan mematikan Avast langsung di aplikasinya, maka lebih dimaksudkan untuk menonaktifkan antivirus itu secara permanen. Lebih cocok untuk dipilih buat kamu yang sudah tidak memerlukan antivirus ini lagi, dan berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Avast yang ada di laptop Kamu bisa membukanya dari mana, sesuaikan saja dengan kenyamanan.
  • Setelah terbuka, pilih menu protection dan lanjut ke menu core shields.
  • Setelah itu, tekan menu pengaturan yang ada di sebelah kanan atas.

Langsung Di Aplikasinya

  • Nanti akan ada beberapa pilihan lagi dan silakan hilangkan centang yang ada di kolom-kolom pengaturan tersebut.

antivirus avast di windows 7

Pada cara ini, akan ada beberapa tipe program yang nantinya bisa dipilih. Jadi, kamu bisa pilih sendiri, mana yang akan dinonaktifkan, terutama untuk bagian boot scan saja.

3. Mematikan Avast Lewat Fitur Online Internet Security

Sebagai salah satu fitur terbaru dari Avast, fitur internet security ini dapat digunakan untuk mengaktifkan proteksi pada perangkat, sewaktu terhubung dengan internet. Tentu saja fitur ini sangat bermanfaat, tapi kalau kamu ingin mematikannya bisa dimulai dengan cara berikut:

  • Pertama, kamu harus buka program antivirus Avast yang telah terpasang di komputer. Bisa lewat menu toolbar maupun lainnya.
  • Pilih menu protection dan lanjut ke menu core shields.

Lewat Fitur Online Internet Security

  • Di sana, kamu bisa menonaktifkan fitur-fitur yang ada yaitu email shields dan web shields.
  • Dengan menonaktifkan kedua fitur tersebut, maka antivirus Avast juga otomatis akan terhenti.
BACA JUGA
Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Sebagai catatan, web shields merupakan fitur proteksi yang aktif ketika pengguna tengah berselancar di internet. Sementara email shields termasuk proteksi yang secara khusus ditujukan untuk email.

Dari sini dapat diketahui bahwa cara mematikan antivirus Avast sangat-sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari menonaktifkan secara sementara maupun seterusnya atau secara permanen.

Kamu pun bisa menonaktifkan antivirus satu ini jika memang keberadaannya perlu off terlebih dulu. Tapi pastikan sebelum menerapkan cara mematikan antivirus Avast tersebut, kamu sudah menyiapkan proteksi terbaik untuk perangkat komputer kamu.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published.