Cara Mematikan Firewall

3 min read

cara mematikan firewall windows 10

Sebuah komputer memiliki sistem bernama firewall atau tembok api. Firewall merupakan salah satu opsi pengaturan yang berguna di laptop atau komputer. Namun, ada kalanya sistem ini harus dimatikan. Jadi, kalian harus mengerti cara mematikan firewall.

Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan firewall? Firewall adalah sistem keamanan yang melindungi komputer dari berbagai ancaman di jaringan internet.

Melalui firewall, kita bisa mengatur data, informasi, dan kegiatan apa saja yang boleh lalu lalang dari jaringan internet ke komputer dan sebaliknya.

Meskipun memiliki fungsi yang baik, ada kalanya firewall harus dimatikan. Misalnya, saat koneksi internet tidak bisa bekerja dengan kecepatan normal. Agar tidak semakin menghambat, firewall harus dimatikan untuk sementara.

Di artikel kali ini, kita akan membahas 3 cara mematikan firewall di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Yuk, simak dulu!

3 Cara Mematikan Firewall

Cara mematikan firewall cukup mudah untuk dilakukan. Kalian bisa lakukan di berbagai sistem operasi dari Windows 7, 8, dan 10 dengan cara yang sama lho. Simak dulu langkah-langkahnya yuk!

1. Menggunakan Firewall.cpl

Salah satu cara menonaktifkan firewall yang bisa dilakukan di Windows 7, Win 8, dan Win 10 adalah dengan menggunakan Firewall.cpl. Cara ini cukup mudah dan praktis untuk dilakukan.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah tekan tombol Windows dan huruf R secara bersamaan di Keyboard. Kemudian, masukkan keyword firewall.cpl di dalam kotak yang tersedia seperti yang dicontohkan pada foto di bawah ini.

mematikan firewall menggunakan firewall.cpl

  • Setelah itu, silahkan langsung klik Ok dan akan muncul halaman seperti yang ada di foto bawah ini.

firewall windows 10 permanen

  • Dari situ, silahkan klik Turn Windows Defender Firewall On or Off yang ada di samping kiri layar laptop atau komputer kalian masing-masing. Setelah itu, akan muncul pilihan seperti yang ada di foto bawah ini.

turn windows defender wall

  • Ikuti langkah seperti yang ada di foto. Pilih Turn Off Windows Defender Firewall (Not Recommended) pada Private dan Public Network Settings. Kemudian, klik Ok yang terletak di bawah layar laptop atau komputer kalian masing-masing.
  • Dengan begitu, firewall pada laptop atau komputer kalian sudah berhasil dimatikan.

2. Lewat CMD

Ada lagi nih, cara menonaktifkan firewall lain yang tidak kalah mudah, yaitu lewat CMD atau command prompt. Cara menonaktifkan firewall yang satu ini juga cukup sederhana dan bisa dipraktikan di Windows 7, 8, dan 10.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah ketik CMD di kolom pencarian yang terletak di bagian bawah layar kalian. Lalu, secara otomatis akan muncul pilihan Command Prompt. Silahkan klik Run as Administrator.

mematikan firewall lewat cmd

  • Jika tidak ada pilihan di samping kanan, kalian bisa lakukan dengan cara klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator.
  • Kemudian, akan muncul pop up window yang berwarna hitam pada layar laptop atau komputer kalian masing-masing.
  • Untuk dapat mematikan firewall, silahkan masukkan perintah ini:

netsh advfirewall set allprofiles state off

firewall windows 10 cmd

  • Setelah itu, silahkan tekan Enter pada keyboard kalian masing-masing, maka firewall akan mati secara otomatis.

3. Menggunakan Tombol Start

Ada satu lagi nih, cara menonaktifkan firewall yang bisa dilakukan di laptop atau komputer kalian masing-masing. Caranya juga tidak kalah mudah, yakni menggunakan tombol Start.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah ketik keyword Firewall pada search box yang ada di dekat tombol Start pada layar kalian.

lewat tombol start

  • Silahkan klik Windows Defender Firewall untuk bisa membukanya. Setelah Windows Defender Firewall terbuka, akan muncul beberapa pilihan menu seperti yang ada di bawah ini.

klik windows defender

  • Silahkan klik Turn Windows Defender Firewall On or Off. Kemudian, akan muncul pilihan seperti yang ada di foto bawah ini.

silahkan klik turn windows

  • Dari situ, silahkan kalian pilih Turn Off Windows Defender Firewall (Not Recommended) pada Private dan Public Network Settings. Untuk mengakhiri, klik Ok yang ada di bagian bawah layar laptop kalian.
  • Dengan begitu, firewall sudah berhasil dimatikan pada laptop kalian masing-masing.

Cara Mengaktifkan Firewall

Setelah keperluan kalian selesai, ada baiknya untuk langsung menyalakan firewall. Sebab, bagaimana pun juga, firewall punya peran yang penting untuk melindungi laptop atau komputer pribadi kalian lho.

Cara mengaktifkan firewall cukup mudah dan bisa dipraktikan di Windows 7, 8, dan 10. Caranya cukup mudah yaitu lewat Control Panel.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik Start lalu masuk ke Control Panel. Di Windows 7, 8, dan 10, kalian bisa lakukan ini dengan langsung mencarinya di search box dengan keyword Control Panel.
  • Setelah Control Panel terbuka, silahkan pilih System and Security seperti yang dicontohkan pada foto di bawah ini.

cara mengaktifkan firewall

  • Kemudian, akan muncul beberapa pilihan. Silahkan klik Windows Defender Firewall yang ada di baris kedua.

firewall aplikasi windows 10

  • Setelah itu, kalian harus pilih opsi Turn Windows Firewall On and Off yang ada di bagian kiri dari layar laptop masing-masing.

firewall antivirus windows 10

  • Lalu, akan muncul beberapa pilihan seperti yang ada di foto bawah ini. Silahkan pilih opsi Turn On Windows Defender Firewall untuk kembali menyalakan firewall pada laptop kalian.

firewall google chrome

  • Untuk menyelesaikan, klik Ok dan firewall pada laptop atau komputer kalian akan langsung aktif kembali seperti sedia kala.
  • Tidak hanya lewat Control Panel saja, kalian juga bisa menyalakan firewall kembali lewat CMD atau Command Prompt.
  • Cara ini cukup mudah, kalian hanya perlu ketik CMD di search box bagian bawah layar kalian masing-masing. Lalu, akan muncul menu Command Prompt. Klik Run as Administrator untuk membukanya.

firewall di hp

  • Setelah terbuka, maka akan muncul pop up window hitam seperti yang ada di foto bawah ini. Silahkan masukkan pesan ini di dalamnya:

netsh advfirewall set allprofiles state on

netsh advfirewall

  • Untuk menyelesaikan, silahkan langsung pencet tombol Enter pada keyboard kalian masing-masing. Dengan begitu, firewall pada laptop atau komputer kalian akan menyala secara otomatis.

Itulah 3 cara mematikan firewall yang bisa dipraktikan di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Kalian bisa coba di laptop atau pada komputer masing-masing ya. Firewall bisa dimatikan untuk sementara atau permanen.

Tidak hanya cara mematikan firewall saja, kalian juga harus paham cara mengaktifkan firewall kembali. Hal ini sangat berguna agar laptop kalian terhindar dari niat jahat orang lain. Jadi, jangan lupa nyalakan firewall kembali ya!

Gabriella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!