Cara Membersihkan Virus Di Laptop

4 min read

Cara Membersihkan Virus Di Laptop

Laptop adalah salah satu produk inovasi teknologi yang membantu meringankan pekerjaan kita. Tapi dibalik canggihnya teknologi tersebut, terdapat kelemahan yang cukup mengganggu yaitu masalah virus yang seringkali menyerang laptop kita.

Laptop atau komputer sangat mudah terserang virus, apalagi bagi yang menggunakan sistem operasi windows. Kehadiran virus bisa sangat merugikan bagi para pengguna laptop karena akan timbul banyak masalah yang ditimbulkannya.

Ragam cara untuk membersihkan laptop dari virus dapat dengan Smadav yang merupakan software anti virus karya anak bangsa, atau dengan cmd yang dapat digunakan untuk seluruh versi windows termasuk windows 7, windows 8, serta windows 10 serta cara yang lainnya.

Meski saat ini banyak bertebaran software antivirus di internet, para pembuat virus ini pun selalu berevolusi agar virus ciptaannya tidak dapat terdeteksi oleh antivirus. Mereka berusaha menjangkiti laptop dengan berbagai macam cara.

Karena itu kita harus selalu teliti dan waspada terhadap laptop. Keberadaan virus bisa dideteksi sejak dini dengan mengetahui ciri laptop terjangkit virus. Namun pada pembahasan kali ini akan lebih fokus terhadap bagaimana cara membersihkan virus di laptop.

Cara Membersihkan Virus Di Laptop

Karena tanpa disadari, sebenarnya laptop telah memiliki anti virus untuk melindungi semua sistem yang dijalankan pada laptop. Tanpa adanya anti virus, laptop akan lebih rentan terserang virus yang dapat mengakibatkan kerusakan sistem.

1. Dengan Smadav

Smadav adalah antivirus lokal gratis yang pengunaanya bisa dibilang cukup mudah untuk digunakan, cepat dan tampilan yang sederhana. Meski begitu keampuhan dari smadav dapat dinilai cukup ampuh jika dibandingkan dengan antivirus dari luar negeri.

  • Download dan install software smadav di internet terlebih dahulu.
  • Setelah terinstal klik icon smadav yang muncul di halaman utama desktop.
  • Klik menu scanner dengan icon kaca pembesar.

Dengan Smadav

  • Klik drive data yang akan dilakukan pemindaian sebagai contoh Local Disk C.

Klik drive data

  • Pilih lokasi lagi yang berada di dalam Local Disk C, contoh : users > Public. Hilangkan centang selain file yang dipilih tadi.

Hilangkan centang

  • Langkah selanjutnya adalah mengklik scan, tapi sebelum itu pilih terlebih dahulu antara quick scan atau full scan. Disarankan untuk memilih full scan karena akan memindai virus di lokasi yang telah dipilih secara total sampai tuntas.

quick scan atau full scan

  • Tunggu proses memindai hingga 100%, biasanya proses ini memakan waktu yang cukup lama. Setelah selesai pemindaian klik Result>>>.

Tunggu proses scan

  • Setelah itu akan muncul virus apa saja pada lokasi yang tadi dilakukan pemindaian. Pilih seluruh virus > Clean All.

Clean All

Setelah anda selesai melakukan pembersihan virus, sebaiknya jangan tenang dulu. Diperlukan lagi langkah untuk melakukan kembali pemindaian virus untuk benar – benar memastikan bahwa laptop sudah bersih dari virus.

2. Dengan CMD

  • Pertama kamu bisa membuka CMD (Command Prompt) di laptop terlebih dahulu. Caranya cukup tekan Windows + R pada keyboard > ketik CMD > Enter.

Dengan CMD

  • Selanjutnya ketik nama drive yang bervirus, contoh Drive D kemudian mengkonfigurasikan CMD-nya agar dapat mengakses drive yang ada virus di dalamnya. Jika terdapat virus di drive D, jadi silahkan ketik D: pada CMD > tekan Enter.

ketik nama drive

  • Selanjutnya ketik Attrib “ –s –h /s /d *.*” (tanpa tanda petik).

Selanjutnya ketik Attrib

  • Ketik Dir untuk melihat file pada CMD > tekan Enter yang bertujuan untuk melihat semua file yang terdeteksi virus pada drive tersebut.

Ketik perintah Dir

  • Terakhir hapus file mencurigakan, biasanya ekstensi virus itu seperti autorun.inf yang biasa menyerang drive di flashdisk. Selain itu virus bisa saja memiliki ekstensi .exe yang begitu terinstall bisa sangat berbahaya di laptop tersebut.

Memindai virus dengan memanfaatkan cmd merupakan cara membersihkan virus di laptop yang cukup aman dan tanpa install ulang

3. Menghapus file temporary di windows 10

Menghapus temporary files dengan menggunakan disk clean up pada laptop merupakan salah satu cara menghilangkan virus di laptop dengan OS windows 10 yang paling mudah tanpa instal ulang. Begini cara membersihkan virus di laptop dengan file temporary :

  • Klik Menu Start > cari disk cleanup.

Menghapus file temporary

  • Lalu pilih drive mana yang akan dilakukan proses pembersihan.

pilih lokasi drive

  • Lalu centang Temporary files > klik OK.

centang Temporary files

4. Dengan Avast

Pengoperasian avast sendiri tergolong mudah dengan bantuan tampilan yang sangat menarik dan mudah untuk dipahami. Berikut tutorial cara membersihkan virus di laptop dengan avast security secara total sampai tuntas :

  • Download kemudian install Avast Free Antivirus Security.
  • Buka aplikasi Avast Free Antivirus.
  • Pilih menu perlindungan dengan icon gembok. Setelah itu pilih pemindaian virus.

Dengan Avast

  • Selanjutnya Jalankan Pemindaian Cerdas, maka pemindaian akan mulai berjalan dan mendeteksi ancaman browser, aplikasi usang yang perlu pembaharuan, virus dan malware serta masalah lainnya.

 Pemindaian Cerdas

  • Klik lanjutkan jika muncul tombol tersebut atau lewati jika tidak ingin melakukan pemindaian, tunggu proses hingga selesai.

Klik tombol lanjutkan

  • Jika ingin melakukan scan virus secara menyeluruh dari mulai sistem sampai penyimpanan, maka pilih tombol perlindungan > pemindaian virus > pemindaian virus menyeluruh maka secara otomatis proses akan berjalan secara otomatis.

pemindaian virus

  • Selain melakukan pemindaian virus pada software avast juga menyediakan fitur untuk melindungi laptop dari virus secara real time yaitu dapat memilih perlindungan > proteksi inti > centang semua proteksi agar dapat terjaga secara real time.

centang semua proteksi

5. Format Partisi

Virus bisa menginfeksi dan menyebar di dalam laptop dengan sangat cepat. Jika terlanjur sudah menyebar, partisi bisa terjangkit virus sepenuhnya. Salah satu cara membersihkan virus di laptop yaitu mengatasinya dengan format partisi. Begini caranya sebagai berikut :

  • Buka file explorer.

Format Partisi

  • Pada drive yang ingin di format, klik kanan > opsi format.

Pada drive yang format

  • Muncul pop up konfirmasi, lakukan konfirmasi dan selesaikan langkah format.

Muncul pop up konfirmasi

Cara ini sangat beresiko karena semua data di drive yang telah dilakukan proses format akan hilang sepenuhnya. Tapi jika memang sangat diperlukan, cara ini masih bisa digunakan. Juga dapat digunakan di semua versi windows termasuk windows 7, 8, dan 10.

6. Windows Defender

Cara membersihkan virus di laptop yang satu ini cukup mudah. Hanya beberapa langkah sederhana yang dapat ditiru untuk menghapus virus yang menjangkit laptop. Begini caranya:

  • Klik windows / start > settings > klik menu update & security > Windows security.

Windows Defender

  • Masuk ke menu virus and threat protection > klik quick scan.

virus and threat protection

Otomatis semua jenis serangan biasanya akan ditangani dengan baik oleh Microsoft, sehingga tidak perlu lagi menggunakan aksi tambahan seperti menghapusnya atau melakukan berbagai macam cara membersihkan virus di laptop.

7. Nonaktifkan layanan mencurigakan melalui Task Manager

Jika masih penasaran apakah komputer masih mengidap sebuah virus atau tidak, bisa dilihat di task manager. Ini merupakan salah satu cara membersihkan virus di laptop dengan mudah. Kenapa bisa mudah menggunakan task manager? Ok langsung saja begini caranya:

  • Buka task manager dengan menekan keyboard Ctrl + Shift + Escape. Jika terdapat layanan yang mencurigakan, matikan itu.

Nonaktifkan program Task Manager

  • Kemudian jalankan msconfig dengan cara windows + R > ketik msconfig > Enter.

ketik msconfig

  • Langkah berikutnya setelah masuk System Configuration, masuklah ke opsi Service. Hapus semua kolom centang yang mencurigakan. Pikir lagi apa saja yang pernah diinstal, sehingga bisa tahu apakah ada layanan yang tidak pernah diinstal.

masuk System Configuration

  • Setelah itu masuk ke startup. Disini akan terlihat mana file yang menurut kamu sangat mencurigakan. Tandai itu.

masuk ke startup

  • Ketik windows + R untuk perintah command prompt > pilih file yang dicurigai. Setelah ditemukan file yang dianggap sebagai virus hapus file tersebut melalui cmd, sama seperti cara kedua. Agar virus dapat dibersihkan secara total sampai tuntas.

Itulah 7 cara membersihkan virus di laptop secara total sampai tuntas. Jaga laptop dari virus pastikan keamanan laptop selalu terjaga. Jangan sampai laptop terserang virus dan membuat masalah yang memusingkan. Selamat Mencoba.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!