Cara Membuat Flowchart

4 min read

Cara Membuat Flowchart

Cara membuat flowchart sebenarnya cukup mudah. Caranya pun cukup banyak mulai dari cara manual yaitu dengan memanfaatkan aplikasi PC hingga menggunakan website online. Bahkan saat ini kita bisa dengan mudah menemukan tutorial membuat flowchart di internet maupun di buku yang ada di pasaran.

Flowchart sendiri merupakan proses concepting yang cukup banyak digunakan di berbagai bidang, terutama di bidang bisnis. Selain itu flowchart juga sering digunakan oleh para mahasiswa di penelitian yang sedang mereka lakukan. Tak heran jika hampir semua orang cukup akrab dengan flowchart.

Meski begitu, ada beberapa orang yang tentunya belum tahu dan tidak bisa membuat flowchart. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara yang mudah untuk membuat flowchart yang benar. Sebelum itu, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan apa itu flowchart.

Apa itu Flowchart

Flowchart dikenal juga dengan nama bagan alir atau diagram alir yang menggambarkan algoritma atau proses instruksi secara berurutan dari suatu program. Bagan ini dibuat secara detail yang dilengkapi dengan berbagai simbol. Flowchart dianggap juga sebagai dasar dari pemrograman terutama pemrograman C++.

Selain itu flowchart juga sering dimanfaatkan dalam proses bisnis dan struktur organisasi. Bahkan Flowchart juga dimanfaatkan untuk menjelaskan sistem informasi akuntansi dan SOP. Flowchart sendiri bisa kita dibuat di berbagai aplikasi seperti di excel, word dan visio.

Kegunaan Flowchart

Setelah kita memahami apa itu flowchart diatas, tentunya kita bisa mengambil kesimpulan akan kegunaanya. Secara garis besar, flowchart digunakan untuk menggambarkan setiap proses dari sistem. Selain itu, flowchart juga mempunyai kegunaan lain seperti:

  • Mempresentasikan Algoritma Proyek

Menentukan algoritma menggunakan SDL adalah langkah pertama dalam membuat suatu proyek. Nah Flowchart bisa digunakan untuk membantu dalam proses pembuatannya. Kita bisa memanfaatkan berbagai simbol flowchart demi menghasilkan proyek yang maksimal.

  • Merancang Proyek Baru

Flowchart bisa digunakan untuk merancang suatu program atau proyek baru. Suatu proyek bisa diilustrasikan ke dalam bentuk flowchart. Hal tersebut akan memudahkan kita dalam mendapatkan keputusan dan hasil terbaik.

  • Mengatur Alur Kerja

Flowchart berperan penting dalam pengelolaan alur kerja. Penggunaan flowchart bisa menunjukan penentuan integritas dari proses tersebut. Hal tersebut bisa membantu menciptakan hasil terbaik sesuai prosedur yang ada.

  • Audit Proses

Flowchart mempunyai kemampuan mendeteksi kerusakan suatu program. Bahkan flowchart juga mampu menunjukan setiap detail dari kerusakan tersebut. Kemampuan inilah yang membuat flowchart sangat berguna dalam proses audit

  • Mengatasi Masalah dalam Pemrograman

Analis dan programmer seringkali menggunakan flowchart untuk memecahkan masalah. Biasanya masalah akan dibagi dalam bagian kecil dengan flowchart supaya mudah dianalisis. Kemudahan tersebut membuat mereka lebih cepat menemukan solusi terbaik dari suatu permasalahan.

Cara Membuat FlowChart

Pada dasarnya cara membuat flowchart bukanlah hal yang sulit. Cara sederhana dan paling mudah untuk membuat flowchart adalah menggunakan microsoft word dan visio. Kedua program tersebut menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk membuat flowchart.

1. Membuat FlowChart dengan Microsoft Word

Membuat flowchart di word terbilang cukup mudah. Bahkan kamu yang masih pemula pun juga bisa melakukannya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Mengenali berbagai Simbol Flowchart

Flowchart adalah bagan yang terdiri dari berbagai simbol. Untuk itulah, tahap pertama kita harus mengenal simbol-simbol itu terlebih dahulu. Secara garis besar flowchart terdiri dari empat simbol yaitu:

  • Simbol Start/End yaitu simbol untuk mulai dan mengakhiri sebuah proses atau sistem
  • Simbol proses yaitu simbol yang berfungsi untuk menggambarkan tahapan seperti perintah atau perhitungan
  • Simbol Decision yaitu simbol untuk mengambil suatu keputusan
  • Simbol INPUT/OUTPUT simbol yang berfungsi untuk mewakili proses keluar masuk. Dibawah ini adalah gambar dari simbol tersebut:

Simbol Flowchart

  • Adapun cara untuk memunculkan simbol tersebut adalah dengan memperhatikan menu bar lalu klik insert. Pada menu insert klik shape.

insert klik shape

  • Apabila kita sudah mengklik shape, maka akan muncul simbol seperti dibawah ini:

tampilan Simbol

Membuat Drawing Canvas

Pada dasarnya simbol flowchart bisa langsung di sisipkan namun untuk hasil yang lebih baik kita harus membuat drawing canvas dulu. Tujuannya supaya posisi dan ukuran bagan bisa lebih mudah diatur. Selain itu drawing canvas juga mempunyai beberapa fitur pendukung yang bisa kita manfaatkan.

Berikut ini adalah tahapan membuat drawing canvas:

  • Pertama pilih insert yang ada pada menu bar lalu klik shape
  • Perhatikan bagian paling bawah lalu klik new drawing canvas

Membuat Drawing Canvas

  • Setelah kita klik new drawing canvas, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

new drawing canvas

Menambahkan Simbol Flowchart

Untuk memasukan simbol flowchart ke dalam canvas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama klik insert yang ada di bar
  • Pilihan menu shape lalu akan muncul berbagai simbol yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan
  • Untuk menggunakannya kita hanya perlu klik simbol yang diinginkan
  • Selanjutnya kitabisa menekan dan menariknya di lembar kerja. Cara tersebut bisa diulang untuk memasukan simbol-simbol lainnya.

Gambar dibawah ini adalah contohnya. Di situ kita bisa melihat notasi flowchart berada di dalam canvas drawing.

Menambahkan Simbol Flowchart

Membuat Teks di Flowchart

Membuat Teks di Flowchart

Berikut cara untuk menambahkan teks di flowchart:

  • Pertama klik kanan di bagian simbol yang ingin kamu beri teks lalu pilih menu add text
  • Selanjutnya tuliskan teks atau kata yang kalian inginkan. Bila sudah selesai maka teks akan ada di dalam simbol dengan sendirinya

Menambahkan Garis Alir

Microsoft word menyediakan berbagai pilihan bentuk garis yang bisa kita gunakan. Mulai dari garis seperti tanda panah, garis lengkung, garis biasa dan lain sebagainya. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan garis demi menghubungkan dua simbol atau lebih

  • Pertama masuklah pada menu insert lalu klik shape
  • Perhatikan dan pilihlah garis line yang ingin digunakan di bagian lines
  • Arahkan pointer mouse kalian di bagian simbol yang akan dihubungkan lalu tarik sampai simbol berikutnya

Menambahkan Garis Alir

Dibawah ini adalah hasilnya:

Gambar 1:

Contoh Gambar 1

Gambar 2:

Contoh Gambar 2

 

Ulangi cara diatas untuk mendapatkan garis alir lainnya yang lebih banyak sesuai kebutuhan kalian. Selain itu kalian juga bisa membuat tampilan simbol jadi lebih menarik dengan cara menambahkan format pada shape, canvas maupun garis. Apabila sudah selesai, flowchart bisa langsung disimpan seperti biasa dengan cara klik menu save as yang ada di bar.

2. Membuat FlowChart di Microsoft Visio

Membuat FlowChart di Microsoft Visio

Cara membuat flowchart di visio terutama di visio 2007 lebih mudah daripada menggunakan microsoft office. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buatlah Lembar Kerja Flowchart

Tahap pertama yang harus kita lakukan untuk membuat flowchart dengan visio adalah dengan klik menu file -à Newà Flowchart à cross functional flowchart. Setelah selesai kita tambahkan maka akan tampak seperti gambar dibawah ini

Buatlah Lembar Kerja

  • Tentukanlah Orientasinya

Di tahap ini, kita akan disediakan dua pilihan tentang orientasi yaitu orientasi vertikal dan horizontal. Di samping itu kita juga bisa menentukan banyaknya benda yang kita inginkan.

Tentukan Orientasinya

  • Menambahkan Judul Flowchart

Tahap yang ketiga adalah memberi judul pada flowchart. Tahap ini dilakukan dengan tujuan untuk menandai flowchart yang sudah selesai dibuat. Judul ini cukup penting supaya proses penyusunan flowchart jadi lebih mudah dilakukan.

Judul Flowchart

  • Tambahkan Simbol Flowchart

Di tahap ini kita bisa menambahkan simbol-simbol sederhana. Kita bisa meletakkan simbol yang diperlukan ke kolom yang sudah kita buat sebelumnya. Di bawah ini adalah simbol-simbol yang bisa kita gunakan di visio 2007

Tambahkan Simbol Flowchart

Apabila flowchart kita sudah selesai, maka kita bisa langsung melihat hasilnya. Untuk membuat flowchart di visio lainnya kamu bisa mengulang cara dan tahapan diatas.

Itulah cara membuat flowchart yang bisa kamu ikuti. Membuat flowchart sebenarnya cukup sederhana karena saat ini banyak sekali aplikasi dan program yang bisa kita manfaatkan. Meski begitu ada baiknya kita memahami fungsi dari flowchart itu sendiri.

Pemahaman yang baik tentang flowchart akan membuat proses pembuatan lebih mudah. Di samping itu flowchart yang dihasilkan pun bisa sesuai dengan yang diperlukan Demikianlah tulisan ini semoga bisa membantu dan memudahkan kalian dalam membuat flowchart.

Avatar

Cara Memperbesar Ukuran PDF

Nur Huda Nur Huda
4 min read

Cara Translate PDF

Avatar Nova Putri
2 min read

Cara Mengubah PDF ke Excel

Ada beberapa cara mengubah PDF ke Excel dengan cukup mudah. Cara-cara berikut ini bisa dilakukan bila kalian ingin mengedit atau mengubah format dokumen. Dari...
Avatar Alun Nikita
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!