Cara Membuat Footnote

3 min read

Cara Membuat Footnote

Pada pembuatan karya tulis ilmiah dan buku pasti tidak bisa lepas dari footnote, sehingga sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat footnote yang benar.

Hal ini agar fungsi dari footnote itu sendiri tersampaikan kepada para pembaca.

Apakah kamu sekarang sedang ingin mengetahui lebih dalam mengenai cara membuat footnote namun masih bingung? Jangan khawatir, Pada pembahasan kali ini kamu bisa mengetahuinya dengan lengkap.

Apa itu Footnote?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat footnote, tentu kamu harus memahami terlebih dahulu bagaimana definisi atau artinya. Footnote sendiri berasal dari bahasa inggris, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah catatan kaki.

Sedangkan definisi dari footnote sendiri yaitu berupa keterangan yang tertulis pada bagian bawah halaman dari suatu dokumen, Footnote berisi mengenai keterangan atau informasi dari tulisan pada halaman tersebut.

Selain itu, footnote juga bisa menjelaskan sumber atau referensi kutipan yang tertulis pada halaman tersebut. Beberapa dari footnote juga difungsikan sebagai pemberi komentar dari tulisan pada halaman terkait.

Cara Membuat Footnote yang Benar

Setelah mengetahui definisi dari footnote, kamu pasti lebih penasaran bagaimana cara membuat footnote. Tenang saja, kali ini kamu akan mempelajari bagaimana cara membuatnya melalui Ms word serta dengan Mendeley.

1. Menggunakan Microsoft Word

Semua versi dari Microsoft word bisa kamu gunakan untuk membuat footnote. Baik di word 2007, di word 2010, di word 2013, dan lainnya.

Cara membuat footnote pada setiap versi Microsoft word pun sama. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkannya pada dokumen kamu dengan mudah:

  • Pilih kalimat yang akan kamu beri footnote, kemudian block kalimat tersebut
BACA JUGA
Cara Print Excel

cara membuat footnote

  • Setelah itu, klik menu reference. Kemudian klik insert footnote

cara membuat footnote

  • Kemudian otomatis kamu bisa menuliskan footnote pada bagian bawah halaman tersebut dengan format rata kiri. Pastikan menulis dengan panduan susunan footnote yang benar.

cara membuat footnote

  • Jika ingin menyisipkan lebih dari satu footnote pada satu halaman, kamu bisa melakukan cara yang sama. Maka otomatis nomor footnote pada bagian bawah halaman akan menyesuaikan.

cara membuat footnote

Panduan Cara Membuat Footnote dengan Susunan yang Benar di Microsoft Word

Ketika kamu ingin menggunakan Microsoft word, kamu harus menuliskan secara manual susunan dari footnote itu sendiri. Jadi pastikan mengetahui bagaimana susunan dalam cara membuat footnote yang benar dari buku, skripsi, website, atau sumber lainnya.

Berikut adalah beberapa panduan yang bisa kamu gunakan:

1. Menulis Footnote Dari Buku

Jika buku yang kamu kutip terdiri dari 1 pengarang, maka urutan dalam menyusun footnotenya yaitu sebagai berikut:

No kutipn nama pencipta, judul buku, (Kota penerbit: Nama Penerbit, Tahun terbit), hal.no hal.

Contohnya yaitu sebagai berikut:

1Syukri, Kimia Dasar Jilid 2 (Bandung: ITB, 1999), hal 32.

Jika terdapat dua pengarang, Anda bisa menggunakan penghubung “dan” diantara kedua nama pengarang. Apabila terdapat lebih dari dua pengarang, Anda bisa menyebutkan satu nama penulis paling awal dan menyebutkan kata-kata “dkk”.

2. Menulis Footnote Dari Website

Apabila kamu mengutip sumber dari web atau internet, berikut adalah tata cara penulisan catatan kakinya:

Nomor kutipan Nama Penulis, “Judul artikel yang kamu kutip” (URL Website, Diakses pada tanggal akses, tahun).

Untuk contoh penulisannya yaitu sebagai berikut:

1Novita Joseph, ”10 Manfaat Mengejutkan Makan Bawang Putih Mentah” (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-bawang-putih-mentah/, Diakses pada 23 Juli, 2021).

3. Footnote Dari Jurnal

BACA JUGA
Cara Aktivasi Office 2016

Jika ternyata dalam dokumen tersebut mengutip dari jurnal atau artikel ilmiah, berikut adalah panduan penulisan catatan kaki yang perlu kamu perhatikan:

No. Kutipan Nama penulis, “Judul artikel yang kamu kutip”. Nama jurnal.Vol jurnal no. jurnal, tahun penerbitan, no. halaman.

Berikut adalah contoh penulisannya yang bisa kamu jadikan acuan:

1Talanquer, “Macro, Submicro, an Symbolic: The Many Faces Of Chemistry Triplet”. International Journal of Science Education. Vol.33. No.2, 2011, hal.3.

4. Footnote Dari Karya Ilmiah yang Tidak Diterbitkan (Skripsi, Tesis, Disertasi, dsb)

Selain beberapa sumber di atas, ada kalanya kamu mengutip sumber dari karya ilmiah yang tidak diterbitkan. Bisa dari skripsi, tesis, disertasi, atau yang lainnya.

Berikut adalah tata cara penulisan yang perlu kamu perhatikan jika kamu mengutip dari jenis sumber kutipan satu ini:

No. kutipan Nama penulis, jenis karya tulis: “Judul karya tulis yang kamu kutip” (Kota terbit: Penerbit, tahun terbit), hal. sumber.

Adapun contoh penulisannya yaitu sebagai berikut:

1Adista Maharani, Skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis ICT untuk Siswa Kelas XI di SMA Selingkung Surabaya” (Surabaya: Universitas Surabaya, 2014), hal.25.

5. Menulis Footnote dari Terbitan Pemerintah

Pada beberapa kasus, kamu juga bisa menyisipkan catatan kaki yang berasal dari terbitan pemerintah. Misalnya peraturan pemerintah, keputusan presiden, Undang-Undang, dan lain sebagainya.

Berikut adalah tata cara penulisannya:

No. kutipan jenis peraturan terbitan pemerintah. Tahun terbit. Peraturan tentang apa no. terbit dan tahunnya.

Berikut adalah contoh dalam penulisannya:

Permendikbud. 2021. Peraturan dan Kementerian Pendidikan Mengenai Pembelajaran Dari Tahun 2020.

6. Menulis Footnote dari Hasil Wawancara Langsung

Apabila dalam karya tulis ilmiah memuat wawancara langsung, misalnya dari responden, maka kamu bisa menyisipkan footnote dari hasil wawancara langsung. Berikut adalah panduan penulisannya:

BACA JUGA
Cara Membuat Pangkat di Word

Nomor Kutipan Wawancara dengan nama sumber, tanggal wawancara lokasi wawancara.

Contoh penulisannya yaitu sebagai berikut:

1Wawancara dengan Handoko Mujib H., tanggal 23 Maret 20210 di Gedung Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

7. Footnote Dari Makalah Seminar

Jika Anda ingin menyisipkan catatan kaki yang bersumber dari makalah hasil seminar, berikut adalah panduan dalam penulisannya:

Nomor kutipan nama penulis, “Judul makalah seminar”, nama makalah seminar, tanggal seminar, halaman kutipan.

Untuk contoh penulisannya yaitu seperti berikut ini:

Machmudi MK., “Jenis-Jenis Apresiasi yang Harus Peserta Didik dalam Pembelajaran Sehari-hari”, Makalah Seminar Pendidikan, 14 Juli 2019, hal.12.

2. Menggunakan Aplikasi: Mendeley

Jika Anda ingin membuat cara membuat footnote secara otomatis tanpa khawatir salah penyusunan, Anda bisa membuat footnote dengan mendeley. Cara membuat footnote dengan aplikasi tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah install aplikasi mendeley
  • Kemudian buka dokumen Anda dan letakkan kursor pada akhir kalimat atau paragraf yang ingin ditambahkan footnote

 

  • Setelah itu, masuk ke menu references dan klik insert citation
  • Setelah itu, pada kolom yang muncul kamu bisa menuliskan nama pengarang, judul, atau tahun terbit dari sumber. Pastikan sudah mengupload file sumber pada library mendeley kamu.

cara membuat footnote

  • Kemudian klik OK
  • Jika belum bisa muncul footnotenya, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengubah stylenya. Caranya yaitu pilih open mendeley.

cara membuat footnote

  • Lalu masuk pada menu citation styles. Masuk pada get more styles. Kemudian cari styles “Modern Humanities” Lalu klik yang paling atas

  • Setelah itu klik styles tersebut dan install pada mendeley milikmu. Tunggu sampai benar-benar terinstall

  • Setelah itu, klik done
  • Kemudian masuk lagi ke open mendeley dan pilih citation styles. Pada bagian installed, search style “Modern humanities” yang sudah kamu install tadi, dan klik “use this style”
BACA JUGA
Cara Memperbesar Ukuran PDF

  • Lalu klik done
  • Jika sudah, maka kamu otomatis mendapatkan footnote dari aplikasi mendeley. Cukup mudah bukan cara membuat footnote pada aplikasi ini?

Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan bahwa footnote atau catatan kaki memuat memuat berbagai informasi atau keterangan mengenai halaman pada dokumen tersebut. Footnote ini sangat berguna bagi pembaca untuk mengetahui sumber atau keterangan tambahan dari tulisan yang ada.

Cara membuat footnote bisa kamu lakukan melalui Ms word atau dengan mendeley. Pastikan membuatnya dengan benar dan baik agar pembaca mengetahui informasi yang ingin kamu sampaikan.

Avatar

Cara Memperbesar Ukuran PDF

Nur Huda Nur Huda
4 min read

Cara Translate PDF

Avatar Nova Putri
2 min read

Cara Mengubah PDF ke Excel

Ada beberapa cara mengubah PDF ke Excel dengan cukup mudah. Cara-cara berikut ini bisa dilakukan bila kalian ingin mengedit atau mengubah format dokumen. Dari...
Avatar Alun Nikita
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *