Cara Membuat Google Docs

4 min read

Cara Membuat Google Docs terbaru

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, semakin banyak pula keahlian yang harus kita kuasai, apalagi yang terkait dengan teknologi. Salah satunya adalah bagaimana cara membuat google docs.

Zaman sekarang, Google Docs kerap digunakan oleh banyak orang untuk berbagai keperluan seperti pekerjaan dan tugas kampus atau sekolah. Namun, rupanya masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara membuat google docs.

Tidak hanya itu saja, bahkan ada beberapa orang yang belum merasa familiar dengan perangkat lunak yang satu ini. Padahal, sebenarnya Google Docs membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas beberapa fakta seputar Google Docs dari definisi, manfaat, hingga cara membuat google docs. Simak dulu yuk informasinya!

Apa Itu Google Docs?

Sebenarnya, apa itu Google Docs? Buat kalian yang belum tau, Google Docs adalah salah satu layanan pengolah kata, spreadsheet, presentasi, sampai penyimpanan data yang berbasis web. Sesuai dengan namanya, Google Docs adalah layanan yang diberikan oleh Google secara gratis.

Apakah kalian pernah menggunakan atau setidaknya familiar dengan Microsoft Word? Jika pernah, Google Docs tidak jauh berbeda lho dengan Microsoft Office. Keduanya sama-sama digunakan untuk membuat dokumen bebasis teks.

Selain dokumen berbasis teks, Google Docs juga menyediakan layanan lain untuk membuat spreadsheet seperti Excel dan presentasi seperti Powerpoint. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa membuat kuesioner atau form pendaftaran lewat Google Form.

Di Google Doc juga banyak template yang bisa digunakan sesuai dengan jenis dokumen yang mau kalian buat seperti surat, proposal, brosur, resume, dan lain-lain. Banyak yang belum tau tentang cara membuat Google Docs, padahal layanan ini sudah ada sejak tahun 2006 lho.

Manfaat Google Docs

Tentunya, kehadiran Google Docs membawa banyak manfaat bagi kehidupan orang kantoran serta pelajar dan mahasiswa.

Salah satunya adalah, Google Docs memiliki fitur penyimpanan secara otomatis setiap beberapa saat. Jadi, file yang telah kalian ketik tidak mungkin hilang meskipun perangkat keras yang kalian gunakan mengalami error atau kerusakan.

Penyimpanan Google Docs juga berbasis online sehingga meminimalisir kerugian apabila terjadi kehilangan perangkat keras.

Kalian juga bisa menggunakan Google Doc secara online dan berkelompok. Jadi, kalian bisa mengerjakan tugas secara serentak langsung di Google Docs dalam waktu yang bersamaan.

Google Docs juga bisa digunakan di berbagai perangkat. Selain itu, berbagai fitur Google Docs yang menarik adalah bisa edit dokumen tanpa aplikasi, memberikan komentar, melihat revision history, kapasitas penyimpanan yang besar, pemeriksa ejaan, dan lain-lain.

Cara Membuat Google Docs

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh Google Docs, kalian harus tau cara membuat Google Docs. Tentu saja, hal ini akan mempermudah hidup kalian ke depannya. Simak dulu, yuk langkah-langkahnya.

1. Membuat Dokumen Baru dengan Google Docs

Untuk membuat dokumen baru dengan Google Docs, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Langkah-langkah dalam cara membuat google docs sangat mudah dan sederhana lho.

  • Langkah pertama dalam cara membuat google docs adalah buka situs dari Google Docs. Kalian bisa melakukan langkah ini dengan cara searching di Google dengan keyword Google Docs atau ketik docs.google.com pada address box di browser.
  • Setelah Google Docs berhasil terbuka, kalian akan diarahkan ke halaman seperti di foto bawah ini.

membuat dokumen dengan google docs

  • Dari situ, kalian harus klik ikon tiga garis yang terletak di sebelah kanan atas. Untuk memperjelas, ikonnya ada di sebelah tulisan Docs. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan seperti yang ada di foto bawah ini.

google docs di laptop

  • Untuk membuat dokumen teks seperti di Microsoft Word, silahkan klik Docs. Jika kalian ingin membuat spreadsheet seperti di Excel, silahkan pilih Sheets. Kalian juga bisa pilih Slides untuk membuat powerpoint dan Forms untuk membuat kuesioner.
  • Setelah kalian klik pilihan Docs, akan muncul seperti ini pada layar perangkat keras kalian.

google docs di hp

  • Dari situ, kalian bisa klik pilihan Blank + untuk dokumen baru yang kosong. Di samping itu, kalian juga bisa langsung pilih template yang cocok jika ingin membuat dokumen tertentu seperti resume, surat, proposal, brosur, dan masih banyak lagi.
  • Jika kalian klik Blank + untuk halaman baru yang kosong, maka akan muncul kertas putih seperti di bawah ini.

docs dari word

  • Mirip kan seperti yang ada di Microsoft Word? Kalian bisa mengisi kertas tersebut dengan apa saja yang kalian ingin ketik lho.
  • Jika ingin mengganti nama dokumen, silahkan langsung ganti bagian Untitled Document yang ada di bagian atas.
  • Fitur yang ada di Google Docs kurang lebih sama dengan Microsoft Word. Kalian bisa mengganti font type, font size, alignment, bullet points, numbering, dan masih banyak lagi.
  • Salah satu fitur yang cukup istimewa dari Google Docs adalah voice typing. Dengan fitur ini, kalian tidak perlu capek mengetik. Sebab, kalian bisa langsung memasukkan apa saja yang kalian katakan langsung ke dalam Google Docs.
  • Untuk bisa menggunakan fitur voice typing, kalian harus mengaktifkan mikrofon pada PC atau laptop yang digunakan. Setelah itu, klik Tools kemudian pilih Voice Typing. Kalian juga bisa membuka dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + S pada keyboard.

docs untuk kuesioner

  • Setelah memencet Voice Typing, akan muncul seperti ini di layar kalian masing-masing, yaitu ikon mikrofon di sebelah kiri halaman. Silahkan langsung diklik dan bicara sesuai dengan konten yang mau dimasukkan ke Google Docs.
  • Di atasnya, kalian juga bisa ganti bahasa sesuai dengan yang diinginkan. Jika kalian mau membuat dokumen dengan Bahasa Indonesia, silahkan ganti ke Bahasa Indonesia.

google docs form

  • Nah, setelah kalian selesai membuat dokumen di Google Docs, apakah hasil akhirnya bisa diunduh untuk mendapatkan copy secara offline? Tentu saja, bisa lho!
  • Untuk bisa melakukan hal ini, kalian perlu klik File yang ada di sebelah kiri atas. Lalu, pilih Download dan pilih format yang kalian inginkan. Kalian bisa punya file dalam bentuk PDF maupun Docx lho.

docs spreadsheet

2. Membagikan File Dengan Google Docs

Setelah kalian mempelajari cara membuat google docs, pasti ada sebagian yang bertanya-tanya, apakah dokumen yang dibuat di Google Docs bisa dibagikan? Bagaimana cara membagikan file dengan Google Docs?

Jawabannya, tentu saja bisa. Google Docs memiliki fitur share sebagai salah satu keunggulan. Fitur ini memungkinkan kalian untuk membagikan file dengan siapa saja yang kalian mau.

  • Caranya sangat mudah lho, kalian hanya perlu klik ikon Share yang ada di dalam kotak warna biru di ujung kanan atas. Pastikan file harus disimpan dan diberi nama dulu ya sebelum dibagikan.

membagikan file dengan google docs

  • Selanjutnya, kalian akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu share dengan alamat e-mail atau link.

google docs agar bisa diakses semua orang

  • Untuk bisa membagikan file via e-mail, kalian hanya perlu memasukkan alamat e-mail yang akan dituju ke kolom Add people and Groups. Jumlah alamat e-mail yang dimasukkan bisa lebih dari satu. Selanjutnya, akan muncul seperti ini di layar kalian.

google docs bisa diedit semua orang

  • Di kolom Message, kalian bisa ketik pesan jika dibutuhkan. Pesan ini bisa berupa catatan atau surat untuk mengedit dokumen. Selain itu, kalian juga bisa klik kotak di sebelah tulisan Notify People agar penerima mendapat notifikasi saat dikirimkan email.

notify people

  • Sementara itu, di sebelah kolom untuk memasukkan alamat email, kalian juga bisa mengganti peran yang bisa dilakukan oleh penerima. Kalian bisa mengatur apakah penerima dokumen dapat mengedit, komen, atau hanya melihat saja.

3. Menggunakan Google Docs Secara Offline

Tidak hanya secara online saja, namun Google Docs juga bisa digunakan secara offline. Fitur ini sangat bermanfaat karena kalian bisa mengerjakan di Google Docs meskipun tidak ada koneksi internet.

  • Tentu saja, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka Google Docs lewat docs.google.com. Kemudian, klik ikon tiga garis yang ada di bagian kiri atas dari layar kalian. Setelah itu, pilih Settings atau pengaturan.

menggunakan google docs secara offline

  • Setelah itu, akan terbuka halaman seperti yang ada di bawah ini. Kalian hanya perlu enable pilihan Offline sampai warnanya menjadi biru. Jika warnanya masih abu-abu, berarti belum berfugnsi. Kemudian, silahkan langsung klik Ok.

enable pilihan offline

  • Dengan demikian, semua dokumen yang kalian miliki di Google Docs sudah tersedia dalam offline mode. Nah, lalu apakah kalian bisa membuat satu dokumen saja menjadi offline?
  • Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu lakukan dalam tiga langkah berikut ini. Pertama, buka halaman Google Docs lewat docs.google.com atau bisa search di Google dengan kata kunci “Google Docs”.
  • Lalu, cari dokumen yang ingin kalian buat available dalam offline mode. Klik ikon tiga titik yang ada di bawah dokumen tersebut dan silahkan enable pilihan available offline dengan mengubah dari abu-abu ke biru.

google docs di drive

  • Dengan demikian, kalian sudah membuat salah satu dokumen menjadi tersedia dalam offline mode. Kalian juga bisa lho lakukan cara ini pada dokumen lain yang mau diubah menjadi available in offline mode.

Kesimpulan

Itulah 3 cara membuat google docs yang bisa membantu untuk para pekerja maupun pelajar dan mahasiswa. Fiturnya tidak berbeda jauh dengan Microsoft Word, bahkan bisa voice typing dan download dokumen.

Kalian juga bisa membuat spreadsheet dan kuesioner. Selain itu, kalian juga bisa mengerjakan tugas di Google Doc secara online dan berkelompok. Jadi, kalian harus tau cara membuat google doc ya.

Gabriella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!