Cara Membuat Grafik di Word

4 min read

Cara Membuat Grafik di Word

Cara membuat grafik di Word ternyata bisa dilakukan semua orang dengan mudah. Pemakai grafik tidak lagi harus menggunakan aplikasi khusus untuk membuat membuatnya, menggunakan Word saja ternyata sudah cukup.

Sejak tahun 1983 MS Word banyak mengalami perkembangan. Adanya fitur grafik pada Word menunjukkan bahwa software ini terus melakukan inovasi-inovasi baru ditengah teknologi digital yang serba instan dan mudah.

Fungsi grafik sendiri dalam dokumen, misalnya mampu memudahkan user dalam menggambarkan suatu data ke dalam bentuk angka. Tujuannya agar lebih mudah untuk memahami, tanpa harus membaca deskripsi panjang.

Untuk pengguna seluler tidak perlu khawatir, karena fitur grafik pada Word sudah bisa berfungsi pada perangkat seluler seperti HP. Mulai dari Android, iOS, dan sebagainya.

Uraian cara membuat grafik di Word akan kami sajikan lengkap di bawah ini:

Cara Membuat Grafik di Word

Proses pembuatan grafik di Word sebenarnya tergolong mudah dan lumayan simpel. Hanya saja belum banyak yang tahu potensi fitur pada MS Word, fitur grafik salah satunya.

  • Siapkan titik bagian yang akan kamu sisipkan grafik.

membuat grafik di word

  • Arahkan kursor ke “insert”, kemudian pilih “chart” pada bagian dalam kelompok

kemudian pilih chart

  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog dan bisa memilih bentuk grafik yang kamu inginkan.

muncul kotak dialog

  • Otomatis grafik yang sudah kamu pilih akan muncul pada jendela

jendela spreadsheet

Prosedur pembuatan grafik di atas menggunakan Microsoft Word 2010, untuk versi lain seperti 2013 kurang lebih juga sama caranya.

Mengedit Grafik

Kalau masih merasa kurang puas dengan tampilan grafik bawaan, kamu bisa mengubah tampilan grafik sesuai selera yang diinginkan, baik warna, bentuk font, hingga posisi grafik.

Mengubah Tampilan Grafik

Cara membuat grafik di Word berhubungan dengan mengubah grafik atau mengatur data agar sesuai dengan yang grafik tampilkan, kamu bisa menggunakan fungsi menu bar “design”.

  • “Klik” pada bagian grafik yang hendak diubah.

mengubah tampilan grafik

  • Selanjutnya muncul chart tools, pilih tab “design” dan kamu bisa memilih tampilan grafik seperti apa yang kamu mau, melalui fungsi menu di bawah.

muncul chart tools

Menambah Aksesoris dan Keterangan

JIka kamu ingin menambahkan title atau keterangan yang lebih lengkap pada tabel, kamu bisa menggunakan fungsi tab “layout”.

  • “Klik” tepat pada bagian grafik yang akan ditambahi aksesoris.

mengubah aksesoris dan keterangan

  • Pilih “layout”pada chart tools . setelah itu kamu hanya perlu memilih menu yang fungsinya sesuai kebutuhan.

pilih layout pada chart tools

Mengatur Font atau Karakter Teks

Kalau kamu ingin mengatur karakter atau font teks, kamu bisa menggunakan menu bar “format”. Untuk proses pengaturannya cukup mudah, karena mirip dengan cara edit teks di textbox dan menubar home.

  • Arahkan kursor pada titik yang akan diedit. Missal mengubah font keterangan pada grafik.

mengubah font atau karakter teks

  • Tinggal kamu atur dengan memilih font seperti apa yang diinginkan. Otomatis hasil nantinya sesuai dengan perintahmu.

dengan memilih font

Pilihan Grafik di Word

Grafik adalah penyajian data melalui sebuah tabel perhitungan bentuknya berupa titik, kepingan, panjang, lebar, dan garis. Cara membuat grafik di Word dilengkapi banyak pilihan grafik yang bisa kamu gunakan, berikut uraian lengkapnya:

Chart Column (Grafik Batang)

chart column

Diagram yang informasinya disampaikan melalui bentuk batang. Mulai batang tegak, mendatar, dan batang terpisah. Fungsinya untuk gambaran perbandingan beberapa item dan menunjukkan perubahan data suatu periode.

Chart Line (Grafik Garis)

chart line

Grafik yang penyajian datanya menggunakan garis lurus. Grafik ini biasa berfungsi pada sebuah pengamatan secara kronologis dari waktu ke waktu. Fungsinya, untuk menunjukkan nilai data pada suatu rentang waktu.

Pie Chart (Grafik Lingkaran)

chart line

Grafik yang menunjukkan hasil data menggunakan gambar potongan lingkaran. Data yang disajikan umumnya harus dikonversi ke bentuk persen terlebih dulu. Fungsinya untuk ringkasan jumlah suatu data.

Bar Chart (Grafik Bar)

bar chart

Bentuk grafiknya berupa batang, hanya saja horizontal. Biasanya berfungsi untuk menunjukkan beberapa perkembangan nilai objek penelitian. Umumnya data hasil penelitian dalam kurun waktu tertentu.

Area Chart (Grafik Area)

area chart

Grafik model ini lebih menekankan besarnya perubahan dalam beberapa waktu. Kegunaannya untuk memberikan informasi perubahan nilai relatif pada rentang waktu tertentu.

X Y Scatter Chart (Grafik Scatter)

grafik scatter

Grafik ini banyak orang menyebutnya diagram kartesius yang menggambarkan pasangan koordinat sehingga bentuk chart-nya berupa titik yang menyebar. Grafik ini umumnya dipakai pada analisa laboratorium ilmiah.

Stock Chart (Grafik Stock)

grafik stock

Salah satu cara membuat grafik di Word tidak terlepas dari fungsi ini. Mayoritas bentuk grafis seperti ini dipakai untuk menunjukkan perubahan suhu harian.

Surface Chart (Grafik Permukaan)

surface chart

Grafik ini berbentuk sebuah permukaan. Seperti permukaan bumi, ketinggian bukit, dan kedalaman laut. Nilai datanya biasa ditunjukkan melalui warna yang berbeda.

Doughnut (Grafik Donat)

grafik donat

Sesuai namanya, bentuk grafik ini seperti lingkaran dan biasanya untuk menjelaskan rangkaian data. Fungsinya untuk menggambarkan nilai deret data pada masing-masing segmen.

Bubble Chart (Grafik Gelembung)

Grafik gekembung

Hasilnya grafik dari jenis ini biasa berbentuk kolom X dan Y. untuk nilai ukuran gelembungnya tertera pada kolom yang lurus dengan nya. Jika kamu belajar tentang cara membuat grafik di Word, juga harus tahu fungsi diagram ini.

Radar Chart (Grafik Radar)

Grafik radar

Grafik yang menggambarkan hasil data secara multivariate dua atau tiga dimensi dan dengan dua atau lebih variabel. Mudahnya adalah grafik yang biasa menunjukkan statistik pemain sepak bola.

Bagian-Bagian Pada Grafik

bagian-bagian pada grafik

Setiap menu dalam Word memiliki masing-masing fungsi yang berbeda. Kamu perlu mengetahui fungsinya agar cara membuat grafik di Word lebih mudah. berikut bagian-bagian pada grafik dan fungsinya.

Change Chart Type

Fungsinya untuk mengganti tipe dan bentuk grafik. Tipe grafik sendiri memiliki banyak macamnya, seperti pie, bar, area, dan line.

Save As Template

Untuk menyimpan grafik yang sudah kamu pilih sebagai template.

Switch Row/ Column

Kamu bisa menukar kolom atau tempat baris pada data grafik. Detailnya pun juga berbeda, jadi bisa memilih bentuk grafik bagaimana yang dibutuhkan.

Select Data dan edit Data

Bisa memilih data dan mengedit data dalam grafik. Bagian ini berhubungan langsung dengan jendela MS Excel, yang datanya bisa kamu edit langsung untuk disesuaikan pada diagram.

Chart Layout dan Chart Styles

chart layout dan cahrt styles

Berfungsi untuk mengganti gaya atau efek dan mengubah properti yang ada pada grafik. Elemen penting yang perlu kamu tahu sebagai cara membuat grafik di Word.

Format Selection

Bisa mengubah efek pada grafik, tepatnya pada area yang dipilih saja. Efeknya berupa ketebalan garis, bayangan, warna background grafik, dan beberapa efek lainnya.

Reset To Much Style

Untuk mengembalikan model grafik ke bentuk pengaturan awal. Biasanya setelah mengedit dan belum juga puas, pengguna bisa langsung menggunakan fungsi ini, agar cepat.

Picture and Shapes

Sesuai namanya, fungsinya untuk memasukkan gambar atau foto kedalam grafik. Biasanya gambar menjadi bahan pendukung dari materi grafik itu sendiri. Untuk shape berfungsi memasukkan bentuk pada grafik.

Text Box

Text box merupakan kotak boks yang bisa diisi teks ke dalam grafik. Dalam membuat teks pada grafik, pengguna selalu membutuhkan fungsi ini.

Chart Title and Axis Title

Berfungsi untuk mengatur judul grafik, sedangkan Axis Title berguna untuk memberi judul pada data grafik.

Legend

Ketika di tengah cara membuat grafik di Word perlu menampilkan label objek pada grafik, kamu bisa menggunakan fungsi ini.

Data Labels and Data Tables

Keduanya sama-sama berfungsi untuk menampilkan data label pada grafik dan data tabel dalam grafik.

Axes

Tab ini berfungsi untuk mengatur posisi atau menentukan titik yang pas pada data grafik. Umumnya agar data bisa terbaca lebih jelas.

Gridlines

Berfungsi untuk mengatur garis sebagai penunjuk data pada grafik. Terdapat banyak pilihan variasi bentuk garis ini.

Chart Wall

Pada pilihan menu background, keberadaan fungsi chart wall untuk mengatur bagian belakang pada grafik.

Chart Floor

Sedang untuk chat floor untuk mengubah latar belakang pada bagian dasar grafik. Untuk menghasilkan tampilan mengesankan, antara chart wall dan chart floor harus berkesinambungan.

3-D Rotations

3-d Rotations

Berfungsi untuk menjadikan efek tiga dimensi pada grafik, agar terlihat memiliki volume.

Format Selection

Mengatur efek pada bagian yang dipilih. Seperti bayangan, warna, bentuk garis, hingga ketebalan garis.

Reset To Match Style

Untuk me-reset atau mengembalikan grafik ke tampilan semua, sebelum pengguna edit. Umumnya pemula yang sedang mencoba cara membuat grafik di Word dan riskan sekali melakukan kesalahan.

Shape Style

Menambahkan efek, sebenarnya hampir sama dengan fungsi format selection. Hanya saja untuk shape style berfungsi pada bagian tertentu grafik saja.

WordArt Styles

Fungsinya untuk memberi efek warna tiga dimensi, outline, dan yang lainnya.

Arrange and Size

Sebagai pengatur letak dan posisi grafik dalam dokumen. Sedangkan size untuk mengatur luas grafik.

Grafik menjadi sebuah hal yang cukup krusial dalam menuntaskan pekerjaan pada seseorang. MS Word hadir dengan fitur grafik yang mudah digunakan. Tentunya dengan berbagai macam bagian yang hasilnya cukup membantu.

Perangkat HP yang sudah ada bisa mengakses Word lengkap dengan fitur grafiknya. Hal ini membuat fungsi grafik pada Word bisa banyak orang gunakan. Semoga cara membuat grafik di Word ini bisa membantumu!

Avatar

Cara Memperbesar Ukuran PDF

Nur Huda Nur Huda
4 min read

Cara Translate PDF

Avatar Nova Putri
2 min read

Cara Mengubah PDF ke Excel

Ada beberapa cara mengubah PDF ke Excel dengan cukup mudah. Cara-cara berikut ini bisa dilakukan bila kalian ingin mengedit atau mengubah format dokumen. Dari...
Avatar Alun Nikita
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!