Cara Membuat Halaman di Word

2 min read

cara membuat halaman di word berbeda romawi dan angka

Bagaimana cara membuat halaman di Word 2017, 2016, dan 2007 untuk skripsi atau untuk makalah dengan halaman yang berbeda posisi seperti portrait dan landscape dan beda format?

Nah pada artikel kali ini kita akan bahas cara membuat halaman di Word dengan penomoran romawi dan angka secara manual atau otomatis, membuat halaman di Word 2013 dengan format berbeda dalam satu file, membuat nomor halaman atas dan bawah di Word 2010 otomatis.

Dan tak lupa juga pada tutorial kali ini, kita akan bahas bagaimana cara membuat halaman di Word dengan menggunakan cover atau tanpa cover secara mudah dan sederhana. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, inilah tutorial selengkapnya.

Cara Membuat Halaman di Word

Cara membuat halaman di Word ada beberapa bagian yang bisa kamu gunakan seperti misalnya penomoran halaman untuk skripsi atau untuk makalah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat Nomor Halaman

Membuat Nomor Halaman

  • Untuk membuat nomor halaman secara manual, kamu hanya tinggal klik menu ‘Insert’, kemudian ‘Page Number’, lalu pilih letak nomor yang kamu inginkan. Misalnya di sisi kanan, tengah, atau kiri.

Top of Page: Letak nomor yang berada di atas halaman.

Bottom of Page: Letak nomor yang berada dibawah halaman.

Page Margin: Letak nomor yang berada di dekat marjin (batas tepi) halaman.

Current Position: Letak nomor yang berada di posisi kursor.

Format Page Numbers: Digunakan untuk mengubah format nomor, misalnya dari angka menjadi huruf atau romawi.

  • Sedangkan jika kamu ingin menghapus, menghilangkan nomor pada halaman, silahkan klik ‘Insert’, kemudian klik ‘Header’, lalu pilih ‘Edit Header’.

Jika tab ‘Design’ muncul, klik centang pada opsi ‘Different First Page’, dan setelah itu hapus nomor yang terdapat pada halaman.

2. Membuat Halaman Berbeda Posisi

Jika kamu ingin membuat nomor halaman dengan posisi yang berbeda, maka kamu tidak perlu untuk membuat halaman Word yang terpisah secara manual.

Misalkan kamu ingin membuat halaman pertama di posisi tengah bawah halaman dan halaman selanjutnya berada di posisi kanan atas halaman seperti pada contoh dibawah, maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

Membuat Halaman Berbeda Posisi

  • Langkah pertama klik menu ‘Insert’, kemudian pilih ‘Page Number’, lalu ‘Bottom of Page’. Silahkan pilih ‘Plain Number 2’ jika misalnya kamu ingin menempatkan nomor halaman dibagian bawah tengah seperti pada contoh gambar diatas.
  • Langkah yang kedua ganti ke halaman selanjutnya, lalu klik centang pada opsi ‘Different First Page’ untuk membuat nomor halaman berikutnya menjadi di posisi kanan atas.
  • Langkah yang terakhir klik pada ‘Header’ kemudian ‘Edit Header’ pada halaman ke dua. Setelah itu tinggal ganti opsi pada menu ‘Page Number’ menjadi ‘Top of Page’.

3. Membuat Halaman Romawi, Angka, dan Huruf

Terdapat banyak sekali penomoran halaman yang disediakan oleh Ms Word, entah itu versi berapapun yang kamu pakai pasti ada fitur tersebut. Untuk membuat nomor halaman sesuai dengan kebutuhanmu, berikut ini cara membuatnya:

  • Pertama klik menu ‘Insert’, kemudian pilih menu ‘Page Number’, setelah itu pilih opsi ‘Format Page Numbers…’.
  • Pada jendela ‘Format Page Numbers…’ terdapat beberapa pilihan yang disediakan misalnya Angka, Huruf, dan Romawi seperti yang terlihat pada contoh gambar dibawah ini:

Membuat Halaman Romawi

  • Jika sudah memilih salah satu format, lanjutkan dengan klik ‘OK’, dan nomor halaman yang kamu mau akan muncul.

4. Membuat Halaman Beda Format

Biasanya cara membuat halaman di Word ini digunakan untuk membuat karya ilmiah dengan format penomoran halaman yang berbeda. Namun, untuk membuat halaman yang berbeda format, ada dua hal yang perlu diperhatikan.

Pertama adalah ‘Section’. Section ini perlu dibagi lagi agar menjadi section yang berbeda pada setiap halaman. Kedua adalah ‘Link to Previous’ yang juga harus dinonaktifkan agar format halaman pertama dan halaman selanjutnya menjadi berbeda.

Contoh, terdapat dua halaman yang berbeda antar halaman A dan B. misalnya halaman A menggunakan format romawi dengan tata letak rata tengah, sedangkan halaman B menggunakan format angka dengan tata letak rata kanan seperti pada gambar dibawah ini:

Membuat Halaman Beda Format

Untuk cara membuat halaman di Word seperti pada contoh gambar diatas, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama klik menu ‘Insert’, kemudian pilih ‘Page Number’, lalu ‘Format Page Numbers…’ pada halaman pertama.
  • Jika kolom ‘Format Page Numbers…’ sudah muncul, pada opsi ‘Number format:’ silahkan pilih format ‘Romawi’, lalu centang opsi ‘Continue from previous selection’, dan klik ‘OK’ seperti pada contoh gambar dibawah ini:

berbeda romawi dan angka

  • Langkah selanjutnya, letakkan kursor di dalam halaman pertama, kemudian pilih menu ‘Page Layout’, lalu pilih menu ‘Breaks’, dan yang terakhir klik opsi ‘Next Page’. Lihat contoh gambar dibawah ini:

agar berurutan

  • Jika sudah, maka halaman pertama dan kedua sudah berbeda section.
  • Jangan lupa juga untuk menonaktifkan opsi ‘Link to Previous’ dengan cara klik dua kali pada ‘Footer’ halaman kedua, kemudian klik menu ‘Design’, dan klik opsi ‘Link to Previous’ seperti pada contoh gambar dibawah:

agar tidak sama

Dapat kita simpulkan bahwa cara membuat halaman di Word ini selain tampilannya menjadi lebih rapi juga dapat menjadi penanda sekaligus berfungsi sebagai navigasi bagi pembaca jika ingin mencari topik tertentu yang berbeda posisi.

Misalnya jika kamu ingin memisahkan judul, cover, daftar isi, konten, dan sub bab untuk makalah ataupun untuk skripsi dapat menggunakan format penomoran romawi dan angka yang berbeda.

Aditya

Cara Memperbesar Ukuran PDF

Nur Huda Nur Huda
4 min read

Cara Translate PDF

Avatar Nova Putri
2 min read

Cara Mengubah PDF ke Excel

Ada beberapa cara mengubah PDF ke Excel dengan cukup mudah. Cara-cara berikut ini bisa dilakukan bila kalian ingin mengedit atau mengubah format dokumen. Dari...
Avatar Alun Nikita
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!