Cara Membuat Iklan di Instagram

3 min read

Cara Membuat Iklan di Instagram

Cara membuat iklan di Instagram, dapat dilakukan hanya dengan beberapa langkah mudah, sama halnya seperti membuat iklan di Facebook Ads. Jadi pada dasarnya, jika sudah pernah beriklan di platform tersebut, membuat iklan untuk Instagram akan lebih mudah.

Instagram Ads merupakan aktivitas beriklan di platform Instagram, untuk dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih besar. Fitur iklan pada media sosial ini dapat dimaksimalkan, untuk meningkatkan brand awareness, traffic website, dan mengumpulkan followers baru.

Namun hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjalankan iklan ini adalah, memiliki akun Facebook, serta Instagram Bisnis. Maksudnya, agar seluruh proses pengelolaannya, dapat berjalan dengan lebih mudah.

Cara Membuat Iklan di Instagram

Berikut, adalah langkah dan cara membuat iklan di Instagram.

1. Tentukan Tujuan Iklan Dan Campaign 

Pilih Tujuan Iklan

Suatu iklan dan campaign, tidak akan berjalan dengan efektif, jika tidak tahu tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut. Oleh sebab itu, sebagai tahap pertama, sebaiknya menentukan dahulu tujuan dan objektivitas dari iklan tersebut, agar hasilnya dapat maksimal.

Kemudian, Facebook akan memberikan arahan, berupa Format Iklan, dan juga Bidding Options, serta Auto-optimization. Semua format tersebut, merupakan tools untuk beriklan, agar tetap dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan tujuan dari campaign tersebut.

Beberapa format iklan yang telah tersedia di Facebook Ads Manager yang dapat digunakan sebagai cara membuat iklan di Instagram Ads adalah:

  • Brand awareness
  • Local awareness
  • Traffic
  • Reach
  • Engagement
  • Video Views
  • All installs
  • Lead generation
  • Conversions
  • Store Visits
  • Product catalog sales

2. Tentukan Judul dan Tanggal Iklan

Menentukan Judul Iklan

Tahap selanjutnya dari tahapan cara membuat iklan di Instagram, yaitu menentukan judul. Dan saat melakukannya,  jangan lupa untuk menyertakan tanggal tayang, dari iklan dan campaign yang sudah direncanakan.

Tujuannya adalah, agar lebih mudah saat melakukan track record, serta evaluasi hasil dari campaign tersebut, agar dapat dianalisis lebih lanjut. Dan hasil akhirnya, dapat dijadikan sebagai bahan acuan serta revisi, saat bersponsor kembali di Instagram dan Facebook.

3. Memilih Target Audiens

Memilih Target Audiens

Memilih target audiens sangat penting untuk dilakukan, sebagai tahapan dan cara membuat iklan di Instagram Ads yang efektif. Faktor audiens dapat berpengaruh besar, terhadap keberhasilan dari iklan dan campaign yang akan dijalankan.

Pikirkan dengan matang terlebih dahulu, sebelum menentukan target audiens yang tepat. Pasalnya, mereka adalah pangsa pasar, atau orang yang akan membeli dan tertarik, dengan produk yang akan diiklankan.

Pada bagian pengaturan di halaman Facebook Ads, terdapat dua jenis pilihan. Yaitu:

  • Membuat target audiens yang baru.
  • Menggunakan data audiens yang telah terdaftar sebelumnya.

Selain memilih target audiens, sebaiknya pikirkan juga,  efektivitas dari iklan dan campaign yang akan ditayangkan. Karena, akan berpengaruh terhadap biaya iklan yang cukup besar. 

4. Mengatur Spot Penempatan Iklan

Mengatur Spot Penempatan Iklan

Salah satu dari cara membuat iklan di Instagram Ads yang efektif, adalah mengatur spot penempatan  iklan. Beberapa diantara pilihan penempatan iklan yang telah tersedia, adalah sebagai berikut

  • Facebook News Feed, versi mobile maupun desktop
  • Pada Halaman Facebook
  • Instagram
  • Audience Network
  • Instant Articles
  • In-stream Video

Untuk saat ini, pastikan untuk memilih Instagram. Namun, jika ingin mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas, tidak ada salahnya mengatur iklan di spot yang lain. Contohnya Instagram dan Facebook News Feed. Atau pada Facebook Ads Manager, seperti:

Penempatan Iklan di Instagram

  • Brand awareness: Facebook Ads dan juga Instagram Ads.
  • Engagement: Facebook Ads beserta  Instagram Ads.
  • Video views: Audience Net, Instagram Ads, and Facebook Ads.
  • App installs: Instagram Ads, Facebook Ads, dan juga Audience Net.
  • Traffic for website clicks, dan juga app engagement: Facebook Ads, dan Audience Net.
  • Product catalog sales: Audience Net dan Facebook Ads.
  • Conversions: Facebook Ads dan Audience Network

5. Merencanakan Anggaran Biaya Iklan dan Bidding

Merencanakan Anggaran Biaya

Merencanakan anggaran biaya, artinya sama dengan menentukan seberapa besar dana yang akan dianggarkan untuk iklan tersebut. Format nya bisa bermacam-macam, ada yang sifatnya berbayar secara harian, mingguan, maupun bulanan.

Proses perencanaan ini sangat penting, karena terkait dengan dana yang tersedia untuk beriklan, sebagai cara membuat iklan di Instagram Ads.Proses bidding sama halnya seperti lelang biasa, agar dapat menarik perhatian audiens media sosial. 

Adapun keuntungan dan fasilitas yang akan didapat saat beriklan di Facebook adalah:

Harga Bidding di Facebook

Pada prinsipnya, sebagai bagian dari Ads cara membuat iklan di Instagram Ads, bergantung juga dengan anggaran yang disiapkan. Semakin besar anggaran yang dimiliki untuk iklan, maka penyebarannya akan dapat lebih optimal. 

Nilai bidding dapat ditentukan sendiri. Namun, jika lebih suka menggunakan “Automatic Bid”, maka harganya tergantung dari jauhnya jangkauan dan banyaknya Audiens yang merespon.

Semakin banyak exposure yang diterima, maka akan semakin murah harga bidding-nya. 

Relevance score

Setiap iklan yang terpasang di Instagram dan Facebook, memiliki “Relevance Score” atau, sebagai istilah dari Nilai Relevansi. Facebook akan menilai relevansi, berdasarkan hasil reaksi audiens dari iklan tersebut. Hasilnya, memang dapat bersifat positif maupun negatif. 

Kemudian, Google akan melakukan pengaturan ulang, berdasarkan hasil dari relevance score iklan yang telah berjalan. Nantinya, hasil score tersebut akan berdampak langsung ke biaya iklan yang sudah dibayar. Dan pastinya, Facebook akan memprioritaskan pengguna iklannya.

Estimated action rates

Selain itu, Facebook Ads juga akan menentukan “Estimated Action Rates”. Fasilitas ini adalah estimasi perkiraan, untuk menghitung jumlah audiens yang akan melakukan klik, atau berinteraksi setelah iklan ditayangkan.

6. Memilih Format Iklan Instagram Ads

Format Iklan Instagram

Setelah selesai melakukan pengaturan iklan, cara membuat iklan di Instagram selanjutnya adalah, memilih jenis format Instagram Ads, yang terdiri dari:

Single Image Ads

Jenis format iklan ini termasuk yang paling populer. Hanya memerlukan sebuah caption gambar dan tombol “call-to-action” atau CTA, untuk menjalankannya.

Instagram Carousel Ads

Format ini dapat memilih hingga 10 gambar beserta videonya.

Instagram video Ads

Sama halnya dengan iklan berformat video atau GIF.

Slideshow Ads

Jika memilih format ini, keuntungannya dapat menampilkan hingga 10 gambar dan musik, sehingga video dapat diputar secara berulang atau “loop”.

Instagram Lead Ads

Format ini dapat berfungsi sebagai pengumpul informasi dari para audiensnya, tanpa perlu keluar dari Instagram. 

Ketika audiens mengklik iklan, mereka langsung akan diarahkan ke halaman baru, dengan formulir yang harus dilengkapi dengan data pribadi. Contohnya seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan yang lainnya, beserta data privacy policy untuk keamanan.

Instagram Stories Ads

Setelah Instagram menambahkan fitur story pada platformnya, semakin banyak juga orang yang memanfaatkannya untuk beriklan. Cara membuat iklan di Instagram Ads nya, dapat  berbentuk foto maupun video, dengan durasi sekitar 15 detik.

Setelah proses pemilihan jenis iklan selesai seluruhnya, jangan lupa juga untuk melengkapi iklan dengan detail headline dan text, serta  “tombol call-to-action” atau CTA. Gunakan fitur  “Preview Tool”, untuk melihat tampilan iklan sebelum di publish.

7. Place Order

Place Order

Langkah terakhir sebagai cara membuat iklan di Instagram Ads adalah, “Place Order” atau pemesanan iklan, dengan atau tanpa kartu kredit. Setelah selesai, iklan yang akan ditayangkan akan direview terlebih dahulu, sebelum dipublish secara otomatis oleh Instagram.

Kesimpulan

Semakin maraknya penggunaan platform media sosial di kalangan masyarakat luas, sehingga memberikan peluang besar, untuk beriklan dan melakukan campaign. Jadi tidak heran, jika semua platform tersebut, memberikan fasilitas beriklan tersebut. 

Namun untuk dapat mengerti akan cara membuat iklan di Instagram Ads dengan efektif dan benar, perlu diketahui strategi dan langkahnya. Sehingga, iklan dan campaign yang akan ditayangkan, mendapatkan hasil optimal.

 
Novianti Lavlia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!