Cara Membuat Logo dengan Photoshop

2 min read

Cara Membuat Logo dengan Photoshop

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak untuk mengedit gambar di PC yang dikembangkan oleh Adobe System dan dikomersilkan. Selain untuk desain gambar, kamu juga bisa menggunakan PS untuk membuat logo. Bagaimana cara membuat logo dengan Photoshop?

Logo sendiri bisa berbentuk tulisan, sketsa, ataupun gambar dengan makna tertentu. Setiap logo berfungsi untuk mewakili identitas dari suatu entitas.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membuat logo. Konsistensi, mudah untuk diingat, gampang dikenal, realistis, sedap dipandang mata dan juga sense of obtaining. Selalu banyak cerita di balik logo brand-brand ternama.

Cara membuat logo dengan Photoshop memang tidak mudah. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa kelebihan PS dan sedikit tutorial pendek untuk pemula.

Kelebihan Photoshop dengan Aplikasi Lain

Ada cukup banyak alasan yang membuat Photoshop begitu populer di kalangan pengguna. Kita akan membahas beberapa diantaranya di sini:

  • Hasil editan gambar di Photoshop lebih memuaskan karena fitur-fiturnya lengkap. Kamu bisa berkreasi sesuka hati untuk melakukan perubahan di gambar yang diedit.
  • Ada banyak versi mulai dari Photoshop CC, CS6, CS3, CS5, dan CC Jadi fiturnya selalu upgrade sehingga tambah oke untuk menunjang kreativitas.
  • Pengguna bisa membuat tulisan dengan berbagai efek sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jadi bisa tampil beda dan unik dibandingkan tulisan yang diedit di aplikasi lain.
  • Photoshop juga dikenal multifungsi karena bisa kamu gunakan untuk desain gambar ataupun sekedar edit. Jadi, satu aplikasi sudah bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal.
  • Jika skill kamu sudah oke atau di atas rata-rata, maka hasil editan gambar bisa terlihat nyata. Orang yang melihat akan mengira editan itu asli. Keren kan?
  • Penting banget. Photoshop menjadi salah satu aplikasi yang kompatibel dengan berbagai jenis format gambar. Pilihan format penyimpanan file lebih bervariasi.
BACA JUGA
Cara Memperkecil Ukuran Video

Selain 5 kelebihan di atas, Photoshop juga bisa kamu manfaatkan untuk mengolah materi web seperti iklan banner dan feature image lho.

Cara Membuat Logo dengan Photoshop

Cara membuat logo dengan Photoshop kali ini akan menggunakan Photoshop CC. Jika kamu menggunakan versi lain seperti CS6, CS3, CS5, dan CC 2015 tidak masalah. Sebelum memulai, perlu kamu ingat bahwa tutorial ini untuk pemula. Jadi, materi dan cara-cara yang digunakan basic. Kita mulai saja tutorial-nya ya:

  • Misalkan di sini saya ingin buat logo untuk channel Youtube dengan nama GROKS LAND. Pertama, buka aplikasi Photoshop dan buat kanvas. Klik Create New atau kamu bisa langsung pakai pintasan CTRL + N.
  • Di bagian samping kanan atas, kamu akan menemukan kolom untuk nama project, ukuran, background, dan lain sebagainya. Sesuaikan ukuran logo dengan kebutuhan kamu ya.
  • Pilih warna background yang kamu inginkan untuk logo ini dan klik Create. Di sini saya pakai ukuran 800 x 800 dan background putih.
  • Kita pergi ke halaman Google untuk mencari gambar bebas copyright. Kamu bisa cari di Unsplash, Pexels, Freepik, dan lain sebagainya. Ketemu gambarnya? Klik kanan pada gambar dan pilih opsi Salin Gambar (Copy Image).
  • Kembali ke kanvas dan CTRL+V untuk menyalin gambar tadi. Hasilnya seperti ini:

Membuat Logo dengan Photoshop

  • Lanjut dengan menambahkan tulisan dengan Type Tool. Tuliskan nama atau teks yang ingin kamu gunakan dalam logo. Sesuaikan ukuran dan style font- Di bawah ini saya menggunakan 2 tulisan berbeda sehingga layer textnya ada 2 ya.

menambahkan tulisan dengan Type Tool

  • Lanjut dengan ubah layer style sesuai keinginan ya. Di sini saya menggunakan opsi Color Overlay dan Inner Glow untuk huruf G. Kemudian opsi Color Overlay dan Dropdown Shadow untuk GROKS LAND. Hasilnya seperti ini:
BACA JUGA
Ganti Background Online

opsi Color Overlay dan Inner Glow

  • Lanjut dengan mengubah sedikit warna background dengan klik Layer GROKS LAND. Di bagian bawah ada ikon setengah lingkaran, muncul banyak menu pilih Curves. Ini opsional ya. Bisa dilewati.
  • Kemudian klik Layer 1 dan pergi ke menu Image. Pilih Adjustment dan Brightness Contrast. Sesuaikan (saya pakai 26 dan 15) klik ok. Lanjut dengan menu Image dan pilih Vibrance (saya pakai 23 dan 25). Klik ok.
  • Klik layer G. Lanjut dengan klik Rectangle tools dan buat garis di bawah tulisan GROKS LAND.

Klik layer G

  • Klik move tools dan sesuaikan posisi garis. Kemudian CTRL+J untuk membuat salinan garis tadi. Geser salinan garis ke bagian atas tulisan GROKS LAND. Jadinya akan seperti ini:

Klik move tools

Jika menurutmu logo sudah sesuai, maka tinggal simpan sesuai dengan format yang kamu inginkan. Klik menu File > Quick Export as PNG misalnya. Selesai deh. Logo kamu tersimpan rapi di laptop.

Untuk pemula yang belum pernah menggunakan Photoshop, mungkin cara di atas masih lumayan sulit. Tapi dengan belajar pelan-pelan, pasti kamu akan terbiasa kok.

Opsi lain jika memang tidak memiliki Photoshop, maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi sejenis. Basic-nya tetap sama, hanya saja mungkin ada perbedaan di beberapa bagian tools dan elemen lainnya.

Bagaimana tutorial penggunaan Photoshop dalam membuat logo untuk pemula di atas? Kira-kira kamu bisa mengikuti atau tidak? Semoga tutorial dan cara membuat logo dengan Photoshop di atas bermanfaat untuk kamu semua ya. Yuk mulai belajar bikin logo sendiri.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published.