Cara Membuka File ISO

3 min read

Cara Membuka File ISO

Beberapa dari kamu mungkin lebih familiar dengan format .RAR dan .exe jika dibandingkan dengan ISO. Tetapi kamu perlu tahu bahwa jenis file ISO ini bisa memungkinkan untuk menyatukan seluruh file dari suatu aplikasi tanpa melalui proses ekstraksi.

Para pengguna laptop dan PC sekarang lebih memilih menggunakan file ISO untuk melakukan berbagai keperluan install software dan aplikasi. Jenis file ini lebih ringkas sehingga bisa disimpan di flashdisk atau hardisk PC.

Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk membuka file ISO ini. Pertama dengan cara burning ke dalam DVD. Kedua, tanpa burning yaitu dengan mount secara virtual. Setiap orang memiliki preferensi tersendiri untuk membuka file ISO ini.

Dalam ulasan kali ini penulis akan membagikan beberapa cara membuka file ISO yang bisa kalian coba.

Cara Membuka File ISO

Ada beberapa software gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuka file ISO. Seperti Daemon, PowerISO, UltraISO dan Nero. Namun, dalam ulasan kali ini penulis akan membagikan cara membuka file ISO dengan dan tanpa aplikasi. Cari tahu info lebih lengkapnya di bawah ini:

1. Buka File ISO dengan File Explorer

Cara membuka file ISO yang pertama ini hanya bisa kamu lakukan di Windows 8 dan Windows 10 ya. Windows File Explorer sendiri merupakan aplikasi manajemen file bawaan pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap di mana salah satunya adalah untuk membuka file ISO. Bagaimana caranya?

  • Siapkan file ISO yang ingin kamu buka. Klik kanan pada file tersebut dan pilih “Mount”.
BACA JUGA
Thermal Paste Terbaik

Buka File ISO dengan File Explorer

  • Setelah itu secara otomatis proses mounting berjalan. Kamu tinggal tunggu hasilnya. Jika file tadi berhasil di mounting maka akan muncul drive disk virtual baru. Di sinilah kamu bisa mengakses isi dari file ISO tadi.
  • Jika sudah selesai menggunakan, kamu bisa eject file dengan klik kanan pada Drive Disk Virtual tadi dan klik eject ya.

Gampang banget kan? Gak perlu repot instal software atau aplikasi tambahan dan proses mounting bisa berjalan otomatis.

2. Buka File ISO dengan Windows PowerShell

Masih sebelas dua belas dengan cara pertama tadi, kamu bisa membuka file ISO di Windows 8 dan 10 dengan aplikasi bawaan yaitu Windows PowerShell. Bagaimana cara membuka file ISO dengan aplikasi ini?

  • Cari Windows PowerShell di menu pencarian di laptop kamu. Klik untuk menjalankan aplikasi.

dengan Windows PowerShell

  • Selanjutnya kamu bisa mengetikkan perintah berikut:
    Mount-DiskImage -ImagePath “D:\PATHFILEKAMU.ISO”
    Jangan lupa ubah path sesuai dengan lokasi file ISO kamu ya. Setelahnya baru tekan enter. Kamu bisa cek apakah ada Drive Disk Virtual yang muncul.
  • Jika file sudah terbuka dan selesai menggunakan maka kamu bisa lakukan unmount dengan menggunakan perintah berikut:
    Dismount-DiskImage -ImagePath “D:\PATHFILEKAMU.ISO”
    Pastikan untuk mengubah path sesuai dengan lokasi file ISO sebelum menekan enter ya.

Bagaimana? Gak kalah gampang kan caranya? 

3. Buka File ISO dengan PowerISO

Jika laptop kamu tidak dibekali dengan sistem Windows 8 atau 10, maka kamu wajib menggunakan aplikasi tambahan untuk membuka file ISO. Salah satunya adalah PowerISO.

Software ini hanya berukuran 6 MB, jadi mungil banget. Bisa support sistem operasi Windows 32bit dan 64bit. Bagaimana cara membuka file ISO dengan software ini?

  • Download dan instal PowerISO di laptop kamu. Jika sudah berjalan maka bisa lanjut ke langkah kedua.
  • Kamu bisa langsung Klik Mount dan cari file untuk proses mounting. Atau klik kanan filenya dan pilih PowerISO. Lanjut dengan klik Mount Image to Drive [e]<No Media>. Sampai sini maka proses mounting sedang berjalan.
BACA JUGA
Jenis-Jenis Printer

Buka File ISO dengan PowerISO

  • Saat prosesnya berhasil maka akan muncul Drive Disk Virtual baru. Tinggal kamu klik deh untuk melihat isinya.

Setelah selesai, jangan lupa untuk unmount ya. Caranya klik kanan pada drive virtual tadi. pilih PowerISO dan klik Unmount Drive [e]. 

4. Buka File ISO dengan UltraISO

Selanjutnya kita akan mencoba membuka file ISO dengan bantuan aplikasi UltraISO. Aplikasi ini mendukung cukup banyak jenis file lho. Mulai dari .ISO, .BIN, .MDS, .HFS, .BWI, .CIF, hingga .CCD. Bagaimana cara membuka file ISO dengan UltraISO ini?

  • Kamu wajib mengunduh dan menginstal aplikasi UltraISO di laptop kamu ya. Setelah selesai, jalankan UltraISO.
  • Cari file ISO yang ingin kamu mounting dengan klik menu File di aplikasi ini. Letaknya di pojok kiri atas. Sudah ketemu? Klik file dan pilih Open. 
  • Lanjut dengan cari file ISO yang ingin kamu mount. Klik Open.
  • Kamu akan kembali ke depan dan lanjutkan dengan klik menu Tools di bagian atas. Pilih opsi Mount to Virtual Drive. Saat muncul notifikasi pop-up, klik Mount. Tunggu proses selesai dan kamu bisa deh membuka file ISO tadi.

Buka File ISO dengan UltraISO

Jangan lupa untuk eject virtual disk ini dengan klik tombol Unmount ya.

5. Buka File ISO dengan Daemon Tools Lite

Selanjutnya kamu bisa membuka file ISO dengan Daemon Tools Lite. Aplikasi ini terbilang cukup ringan, jadi tidak memberatkan memori laptop. User interfacenya juga sederhana sehingga pengguna awam pasti juga tidak kesulitan.

Bagaimana cara membuka file ISO dengan Daemon Tools ini?

  • Unduh dan instal aplikasi Daemon Tools Lite di laptop kamu. Buka aplikasinya dan klik tombol Quick Mount.

Buka ISO dengan Daemon Tools Lite

  • Lanjutkan dengan mencari file ISO yang kamu inginkan. Sudah ketemu? Klik Open dan proses Mounting akan berlangsung secara otomatis. Saat berhasil, akan muncul Drive Disk Virtual yang bisa kamu gunakan untuk melihat file di dalamnya.
BACA JUGA
Cara Menghilangkan Activate Windows 10

Setelah selesai, maka kamu bisa langsung unmount dengan cara klik kanan Drivenya tadi dan pilih unmount ya.

Sejujurnya untuk opsi satu dan dua hanya berlaku bagi kamu yang memiliki sistem operasi Windows 8 dan 10. Dua opsi pertama sangat efektif dan efisien karena kamu gak perlu repot unduh dan instal software.

Namun, 3 cara membuka file ISO terakhir juga memiliki prosedur yang sederhana untuk membuka file ISO. Sehingga perbedaan mendasar dari 2 cara pertama dan 3 cara terakhir ada pada kebutuhan untuk instal aplikasi tambahan saja. Dari kelima cara membuka file ISO di atas mana yang paling kamu suka?

Avatar

Mouse Wireless Terbaik

Mouse merupakan sebuah perangkat hardware paling penting selain keyboard. Mouse seringkali memegang peranan penting karena dengan menggunakan mouse pekerjaan yang berhubungan dengan komputer atau...
Avatar Khoirul Jayanti
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *