Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD

4 min read

cara memindahkan aplikasi ke kartu sd

Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd itu perlu diketahui oleh setiap pengguna perangkat pintar, karena semakin hari penyimpanan internal semakin sulit untuk menyimpan data, file, dan aplikasi.

Karena kapasitas yang dimiliki penyimpanan internal sudah penuh disebabkan banyaknya data-data yang memenuhi penyimpanan internal, maka dari situ banyak pengguna smartphone mencari cara memindahkan aplikasi ke kartu sd.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD.

Penyimpanan internal menjadi salah satu hal yang sangat penting agar smartphone yang kita miliki bekerja dengan baik.

Nah agar tidak mengalami hal yang tidak dinginkan maka kita akan memberikan tutorial cara memindahkan aplikasi ke kartu sd agar penyimpanan internal di smartphone kamu menjadi lebih lega.

1. Memindahkan Setiap Download Aplikasi Ke Kartu SD.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd menggunakan langkah ini bisa dikatakan hanya untuk android yang sudah memasuki versi Marshmallow atau lebih.

Jadi jika kalian adalah pengguna Android dengan versi terbaru maka dapat mengikuti langkah-langkah ini yaitu cara memindahkan aplikasi ke kartu sd setiap download tanpa root.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu kartu SD yang ingin kamu gunakan yang akan dipasangkan di perangkat smartphone kamu.
  • Jika sudah terpasang, buka aplikasi setting/setelan lalu pilih penyimpanan, biasanya setiap perangkat memiliki letak penyimpanan yang berbeda.

Ganti path penyimpanan

  • Jika sudah masuk ke dalam menu penyimpanan, maka selanjutnya cari menu setelan penyimpanan lalu masuk, dan pilih tempat penyimpanan default kamu yaitu antara internal atau eksternal.
BACA JUGA
Cara Mengetahui HP Disadap

selanjutnya cari menu setelan

  • Pilih penyimpanan default itu menjadi eksternal atau kartu SD, agar ketika kamu download aplikasi di play store nanti akan otomatis tersimpan ke dalam kartu SD.
  • Jika fitur perubahan penyimpanan ke eksternal tidak ada, maka kalian harus mengaktifkannya di opsi pengembang, silahkan cari menu di opsi pengembang yaitu “Paksa izinkan apl untuk tulis di penyimpanan eksternal” jika ketemu aktifkan.

Pilih penyimpanan default

2. Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Secara Manual.

Kedua, cara memindahkan aplikasi ke kartu sd dapat dilakukan secara manual, cara ini cukup berbeda dari cara sebelumnya.

Yang dimana ketika kita mendownload akan langsung berpindah ke kartu SD, lalu bagaimana yang sudah terinstal? Pastinya tetap akan tersimpan di internal.

Nah untuk cara memindahkan aplikasi ke kartu sd maka langkah ini bisa kalian ikuti untuk memindahkannya.

  • Pertama buka kembali setting/setelan, scroll ke bawah hingga menemukan menu apl/pengelola aplikasi.

Memindahkan Secara Manual

 

  • Pencet menu tersebut lalu cari aplikasi yang ingin dipindahkan.
  • Kalian sekarang berada di dalam halaman informasi tentang aplikasi yang tadi dipencet, nah sekarang cari menu “penyimpanan” lalu pilih ubah tempat penyimpanan ke kartu sd.

cari aplikasi yang ingin dipindahkan

  • Jika ada aplikasi yang tidak dapat dipindahkan, maka silahkan atur di opsi pengembang seperti sebelumnya yah, yaitu di menu “paksa izinkan apl untuk tulis di penyimpanan eksternal”.

3. Menggunakan Aplikasi Apk Extractor.

Kali ini kita akan melakukan cara memindahkan aplikasi ke kartu sd menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu aplikasi Extractor yang dapat didownload di play store.

Apk Extractor sendiri adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk meng-ekstrak aplikasi kamu agar mudah dipindahkan ke kartu sd.

Selain itu Extractor juga dapat digunakan bagi pengguna smartphone yang tidak melakukan rooting, dan dapat melakukan extrak terhadap semua aplikasi, mari ikuti langkah ini untuk cara memindahkan aplikasi ke kartu sd.

  • Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Apk Extractor di google play store.
  • Buka apliksinya nanti Apk Extractor akan memindai seluruh aplikasi yang berada di smartphone kamu, jika sudah selesai, maka akan muncul semua list aplikasi yang kamu miliki serta beberapa sistem operasi.
  • Cari aplikasi yang ingin kamu pindahkan lalu pencet titik tiga tepat di pojok kanan aplikasi, lalu akan muncul pop-up pilih bagikan.
  • Perhatikan tulisan di bawah karena itu adalah tempat letak aplikasi yang kamu ekstrak tersimpan.
BACA JUGA
Cara Blokir Nomor HP

Aplikasi Apk Extractor

  • Sekarang tutup aplikasinya dan buka aplikasi File Manager, cari aplikasi yang kamu ekstrak tadi, letak ekstrakkan-nya sudah diberitahu ketika kamu melakukan ekstrak di awal atau berada di dalam file ExtrackedApks.
  • Kalau sudah ketemu pindahkan hasil ekstrakkan itu ke kartu sd, lalu hapus aplikasi yang berada di hp kamu.

pindahkan hasil ekstrak

  • Terakhir instal aplikasi yang kamu ekstrak di dalam kartu SD, agar semua data tersimpan di dalam kartu SD bukan internal.

4. Memindahkan Data Aplikasi Game Menggunakan Pihak Ketiga.

Kali ini cara memindahkan aplikasi ke kartu sd khusus untuk data game tanpa root yang menggunakan pihak ketiga atau aplkasi tambahan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu aplikasi Zarchiver yang dapat kamu download di play store, aplikasi TaiChi yang dapat kamu temukan di google, dan terakhir XinternalXD yang juga dapat kamu temukan di google.

  • Langkah pertama instal semua aplikasi yang telah didownload di luar play store seperti TaiChi dan XinternalXD.
  • Jika sudah, buka aplikasi file manager lalu masuk ke folder Android dan masuk lagi ke folder data. Silahkan pilih data game yang ingin dipindahkan ke kartu SD.

Menggunakan Pihak Ketiga

  • Selanjutnya pergi lagi ke file manager, android dan masuk ke dalam OBB folder. Cari nama folder obb yang sama dari nama folder yang kamu pindahkan ke eksternal
  • Lalu ubah nama folder tersebut tambahkan saja angka 1 atau huruf apapun di akhir karena ini berguna agar folder tersebut tidak hilang.

OBB folder

  • Tutup aplikasi file manager dan masuk ke dalam aplikasi TaiChi, pilih Update Moodule Engine lalu pencet oke saja hingga selesai.
  • Di halaman depan, pencet icon di pojok kanan bawah seperti tanda panah, nanti akan memunculkan sub menu pilih Create App.

pilih Create App

  • Kalian akan dipindahkan ke dalam list aplikasi, centang aplikasi atau game yang sudah kamu pindahkan foldernya ke eksternal dan sudah merubah namanya di OBB tadi, lalu pencetCreate di bagian paling bawah.
BACA JUGA
Fastboot Xiaomi

list aplikasi

  • Tunggu hingga selesai, lalu akan muncul pop-up lagi untuk menguninstal aplikasi yang berada di perangkat kamu silahkan pencet oke, dan pencet aplikasi yang ada di dalam list itu, jika sudah maka akan muncul perizinan penginstalan aplikasi melalui di luar play store centang dan instal.
  • Jika sudah pencet lagi icon yang seperti tanda panah di bawah pojok kanan, pilih Manage Module, dan akan menampilkan aplikasi XinternalXD centang dan pencet XinternalXD, silahkan ikuti aturan centang sesuai gambar.
  • Selanjutnya pencet “Nyalakan Untuk Aplikasi” nanti akan muncul nama list aplikasi, pilih aplikasinya sesuai dengan yang kamu ingin pindahkan.
  • Terakhir ubah jalur kartu SD card kamu di menu “Jalur ke kartu SD internal” kalian bisa lihat jalur kartu SD di Zarchiver untuk ke kartu SD eksternal.

Jalur ke kartu SD internal

buka Zarchiver

  • Sekarang buka Zarchiver, pergi ke file yang sudah kamu pindahkan ke eksternal, nah sekarang pindahkan lagi ke Android, lalu ke data namun tetap di dalam kartu SD eksternal yah.
  • Jika sudah yang terakhir pindahkan folder OBB yang berada di internal yang kamu ubah tadi namanya ke dalam folder OBB Android eksternal, ubah lagi namanya menjadi semula, selesai silahkan dicoba gamenya.

5. Memanfaatkan Aplikasi Link2Sd.

Terkadang tidak semua dapat mengikuti cara memindahkan aplikasi ke kartu sd dengan baik, karena mungkin saja perangkat kamu tidak support.

Seperti halnya Xiamoi yang tidak memilki fitur untuk memindahkan aplikasi ke eksternal, atau mungkin terdapat kendala lain.

Tapi tenang saja karena terdapat satu aplikasi yang dapat memindahkan aplikasi ke katu sd, kalian bisa menggunakan cara ini dengan syarat harus melakukan root terhadap hp kamu.

  • Pertama download terlebih dahulu aplikasi Link2Sd di play store.
  • Jika sudah buka aplikasinya, nanti kalian akan langsung ditampilkan daftar aplikasi yang kalian miliki.
BACA JUGA
Cara Restart iPhone

Aplikasi Link2Sd

  • Cari aplikasinya yang ingin dipindahkan ke dalam kartu SD, pencet dan cari menu “pindah ke kartu sd”, jika sudah tinggal tunggu saja hingga selesai.

pindah ke kartu sd

Berakhir sudah rekomendasi cara memindahkan aplikasi ke kartu sd, dari semua tutorial yang kami berikan terdapat beberapa yang tidak support oleh perangkat lain contohnya seperti memindahkan aplikasi ke kartu SD secara manual.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *