Cara Memotong Gambar di Photoshop

3 min read

Cara Memotong Gambar di Photoshop

Ada banyak cara untuk memotong gambar salah satunya melalui program Adobe Photoshop. Bagi pemula ada 5 cara memotong gambar di Photoshop yang bisa dengan mudah diikuti. Versi Adobe Photoshop terbaru adalah CS 6.

Versi terbarunya ini tak jauh berbeda dengan CS 5 yang merupakan versi ke-12. Keunggulan dari Adobe Photoshop dalam hal memotong gambar dibanding program lainnya adalah bisa memotong gambar dengan rapi. Gambar yang dipotong bisa disesuaikan dalam berbagai shape seperti bentuk lingkaran.

Cara memotong gambar di Photoshop bisa dipakai untuk gambar dua hingga tiga dimensi. Cocok untuk editing foto dan animasi dengan hasil berkualitas. Adobe photoshop juga tersedia dalam versi web maupun software yang bisa diinstal di perangkat.

Untuk mendapatkan program ini kamu perlu mengunduhnya di Adobe.com. Program ini juga kompatibel dengan iPad maupun Windows. Kapasitasnya lumayan besar untuk versi yang terbaru bahkan berukuran 1.7 GB. Tentunya besaran program ini juga akan mempengaruhi RAM komputer.

5 Cara Memotong Gambar di Photoshop

Tersedia dalam 5 tutorial yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kamu bisa memotong bagian gambar yang tidak penting atau bahkan crop wajah dan menggantinya ke halaman baru.

Adapun cara yang dimaksud bisa kamu simak dibawah ini! Gambar yang dipotong juga bisa mengikuti lekuk bentuk aslinya sehingga memotong bagian dengan sempurna.

1. Crop Tool

Cara memotong gambar di Photoshop yang paling gampang adalah dengan memakai crop tool. Crop tool sendiri juga sering ditemukan di program editing foto seperti paint atau microsoft photo viewer. Keunggulan dari crop tool adalah dapat memotong ukuran artboard bersamaan menggunakannya.

  • Buka program adobe photoshop kemudian klik menu file lalu open untuk membuka gambar yang ingin dipotong
  • Klik menu crop tool yang ada di sisi kiri  atau tekan tombol C maka otomatis gambar akan membentuk bingkai. Pada setiap tepi bingkai ada kotak kecil yang digunakan untuk menyeret bingkat ini ke atas maupun ke bawah
BACA JUGA
Cara Membuat Garis di Photoshop

Memotong Gambar di Photoshop dengan Crop Tool

  • Kamu cukup menyesuaikan bingkainya saja untuk memotong gambar. Bagian yang masuk dalam bingkai tersebut tidak akan terpotong. Sementara yang tidak masuk dalam bingkai otomatis akan hilang setelah kamu menekan tombol enter pada keyboard

menyesuaikan bingkainya

Pada menu crop tool juga tersedia pilihan fitur crop lainnya. Misalnya saja perspective crop tool yang berguna untuk memotong atau memperbaiki distorsi tanpa harus menyeleksi. Ada pula slice tool yang digunakan untuk memotong bagian gambar yang lebih kecil.

2. Marquee Tool

Selain memanfaatkan menu crop tool ada pula cara memotong gambar di photoshop dengan fitur marquee tool. Marquee tool merupakan fitur memotong berdasarkan berbagai bentuk. Bentuk yang dimaksud bisa berupa persegi panjang, elips, single row dan single column.

  • Siapkan gambar yang ingin kamu potong seperti cara pertama diatas
  • Setelah itu klik icon marquee tool yang ada di sisi kiri gambar atau tekan tombol M pada keyboard. Setelah itu pilih bentuk seleksi yang kamu inginkan

dengan Marquee Tool

  • Buat seleksi dengan klik bagian yang tidak ingin dipotong. Tarik sesuai ukuran seleksinya. Bagian yang terseleksi akan muncul garis putus-putus sebagai pembatas seperti pada gambar

Buat seleksi gambar

  • Untuk memindahkan hasil crop atau bagian yang terseleksi tinggal tekan tombol CTRL dan mouse secara bersamaan
  • Setelah itu kamu bisa tekan CTRL+X kemudian buka halaman baru dengan klik menu file lalu new . Tekan CTRL+V untuk memindahkan hasil crop tadi ke halaman baru

Cara ini cocok untuk memotong gambar dengan bentuk tertentu. Kamu juga bisa memindahkan gambar ke halaman lainnya atau menggabungkan dua gambar menjadi satu dengan memotong satu gambar dan memindahkannya ke file yang lain.

3. Pen Tool

Selanjutnya cara memotong gambar di photoshop bisa pula dengan pen tool. Memotong dengan fitur ini cocok untuk gambar yang memiliki bentuk kurva lurus dengan presisi yang tinggi. Pen tool memiliki icon berbentuk seperti ujung pulpen yang tajam di sisi kiri gambar.

  • Setelah mempersiapkan gambar yang ingin di potong kamu bisa langsung memilih icon pen tool. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa pula dengan menekan tombol P pada keyboard.
  • Pen tool terbagi atas beberapa jenis misalnya saja standard pen tool yakni untuk kurva lurus dengan presisi tinggi
  • Freeform pen tool berfungsi untuk menggambar titik-titik yang ingin ditempatkan sesuai keinginan tanpa harus menyesuaikan jalur seperti standard pen tool
  • Curvature pen tool digunakan untuk kurva dan segmen lurus secara intuitif atau membutuhkan bentuk khusus
BACA JUGA
Cara Menghilangkan Watermark Video

dengan Marquee Pen Tool

  • Apabila sudah mengaktifkan menu pen tool maka saatnya untuk menyeleksi. Pointer akan berubah bentuk seperti ujung pulpen guna menyeleksi gambar. Kaitkan satu titik ke titik lainnya kemudian akhiri dengan menyambungkan ke titik awal tadi

aktifkan menu pen tool

  • Bila sudah selesai tinggal klik kanan kemudian aktifkan menu selection
  • Klik menu edit copy kemudian menu edit lagi dan tekan paste. Untuk menyimpan gambar yang dipotong tinggal pilih menu file kemudian export as format yang diinginkan. Apakah bentuk PNG, JPG, PDF atau GIF dan lain sebagainya

Pen tool sangat cocok untuk gambar yang tidak memiliki banyak lekukan. Bisa pula untuk memotong gambar yang memiliki bentuk lengkungan.

4. Quick Selection

Apabila kamu tidak ingin repot untuk menyeleksi maka bisa dengan quick selection. Menu ini dapat menyeleksi gambar dengan sangat cepat. Bagian objek gambar yang ingin dipotong bisa dalam bentuk apapun.

  • Buka dahulu file gambar yang ingin dipotong kemudian aktifkan menu quick selection dengan cara tekan tombol W pada keyboard. Kamu juga bisa mengklik icon quick selection yang ada di sisi kiri gambar

dengan quick selection

  • Arahkan pointer ke tengah gambar yang ingin dipotong. Nantinya akan muncul garis putus-putus sebagai tanda bagian yang ingin diseleksi.

Arahkan pointer ke tengah gambar

  • Apabila sudah selesai menyeleksi bagian gambar yang ingin dipotong maka tekan CTRL+X untuk memotong gambar terseleksi tadi. Apabila yang diseleksi ingin diambil dan dipindahkan maka aktifkan icon move tool dan tarik gambar ke halaman dimana gambar ingin diletakan

Quick selection tool sangat cocok untuk gambar yang memiliki lekukan tak menentu. Disarankan saat menyeleksi tahan kursor dan arahkan ke bagian yang ingin terseleksi. Dengan begitu hasil seleksi tetap rapi dan tak lari ke bagian yang tidak seharusnya.

BACA JUGA
Cara Memperkecil Ukuran Video

5. Magic Wand

Cara memotong gambar di photoshop selanjutnya bisa dengan magic wand tool. Perbedaan magic wand tool dengan quick selection ialah magic wand mampu mendeteksi warna. Alhasil objek bisa terotomatis terseleksi dengan area yang memiliki kesamaan warna.

  • Aktifkan menu magic wand tool yang ada di sisi kiri gambar

dengan magic wand tool

  • Apabila ingin menghapus background maka klik bagian background
  • Pastikan layer tidak dikunci ya lalu aktifkan icon erase tool atau tekan tombol E pada keyboard
  • Atur ukuran penghapus kemudian arahkan pointer ke background untuk menghapusnya

Magic wand tool berada satu menu dengan quick selection sehingga untuk mengaktifkannya bisa dengan menekan tombol W. semakin besar nilai cakupan warna maka semakin luas wilayah yang akan diseleksinya.

Cara memotong gambar di photoshop terdapat 5 fitur yang bisa didayagunakan. Kamu bisa memotong gambar dengan pen tool atau dengan magic wand tool. Tak ingin repot menyeleksi ada pula quick selection. Tinggal pilih fitur mana yang paling kamu butuhkan.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published.