Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

5 min read

Keyboard merupakan salah satu perangkat paling dibutuhkan pada sebuah komputer atau laptop. Namun, tidak menutup kemungkinan tiba-tiba keyboard laptop yang sedang kamu gunakan mengalami kendala. Lalu, bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik?

Namun, sebelum mengetahui bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, alangkah baiknya kamu juga mengetahui penyebab keyboard laptop yang rusak pada umumnya, ya! Dengan demikian, kamu dapat mengantisipasinya di kemudian hari.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian atau rusak total. Memang, tidak dapat dipungkiri kerusakan pada keyboard sering kali terjadi karena hal-hal sepele yang kurang terlihat.

Misalnya saja seperti sering terkena air atau debu yang sudah menumpuk di sela-sela keyboard. Pada artikel ini, akan diulas mengenai beberapa penyebab dan cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Yuk, disimak!

Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Umumnya, terdapat dua hal penyebab keyboard laptop yang tidak berfungsi, yaitu antara lain karena masalah yang terjadi pada software atau hardware dari laptop. Untuk mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang error, alangkah baiknya kamu menyimak beberapa penyebab umum berikut ini!

  • Tidak Sengaja Terkena Air Secara Berlebihan

Bagi kamu yang sering bekerja menggunakan laptop, pastinya sering kali lebih memilih untuk menyediakan air di meja kerjamu, bukan? Namun. bagaimana jika kamu tidak sengaja menjatuhkan air minum tersebut ke keyboard laptopmu?

Mungkin, kecerobohan itu tidak akan berdampak banyak jika air yang mengenai keyboard laptopmu sedikit. Namun, hal tersebut akan memberikan dampak yang berbeda jika air yang mengenai keyboard laptopmu itu cukup banyak karena akan berdampak pada komponen keyboard yang error.

  • Terpapar dengan Debu atau Benda Asing

Siapa nih di antara kamu yang hobinya menggunakan laptop saja, tetapi malas untuk membersihkannya? Beragam komponen di laptop seperti mainboard, fan, dan ventilasi udara mungkin terdengar sepele, tetapi tahukah kamu bahwa komponen tersebut wajib kamu jaga kebersihannya?

Tak terkecuali dengan keyboard, lho! Bagi kamu yang belum tahu, keyboard umumnya memiliki jalur sirkuit yang sangat kecil dan tipis. Hal inilah yang menyebabkan komponen ini rentan terhadap debu, kotoran, dan beberapa benda asing lainnya yang berpotensi menyebabkan keyboard tidak berfungsi.

  • Gangguan Software

Tahukah kamu, bahwa ternyata beberapa software yang bisa kamu install pada laptop kemungkinan besar bisa tidak kompatibel dengan keyboard laptopmu. Hal inilah yang menyebabkan ketika kamu menggunakan keyboard pada software tersebut, keyboard laptopmu seolah-olah mengalami error.

  • Gangguan Hardware

Berbeda dengan di bagian hardware, pada bagian ini kemungkinan besar disebabkan karena bantalan keyboard laptopmu yang sensitivitasnya mulai turun atau longgar.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak atau Errror

Lantas, bagaimana kalau ternyata keyboard laptopmu sudah mengalami kerusakan tanpa tahu penyebabnya? Kira-kira apa saja ya cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi? Biar kamu gak penasaran, mari langsung simak cara memperbaiki keyboard laptop berikut ini!

1. Periksa Bagian Num Lock

Num Lock

Tahukah kamu, ternyata penyebab keyboard yang tidak berfungsi dengan semestinya terkadang secara tidak sengaja disebabkan oleh penggunanya sendiri? Salah satu yang paling umum terjadi adalah aktifnya Num Lock karena kamu menekan kombinasi tombol tertentu.

Bagi kamu yang belum tahu, fungsi Num lock sendiri adalah untuk mengkonversi bagian keyboard utama yang berperan sebagai keypad numerik. Alhasil, Ketika Num Lock aktif, maka hampir sebagian keyboard tidak berfungsi dengan normal.

Hal tersebut ditunjukkan dengan karakter yang keluar biasanya akan berbeda dengan tombol yang kamu tekan pada keyboard. Salah satu cara memperbaiki keyboard laptop yang tiba-tiba mengalami error adalah dengan menonaktifkan Num Lock, yaitu dengan cara seperti berikut ini.

  • Tekan kombinasi tombol pada keyboard, yaitu tombol Fn dengan NumLk secara bersamaan.
  • Jika kombinasi kedua tombol tersebut tetap tidak menonaktifkan Num Lock, maka cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya adalah dengan menghubungi customer support yang sesuai dengan merk laptopmu untuk mengetahui cara mematikan Num Lock yang tepat.

2. Bersihkan Keyboard Laptopmu

Bersihkan Keyboard

Pernahkah kamu mengalami kendala di mana beberapa tombol keyboard tidak berfungsi sebagian maupun total, tetapi tombol yang lainnya masih dapat digunakan secara normal? Kemungkinan besar hal ini disebabkan karena debu yang menumpuk sehingga menghambat kinerja dari keyboard laptopmu.

Oleh sebab itu, salah satu cara memperbaiki keyboard laptop yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyingkirkan debu tersebut dengan cara yang tepat dan benar. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan antara lain seperti:

  • Pastikan laptop kamu berada di posisi tidak menyala.
  • Miringkan laptop pada sudut 75 sampai 90 derajat.
  • Ketika posisi laptop miring, goyang-goyangkan laptop kamu untuk menyingkirkan debunya.
  • Kemudian, kamu dapat membersihkan bagian bawah dan atas keyboardnya dengan menggunakan selotip.
  • Terakhir, lakukan pemeriksaan kembali, apakah semua tombol sudah bekerja seperti semula atau belum.

3. Lakukan Restart Laptop

Lakukan Restart Laptop

Jika keyboard laptopmu tiba-tiba tidak berfungsi sama sekali, kemungkinan besar masalahnya terletak software/driver. Untuk mengatasi hal tersebut dapat kamu lakukan, cara memperbaiki keyboard laptop yang ketiga adalah dengan me-restart laptop yang kamu gunakan.

Terkadang, software laptopmu bisa mengalami error secara tiba-tiba yang menyebabkan perangkat keras yang terhubung dengan laptopmu tidak berfungsi seperti keadaan normalnya.

Umumnya, dengan me-restart laptop merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dialami oleh laptopmu, tak terkecuali perihal keyboard yang error.

Namun, jika kamu tidak bisa melakukan restart melalui menu start seperti biasanya, cobalah untuk menekan tahan tombol power selama 5-15 detik dan tunggu laptop akan restart secara otomatis.

4. Restore Windows

Untuk cara kali ini dapat kamu lakukan keyboard laptopmu berhenti bekerja setelah kamu meng-install aplikasi baru atau melakukan perubahan yang kurang sesuai pada pengaturan laptopmu. Jika kamu mengalami kendala yang sama, alangkah baiknya kamu menerapkan cara memperbaiki keyboard laptop yang keempat, yaitu dengan melakukan restore Windows.

System Restore atau Restore Windows sendiri berfungsi agar kamu dapat mengembalikan sistem laptopmu ke kondisi sebelum laptop mengalami error.

Jika ternyata penyebab keyboard laptop tidak berfungsi karena masalah software, maka kemungkinan cara ini dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Bagi kamu yang belum tahu, berikut beberapa tahapan untuk memulihkan sistem Windows sebagai salah satu cara memperbaiki keyboard laptop.

  • Langkah pertama, pada bagian pojok kiri bawah terdapat tombol “Search” yang dapat digunakan untuk mencari berbagai macam aplikasi dan software yang terdapat pada laptopmu. Kemudian, ketik dan pilih “Control Panel” pada bagian yang tersedia.
    Restore Windows
  • Kemudian, akan muncul tampilan berbagai menu yang tersedia di “Control Panel”, pada bagian “System and Security” pilih di bagian “Backup and Restore”.
    Backup and Restore
  • Selanjutnya, pada tampilan halaman menu berikutnya, kamu dapat memilih di bagian “Recover system settings or your computer”.
    Recover system settings
  • Langkah terakhir, kamu dapat memilih menu “Open System Restore”.
  • Setelah melewati beberapa tahapan tersebut, selanjutnya kamu hanya tinggal mengikuti “Wizard” sederhana untuk melakukan restore Windows pada laptop kamu dan secara otomatis laptopmu akan melakukan reboot.

Jika memang masalah pada keyboard laptopmu itu karena masalah sistem, seharusnya keyboard mu sudah kembali normal setelah melakukan reboot.

5. Lakukan Perbaikan Driver

Masalah selanjutnya yang bisa menjadi penyebab keyboard laptop yang error adalah karena terjadi kerusakan pada driver. Hal tersebut kemungkinan besar dapat terjadi ketika kamu meng-install software yang di dalamnya terdapat bug ataupun virus.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga masalah pada keyboard terjadi karena driver keyboard laptop kamu tidak up-to-date yang menyebabkan jalannya sistem kurang baik.

Untuk cara memperbaiki keyboard laptop dengan masalah seperti ini adalah cukup dengan melakukan pemeriksaan terhadap driver keyboard laptop kamu, apakah bekerja dengan baik atau tidak. Beberapa tahapan untuk memeriksa driver yaitu sebagai berikut!

  • Langkah pertama, hampir sama seperti ketika kamu ingin melakukan reboot sebelumnya, pada bagian pojok kiri bawah terdapat tombol “Search” dan ketik lalu pilih “Device Manager” pada bagian yang tersedia.
    Lakukan Perbaikan Driver
  • Setelah itu, akan muncul tampilan menu dari” Device Manager”. Coba scroll dan cari driver “Keyboard” di pilihan menu-menu yang tersedia. Kemudian, pilih ikon “Collapse” yang berada di sebelah kiri dari menu tersebut.
    Collaps
  • Ketika kamu menemukan atau melihat ikon “segitiga tanda seru” berwarna kuning di pilihan menu driver keyboard. Maka, hal tersebut menandakan driver keyboard yang kamu gunakan sedang bermasalah.
  • Untuk mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya kamu melakukan update driver dengan cara klik kanan lalu pilih “Update Driver Software”.
  • Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti beberapa instruksi yang muncul pada layar laptop kamu.

6. Bawa ke Service Center Resmi

Service Center Resmi

Ketika semua cara memperbaiki keyboard laptop di atas tidak ada yang berhasil, kemungkinan besar berarti masalahnya terletak di bagian hardware. Alangkah baiknya kamu membawa keyboard laptop tersebut ke service center resmi terdekat.

Umumnya, masalahnya terletak pada bagian kawak-kawat kecil, seperti kabel pita yang terputus dan pastinya masih mudah diperbaiki. Namun, jika ternyata masalahnya lebih rumit dan biaya perbaikannya mahal.

Maka, alangkah baiknya kamu mempertimbangkan matang-matang untuk menentukan antara kamu akan memperbaiki atau membeli keyboard baru untuk mengganti keyboard laptop yang sudah rusak.

Itulah dia beberapa penyebab dan cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi, kurang responsif, atau rusak yang bisa kamu praktikkan secara mandiri di rumah masing-masing.

Memang, terjadinya error pada perangkat lunak memang tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, itulah mengapa sangat penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab keyboard laptop mengalami kerusakan dan cara paling tepat untuk memperbaikinya. Semoga dapat membantumu, ya!

Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!