Cara Mempercepat Koneksi WiFi

4 min read

cara mempercepat koneksi wifi android

Cara mempercepat koneksi WiFi yang efektif, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan Windows 10,  untuk di PC, Laptop dan HP Android. Walaupun sebenarnya, banyak juga cara lain yang sama efektifnya.

Namun untuk dapat mengetahui solusi dari kendala tersebut, sebaiknya mengetahui juga penyebab dari lambatnya koneksi yang terjadi. Penyebab yang paling umum adalah, kecepatan yang berkurang karena terlalu banyak pengguna secara bersamaan.

Apalagi jika lokasi hotspot merupakan zona publik seperti perkantoran, cafe, rumah sakit, dan juga tempat pribadi seperti hunian. Beberapa provider internet, seperti Indihome maupun Speedy, tetap memiliki jangkauan dan kapasitas terbatas dalam pelayanannya.

Pada artikel ini, akan diulas mengenai beberapa tips, yang dapat menjadi solusi, sebagai cara mempercepat koneksi WiFi, dimanapun lokasinya. Baik di PC, maupun HP Android.

Penyebab Kenapa WiFi Lemot

Setiap pengguna internet pasti pernah mengalami situasi WiFi lemot di PC, Laptop atau HP Android, sekalipun sinyal penuh. Penyebabnya bukan selalu karena provider seperti Indihome maupun Speedy, tapi bisa juga karena hal-hal lainnya, seperti ulasan di bawah ini.

  • Koneksi Internet Yang Bermasalah

Jika jaringan tetap lemot, langkah yang dapat dilakukan adalah memeriksa kecepatan internet, dengan cara menyambungkan kabel Ethernet di PC. Cara ini juga dapat dilakukan pada laptop tentunya.

Saat terhubung dengan Ethernet dan kecepatannya terbilang normal, ada kemungkinan, kesalahan ada di posisi router WiFi nya. Namun jika internet tetap tidak terkoneksi, maka kemungkinan besar permasalahan terdapat pada provider.

  • Salah Menempatkan Router WiFi

Pada saat mencoba koneksi internet dengan cara memasang kabel Ethernet di PC atau laptop, lihatlah seberapa besar kelancarannya. Jika ternyata lancar, besar kemungkinan hanya salah penempatan pada posisi router WiFi nya.

Koneksi internet dapat menjadi lambat, jika router WiFi ditempatkan pada posisi yang dapat mengganggu sinyal. Contohnya seperti di lantai, terlalu jauh dari perangkat, dekat jendela, terlalu dekat dengan barang elektronik lain, dan di ruangan tertutup.

  • Terlalu Banyak Pengguna Dalam Waktu yang Bersamaan

Sebenarnya WiFi dapat digunakan oleh banyak pengguna, selama masih berada di wilayah jangkauan router tersebut. Namun permasalahannya adalah, hal tersebut bisa saja menjadi penyebab dari lambatnya koneksi.

Pada tempat umum seperti cafe, hotspot biasanya menggunakan sistem password. Maksudnya adalah, agar  tidak semua orang dapat memasuki wilayah router wifi yang digunakan. Selain itu, juga dapat menjadi solusi, sebagai cara mempercepat koneksi WiFi

  • Melakukan Download Dengan Kapasitas Besar

Kebiasaan mendownload suatu file dengan kapasitas besar, juga dapat menyebabkan lemotnya koneksi WiFi. Penyebabnya adalah, secara otomatis, WiFi akan memusatkan semua sinyalnya, selama proses download berjalan.

Intinya, saat sedang bekerja di PC maupun laptop dan juga HP Android, hindari mendownload sesuatu, yang dapat menghabiskan kapasitas. Sebaiknya pilih waktu untuk mendownload, saat sedang tidak menggunakan internet.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Dengan Windows 10 di PC

Untuk mengatasi lemotnya internet, ada beberapa cara mempercepat koneksi WiFi di PC atau laptop, yang menggunakan Windows 10. Cara ini terbilang cukup mudah dan efektif penerapannya, dengan langkah-langkahnya berikut ini.

1. Non Aktifkan Fitur Windows Auto-Tuning

Windows 10 memiliki fitur yang cukup berbeda dengan versi sebelumnya, dimana salah satunya adalah ‘Windows Auto-Tuning’. Fungsinya adalah untuk meningkatkan performa dari program yang menampung data TCP.

Karena fitur ini memang telah diaktifkan secara otomatis, sehingga membuat koneksi WiFi di Windows 10 menjadi lemot. Solusi terbaik sebagai cara mempercepat koneksi WiFi adalah, dengan mendisable, atau non aktif fitur tersebut. Caranya akan dijelaskan berikut ini.

  • Tahap pertama, lakukan klik kanan pada menu ‘Start’, kemudian pilih menu ‘Run’.

Menonaktifkan Fitur Windows 10 Auto-Tuning

  • Setelah halaman ‘Run’ terbuka, ketiklah ‘CMD’, dan ‘Enter’.

Ketik CMD Di PC

  • Kemudian, halaman ‘CMD’ akan tampil dengan otomatis.
  • Sebelum mendisable fitur Windows Auto-Tuning, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu. Tujuannya, untuk memastikan  fitur tersebut dalam keadaan tidak aktif. Caranya, ketik ‘netsh interface tcp show global’, dan tekan ‘Enter’.

Ketik Netsh Interface Tcp Show Global di PC

  • Setelah itu, akan terlihat statusnya. Jika aktif, maka akan ada tampilan ‘Normal/Enable’ pada fitur tersebut.

Status Aktif Pada Receive Window 10 Auto-Tuning Level

  • Untuk membuatnya tidak aktif, ubah statusnya menjadi ‘Disable’.
  • Lanjutkan dengan mengetik  ‘netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled’ untuk membuat fitur tersebut menjadi Non Aktif, lalu tekan ‘Enter’.

Non Aktifkan Receive Window 10 Auto-Tuning Level

  • Pada screen akan tampil tulisan ‘OK’,  jika fitur sudah menjadi Non Aktif. Setelah itu, lakukan restart terlebih dahulu, untuk memastikan kecepatan WiFi kembali normal.

2. Mengatur Batas Bandwith Pada Internet

Cara yang kedua adalah, dengan membatasi penggunaan bandwidth pada internet. Dalam keadaan posisi  default, Windows akan menggunakan 20 persen dari kapasitas bandwith internet. Artinya, sekitar 80 persen lah, yang dapat digunakan.

Jika ingin memaksimalkan penggunaannya hingga 100 persen, maka cara mempercepat koneksi WiFi di PC adalah:

  • Buka halaman ‘Run’, dengan cara menekan tombol Windows dan R di keyboard, kemudian ketik  ‘gpedit.msc’, dan klik ‘OK’.

Ketikan 'gpedit.msc' Pada Windows 10

  • Setelah itu, akan tampil halaman ‘Group Policy’. Klik dua kali pada pilihan ,Computer Configuration’,yang terletak di bagian kiri.

Menu Computer Configuration Di PC

  • Selanjutnya, pilih menu ‘Administrative Template’.

Administrative Template Di PC

  • Terus lanjutkan dengan memilih menu ‘Network’, kemudian pilih menu ‘QoS Packet’.

Menu Network Di PC

  • Lanjutkan lagi dengan memilih menu ‘Limit reservable bandwidth’. Setelah itu, akan tampil halaman baru.

Limit Reservable Bandwith Pada Windows 10

  • Setelah halaman ‘Limit reservable bandwidth’ tampil, klik untuk memilih ‘Enabled’. Dan pada pilihan limit (%), segera ubah angkanya dari 80 menjadi 0.

Tingkatkan Bandwith Limit

  • Terakhir, klik menu ‘Apply’, dan lanjutkan dengan klik ‘OK’.

3. Non Aktifkan Update Otomatis

WiFi pada Windows 10 dapat juga menjadi lemot, karena fitur update otomatis yang selalu menyala. Sebaiknya dimatikan saja, dan diubah menjadi manual. Walaupun fitur ini banyak sekali kelebihannya, namun pastinya akan mempengaruhi kinerja dari internet di PC

Ikuti langkah-langkah berikut ini, untuk mematikan Update Otomatis, dan juga sebagai salah satu cara mempercepat koneksi WiFi

  • Klik simbol ‘Search’ pada taskbar, kemudian ketik ‘Control Panel’ dan klik dua kali.

  • Ketika halaman ‘Control Panel’ sudah terbuka, ketik ‘Administrative Tools’ pada bagian kotak pencarian.

Menu Administrative

  • Setelah halaman ‘Administrative Tools’ terbuka, klik dua kali pada pilihan ‘Service’.

  • Carilah bagian ‘Windows Update’, kemudian klik dua kali pada pilihan tersebut.

Menu Windows 10 Update

  • Akan tampil halaman ‘Windows Update Properties’. Pada menu ‘Service Status : Running’, klik menu ‘Stop’. Selanjutnya, Windows akan menghentikan penggunaan bandwidth dengan otomatis.

Menghentikan Kerja Bandwith Pada Windows 10

  • Jalankan menu ‘restart’, dan coba cek kembali kecepatan internetnya.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Di Android Tanpa Aplikasi

Banyak sekali upaya yang dapat dilakukan, sebagai cara mempercepat koneksi WiFi di Android tanpa aplikasi apapun. Cara ini dapat dilakukan pada semua jenis Android, termasuk HP Xiaomi.

1. Lakukan Penyetingan Untuk Menghindari Koneksi Yang Buruk

Cobalah lakukan penyetingan di Android dengan cara menghindari WiFi dari koneksi buruk. Maka secara otomatis, WiFi hanya akan terkoneksi, dengan jaringan yang baik.

Untuk langkah-langkahnya, adalah sebagai berikut:

  • Buka  menu Settings.
  • Kemudian Pilih menu WiFi.
  • Pilihlah menu Advanced Settings.

Penyetingan Untuk Menghindari Koneksi Yang Buruk

Pada tampilan, akan terlihat kotak dengan centang, sebagai pilihan untuk menghindari koneksi yang buruk. Solusi ini terbilang cukup mudah, sebagai cara mempercepat koneksi WiFi.

2. Nyalakan Data Saver

Langkah berikutnya adalah dengan cara mengaktifkan menu ‘Data Saver’. Mekanisme ini cukup efektif, sebagai salah satu cara mempercepat koneksi WiFi di Android. Menu ini memiliki fungsi dapat menghemat data agar lebih terkontrol, dan mempercepat kinerja browser.

Menu ‘Data Saver’ sendiri, ada di dalam fitur ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’. Cukup langsung membukanya, dan terdapat beberapa pilihan menu, yang salah satunya adalah  ‘Data Saver’ yang belum di aktifkan.

Nyalakan Data Saver di Android

3. Melakukan Pengaturan Pada IP Sambungan WiFi

Cara mempercepat koneksi WiFi di Android tanpa aplikasi berikutnya adalah, dengan cara melakukan perubahan pengaturan IP pada WiFi. Tahapan langkahnya, akan dijelaskan pada ulasan berikut ini.

  • Pastikan HP sudah tersambung dengan jaringan WiFi.
  • Pada menu ‘bar’, ketuk dan tahan sebentar pada ikon ‘WiFi’.
  • Kemudian, ketuklah ikon ‘tanda seru’ terdapat di bagian samping, setelah WiFi tersambung.

Pengaturan Pada IP Sambungan WiFi

  • Kemudian, ubah menu ‘Opsi Pengaturan IP’ menjadi Statik .
  • Selanjutnya, pada menu ‘Opsi Alamat IP’, rubahlah 2 atau 3 angka yang terakhir, atau angka setelah titik.
  • Contohnya, alamat IP 192.168.43.57 atau pada dua angka setelah titik yang terakhir, yang diubah adalah angka 57. Dapat diubah dengan angka pilihan sendiri, seperti 70,85, dan angka lainnya.

Klik Pengaturan IP

  • Ubahlah, dan juga sesuaikan hingga mencapai kecepatan WiFi yang cukup stabil dan maksimal.

Kesimpulan

Lambatnya suatu jaringan Internet, dapat terjadi dengan berbagai alasan. Baik koneksi yang terdapat di PC maupun Android, termasuk juga di HP Xiaomi. Cara mempercepat koneksi WiFi memang dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Menghubungi provider internet, bukanlah solusi satu-satunya yang dapat dilakukan. Masih banyak sekali cara mempercepat koneksi WiFi yang dapat dilakukan secara mandiri. Salah satu diantaranya, bahkan bisa tanpa menggunakan aplikasi apapun.

Novianti Lavlia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!