Cara Mengatasi Laptop Lemot

4 min read

Ketika kinerja laptop melambat tentunya hal tersebut bisa membuat pekerjaan kamu terganggu dan kamu harus segera mengatasinya, namun kamu tidak mengetahui tentang cara mengatasi laptop lemot.

Memang apapun spesifikasi laptop yang dimiliki, biasanya semakin lama kita menggunakannya maka performanya akan semakin menurun. Ketika kamu membuka aplikasi misalnya, tidak secepat ketika pertama kali kamu membelinya.

Hal ini adalah wajar dan seperti halnya perangkat elektronik yang lainnya, laptop juga bisa mengalami penurunan performa sekalipun spesifikasi yang dimiliki tinggi. Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop lemot tersebut ?

Sebelum ke pembahasan caranya, sebaiknya kamu tau dulu penyebab laptop lemot. Apa aja ? simak pembahasannya dibawah ini:

Penyebab Laptop Lemot

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab laptop kamu menurun kinerja dan performanya dan biasanya memiliki berikut ini yang menjadi penyebab laptop menurun kinerja dan performanya.

Sebelum menuju pembahasan cara mengatasi laptop lemot kita baiknya mengenali penyebabnya. Diantaranya adalah

  • Hardisk yang harus segera diganti, semakin tua usia hardisk laptop kamu tentunya akan mempengaruhi kinerja dan performa laptop kamu.
  • Mungkin kamu juga jarang membersihkan bagian dalam laptop, sehingga debu terakumulasi di setiap bagian laptop. Kipas yang ada pada laptop menghisap debu dalam jumlah yang cukup banyak. Jika debu sudah terlalu banyak maka laptop akan mengalami penurunan kinerja bahkan mungkin rusak.
  • Start Up Program yang banyak sehingga laptop mengaktifkan banyak software dalam background secara otomatis ketika laptop dinyalakan.
  • Hardisk sudah terlalu penuh, kapasitas hardisk yang sudah mencapai 95% biasanya akan menurunkan performa dan kinerja laptop.
  • Laptop yang sudah terlalu lama dipakai juga menjadi salah satu penyebab laptop mengalami penurunan kinerja, bisa dibilang memang tidak ada perangkat keras yang diciptakan dengan sempurna, semua perangkat keras memiliki masa pakainya sendiri. Sehingga wajar jika kamu sering menggunakannya dan bergerak kesana kemari, maka usia pakai perangkat tersebut akan berkurang juga.

Sebenarnya masih banyak penyebab lainnya, namun poin diatas yang paling banyak terjadi dikalangan pengguna laptop. Dengan kamu mengetahui penyebabnya, maka kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk melakukan perbaikan.

Di Dalam artikel ini, akan ada tutorial cara mengatasi laptop lemot. Dibawah ini langkah mudahnya silahkan ikuti sampai selesai.

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara mengatasi laptop lemot ini bisa kamu lakukan di berbagai macam sistem operasi, baik itu pada windows 10, windows 7 maupun windows 8. Bahkan jika kamu menggunakan sistem operasi selain windows juga bisa kamu terapkan cara-caranya.

1. Hapus Aplikasi yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Hapus Aplikasi Tidak Dipakai

Kadang orang yang memiliki laptop tidak bisa menahan hasratnya untuk mencoba berbagai aplikasi yang ada. Tapi, jika kamu terlalu banyak install aplikasi, penyimpanan akan menjadi penuh dan seperti yang sudah dijelaskan bahwa penyebab laptop lemot adalah HDD yang sudah penuh.

Salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah kamu harus uninstall aplikasi yang sekiranya sudah tidak dipakai lagi. Kamu bisa terlebih dahulu menyeleksi aplikasi yang sudah tidak terpakai tersebut, maka dari itu pakai aplikasi yang memang dibutuhkan saja.

Cara mengatasi laptop lemot satu ini bisa dibilang adalah cara yang paling mudah, karena kamu tidak perlu menggunakan teknik khusus dan kamu juga tidak perlu melakukan install ulang.

Jadi dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai, akan membuat laptop lancar dan sering not responding tidak akan terjadi lagi. Cara uninstall juga cukup mudah, kamu hanya perlu klik di salah satu aplikasi dan klik tombol uninstall.

2. Gunakan Aplikasi yang Sesuai

Pastinya kamu mengetahui spesifikasi laptop yang kamu miliki. Jika kamu sudah mengetahui spesifikasi laptop kamu sendiri maka jangan paksakan kemampuan laptop kamu dengan menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan kemampuannya.

Misalnya saja, kamu install game berat yang dimana game tersebut sebenarnya terlalu membebani processor dan RAM laptop kamu. Jika dipaksakan terus tentunya akan membuat laptop menjadi lemot.

Lalu, bagaimana solusinya ? Ya itu tadi, jangan memaksakan kemampuan laptop. Kamu harus menggunakan aplikasi yang cocok dengan spesifikasi laptop kamu. Jika kamu ingin tetap menggunakan aplikasi berat tersebut, maka laptop kamu harus di upgrade.

Ini adalah cara mengatasi laptop lemot dengan mudah. Karena dengan kamu menempatkan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi yang tepat, maka kamu akan terhindar dari laptop lemot dan kinerjanya juga semakin terawat

Tapi, bagaimana jika kamu belum mengetahui spesifikasi laptop kamu ? Gampang, kamu bisa cek sendiri caranya adalah kamu mengetikan di kolom search di start button dengan mengetikan RUN, lihat gambar dibawah ini:

mengetikan RUN

Selanjutnya klik tools Run tersebut, nanti akan muncul toolnya sebagai berikut:

klik tools Run

Di kolom tersebut ketikan ‘dxdiag’ nanti akan muncul halaman berikut (jika muncul pop up directx diagnostic tool, maka klik saja yes).

diagnostic tool

Di halaman diatas terdapat informasi spesifikasi laptop kamu dimulai dari kapasitas RAM, Processor yang digunakan sampai VGA yang digunakan. Nah informasi tersebut kamu cocok kan dengan system requirement aplikasi yang akan kamu pakai.

3. Gunakan Media Penyimpanan SSD

Ini mungkin yang disebut upgrade laptop, tapi yang di upgrade disini hanya media penyimpanannya saja. Tapi memang jika diperlukan dan masalahnya terletak pada HDD nya, sebagai langkah awal kamu bisa melakukan defrag untuk membersihkan dan mengembalikan seperti semula.

Jika cara tersebut tetap tidak berhasil dan laptop kamu juga masih lemot maka cara lainnya adalah kamu harus mengganti HDD lama kamu dengan perangkat SSD. Dengan kamu menggunakan SSD, maka proses booting akan menjadi jauh lebih cepat dan responsive.

Sehingga perangkat yang satu ini bisa meningkatkan performa laptop kamu.

4. Jangan Terlalu Memaksimalkan Kinerja RAM Laptop Kamu

Maksimalkan Kinerja RAM

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah jangan terlalu memaksimalkan kinerja RAM. Misalnya saja, kamu saat membuka aplikasi editing video, kadang kita juga sambil membuka aplikasi lainnya missal aplikasi pemutar mp3 dan browser dengan banyak tab.

RAM sebenarnya sudah terbebani dengan aplikasi editing tersebut, tapi RAM juga harus membagi kinerjanya dengan mengatasi aplikasi berat lainnya. Maka kamu perlu menyesuaikan penggunaan RAM nya dan penggunaan aplikasi yang sesuai.

Bagaimana cara memonitor kinerja RAM agar tidak terlalu maksimal dipakai ? Mungkin kamu bisa mengaktifkan task manager agar kamu bisa melihat penggunaan RAM ketika kamu menjalankan aplikasi sekaligus.

Caranya isikan ‘task manager’ di kolom search dibawah

Selanjutnya klik tool task manager tersebut, nanti akan muncul halaman berikut:

Dari tampilan informasi di atas kamu bisa memonitor kinerja RAM kamu apakah sudah melebihi kemampuannya atau tidak. Pada kasus gambar diatas, RAM baru terpakai sebanyak 75% dan itu masih aman. Jika sudah 95% itu sudah maksimal dan sebaiknya diturunkan.

5. Bersihkan Aplikasi Saat Start Up Laptop

Bersihkan Aplikasi

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah membersihkan laptop dari aplikasi ketika sedang start up.

Mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah jika kamu menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi yang besar. Lalu bagaimana caranya ? Gampang, caranya kamu buka task manager dengan tuliskan task manager nanti akan muncul task manager.

Di halaman tersebut kamu bisa mendisable beberapa aplikasi yang sekiranya kurang diperlukan, caranya klik kanan lalu klik disable. Seperti gambar dibawah ini:

klik disable

6. Gunakan Disk Defragment Tool

Salah satu cara mengatasi laptop lemot ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Intinya sih, semakin banyak aplikasi yang ada pada laptop, biasanya memang akan semakin lemot kinerjanya.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan sebuah tool bawaan dari windows yaitu Disk Defragment yang terdapat di control panel.

Cara menggunakannya adalah Klik di salah satu partisi hardisk (Drive C, Drive B, Drive A dll) Tapi biasanya drive yang didalamnya ada sistem operasi. Misalnya saja disini saya klik kanan di drive C, karena disana sistem operasi laptop saya terpasang, lalu klik Properties. Lihat gambar dibawah ini:

Disk Deframent Tool

Selanjutnya, klik tab tools yang ada di properties dan klik optimize.

klik optimize

Kemudian nanti akan muncul optimize drive disana ada pilihan drive yang akan di optimize, pilih drive C lalu klik tombol Optimize untuk melakukan defragment.

Selanjutnya tunggu sampai proses defragment selesai, lamanya proses defragment tergantung kepada jumlah data yang di pindai. Tapi kamu bisa memberhentikan jika dirasa perlu dengan klik tombol stop disana.

Nah itu beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu coba. Cara tersebut gampang karena tanpa aplikasi tambahan, justru kamu harus memilih aplikasi mana yang memang sering dipakai.

Intinya ketika laptop kamu mengalami kendala lemot, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab dan masalah yang menyebabkan laptop kamu lemot. Supaya kamu bisa menemukan solusi yang tepat dan efektif.

Selamat mencoba ya !

Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!