Cara Mengekstrak File

3 min read

Cara Mengekstrak File

Bagi kalian yang sering menggunakan komputer atau laptop untuk kegiatan sehari-hari, pasti sudah tidak asing lagi dengan file ZIP, RAR, EXE, dan ISO. Untuk bisa membuka file seperti ini, kalian harus mengerti terlebih dahulu cara mengekstrak file.

ZIP, RAR, EXE, dan ISO adalah beberapa file yang sudah di-compress menjadi satu folder. Hal ini dilakukan agar data tersimpan dengan lebih rapi dan penggunaannya lebih mudah serta aman dari corrupt.

Walaupun file seperti ini sudah lama dijumpai, masih banyak orang yang belum mengerti cara membukanya.

Padahal, sebenarnya kalian bisa membukanya dengan mudah lho. Asalkan, kalian harus mengerti terlebih dahulu cara mengekstrak file yang benar di laptop maupun di hp.

Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengekstrak file dan semua caranya sangat sederhana. Kalian bisa praktikan langsung, bahkan tanpa aplikasi lho.

5 Cara Mengekstrak File

Ada beberapa cara untuk mengekstrak file yang bisa kalian pelajari. Caranya sangat mudah, bahkan bisa dipraktikan di berbagai sistem operasi dari Windows 7, 8, dan 10. Simak dulu yuk!

1. Menggunakan Aplikasi Winrar

Cara dalam mengekstrak file yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi winrar. Cara ini bisa dilakukan di laptop untuk berbagai sistem operasi dari Windows 7, 8, dan 10.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah cari file yang mau diekstrak. Setelah itu, silahkan klik kanan akan muncul beberapa pilihan yang bisa kalian pilih, yaitu Extract Files, Extract Here, dan Extract To…
BACA JUGA
Cara Reset Printer Canon IP2770

menggunakan aplikasi winrar

  • Satu hal yang membedakan ketiga pilihan tersebut adalah folder tujuan dari file yang akan kalian ekstrak.
  • Silahkan pilih Extract Files apabila kalian ingin menetapkan folder khusus sebagai tempat tujuan untuk meletakkan file yang telah diekstrak. Setelah itu, akan muncul pop up window seperti yang ada di bawah ini.
  • Kalian bisa pilih folder yang akan menjadi tempat untuk meletakkan file yang telah diekstrak. Setelah itu, silahkan klik Ok untuk menyelesaikan prosesnya.

pilih extract files

  • Jika kalian ingin file yang telah diekstrak berada di tempat yang sama dengan file yang belum diekstrak, silahkan pilih Extract Here. Setelah itu, file akan otomatis terekstrak sendiri dan hasil ekstraknya terletak di tempat yang sama.
  • Namun, jika kalian memilih Extract Here semua file yang ada di dalamnya akan terpecah menjadi beberapa file sendiri-sendiri.
  • Sebagai contoh, misalnya di dalam file ZIP atau RAR yang kalian ekstrak ada tiga file. Ketika kalian memilih untuk Extract Here, maka akan ada tiga file yang berbeda-beda setelah diekstrak.
  • Jika kalian merasa bingung, silahkan lihat hasil foto di bawah ini. Dua file di atas merupakan hasil dari ekstrak file di bawah.

pilih extract here

  • Selain itu, kalian juga bisa memilih pilihan yang terakhir, yaitu Extract To. Kalian bisa memilih cara ini jika ingin file hasil ekstrak tetap ada di dalam satu folder yang sama setelahnya.

extract to

  • Coba lihat foto di atas, folder yang ada di bagian atas merupakan hasil dari mengekstrak file yang ada di bawahnya.

2. Menggunakan Open with Winrar

Apabila kalian tidak ingin atau tidak dapat menggunakan cara manual, ada cara lain kok yang bisa dilakukan. Cara untuk mengekstrak file yang berikutnya adalah dengan aplikasi seperti Winrar, Winzip, 7-Zip, dan lain-lain.

BACA JUGA
Cara Reset Printer Epson l360

Di sini, kita akan melihat lebih dalam tentang cara untuk mengekstrak file dengan aplikasi Winrar. Caranya cukup mudah dan sederhana, namun kalian harus punya aplikasinya di laptop atau komputer saja.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah klik kanan pada file yang ingin diekstrak. Lalu, pilih Open with WinRar Archiver.

menggunakan open with winrar

  • Setelah itu, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kalian harus klik ikon Extract To yang ada di bagian atas, sebelah ikon Add.

batch di android

  • Setelah itu, silahkan pilih folder yang akan kalian jadikan sebagai tempat untuk menyimpan hasil ekstrak. Untuk menyelesaikan prosesnya, kemudian klik Ok di bagian bawah.

mengekstrak file di laptop

3. File RAR yang dipassword

Tidak semua file dalam bentuk ZIP atau RAR selalu dalam keadaan yang terbuka. Ada kalanya, kalian akan menjumpai file RAR atau ZIP yang dipassword. Untuk mengekstrak file ZIP yang dipassword, ada caranya sendiri.

Untuk bisa mengekstrak file RAR atau ZIP yang dipassword, kalian akan membutuhkan sebuah aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah iSumsoft RAR Password Refixer.

  • Langkah pertama sebelum memulai, tentunya kalian harus download terlebih dahulu aplikasinya. Setelah itu, silahkan install di laptop atau komputer masing-masing dan buka aplikasinya. Kemudian, klik Open pada kiri atas.

mengekstrak file rar yang dipassword

  • Setelah itu, silahkan pilih file yang akan kalian gunakan untuk diunggah ke dalam aplikasi tersebut. Kemudian, klik Open.

upload file yang akan di ekstrak

  • Lalu, silahkan pilih Normal pada Recovery Type. Setelah itu, klik Start yang ada di sebelah ikon Open.

apk di android

  • Nah, setelah itu, tinggal tunggu prosesnya. Cepat atau lambatnya proses tergantung dari password yang kalian masukkan.

rar di hp xiaomi

  • Setelah proses selesai, password akan muncul dan kalian bisa langsung copy untuk menyalin dan klik Ok.
BACA JUGA
Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

4. Secara Online

Cara lain untuk mengekstrak file dalam bentuk RAR dan ZIP adalah secara online. Cara untuk mengekstrak file yang satu ini cukup mudah, dan bisa dilakukan di sistem operasi manapun karena menggunakan situs.

  • Salah satu situs yang bisa digunakan adalah unzip-online.com/en/zip. Silahkan buka terlebih dahulu situsnya di browser kalian masing-masing. Setelah itu, silahkan pilih file yang mau kalian ekstrak.

mengekstrak file online

  • Setelah mengunggah file yang ingin diekstrak, silahkan klik Uncompress File yang ada di bawahnya.

klik uncompress file

  • Setelah itu, file akan otomatis terekstrak. Prosesnya tidak akan memakan waktu yang lama. Setelah selesai, file yang telah terekstrak bisa langsung diunduh.

unduh file hasil

5. di Android

Tidak hanya di komputer atau laptop saja, kalian juga bisa mengekstrak file lewat ponsel pintar Android. Caranya cukup mudah, bahkan kalian tidak perlu membuka laptop untuk hal ini.

  • Langkah pertama adalah download terlebih dahulu file yang mau kalian ekstrak. Kemudian, cari filenya di File Manager ponsel pintar kalian. Biasanya, ada di bagian Archives.

mengekstrak file di android

  • Kemudian, klik file RAR yang ingin kalian ekstrak. Setelah itu, klik pada ikon tiga titik yang ada di bawah dan pilih Extract Files.

klik file rar

  • Setelah itu, kalian bisa ubah nama dari file tersebut. Jika tidak ingin diubah, tidak perlu diubah ya. Setelah itu, klik Extract untuk menyelesaikan prosesnya.

rar di hp

Itulah 5 cara mengekstrak file yang bisa kalian lakukan di laptop maupun di android dengan atau tanpa aplikasi. Kini, terbukti kan kalo file dengan format zip, rar, exe, dan iso tetap bisa kalian akses dengan mudah tanpa halangan?

Gabriella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *