Cara Mengetahui HP Disadap

3 min read

Cara Mengetahui HP Disadap

Cara mengetahui HP disadap merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari, karena dengan hal itu bisa menghindari dari pengambilan atau pencurian data penting. Ketika HP kalian disadap berarti segala aktivitas yang kalian lakukan akan diketahui oleh si penyadap.

Penyadapan HP bisa dikatakan sebuah tindakan kriminal yang berbahaya. Tindakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab ini sangat merugikan. Oleh karena itu kalian harus berhati hati dan menjaga agar tidak terjadi kepada hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara kerja penyadapan tidak jauh berbeda dengan penipuan. Salah satu contoh pelaku penyadap biasanya mengaku pihak cyber crime sebagai contoh mengaku dari telkomsel atau dari provider lainnya. Bisa juga kadang pura-pura mengaku dari pinjaman online (pinjol).

Cara Mengetahui HP Disadap

Sebelum menghilangkan penyadapan dari HP yang kita miliki, kiranya perlu diketahui ciri-ciri HP yang disadap. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara mengetahui HP disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan ciri berikut ini.

1. Suara Bising/Berisik Atau Bergema

Suara BisingBerisik Atau Bergema

Saat kita melakukan panggilan dan HP terdengar berisik tidak seperti biasanya atau saat HP dalam keadaan diam mengeluarkan sebuah suara yang kekuatan frekuensinya tidak mampu ditangkap oleh indra pendengaran manusia bisa jadi ponsel kita sedang disadap.

Cara untuk mengetahui hal ini bisa dilakukan dengan memeriksa dengungan suara HP yang tidak mampu didengar dengan sebuah alat pendeteksi sensor yang digunakan untuk memeriksa suara dengan frekuensi rendah.

Selain hal itu  kadang juga akan terdengar sebuah suara “klik” pada HP ketika keadaan ponsel tidak digunakan. Jika ada tanda-tanda tersebut segeralah untuk bergegas mengecek HP karena suara yang muncul itu pasti dari para pelaku penyadap.

2. Baterai Bermasalah (Cepat Habis)

Baterai Bermasalah (Cepat Habis)

Ketika baterai cepat habis dan panas tidak seperti biasanya walaupun jarang bahkan tidak digunakan bisa jadi ada sebuah aplikasi jahat yang terpasang secara sembunyi-sembunyi untuk menyadap HP kita.

Hal tersebut diakibatkan HP kita digunakan lebih dari satu orang, dalam artian secara tidak langsung HP kita dibajak dan penyadap menggunakannya tanpa kita menyadarinya. Hal itu yang menjadi penyebab pemborosan pada baterai HP.

Kita bisa memeriksa masalah itu dengan memperhatikan aplikasi yang terpakai dan efeknya terhadap daya tahan baterai lewat pengaturan (setting) pada HP. Ketika penggunaan normal tetapi baterai tetap boros kemungkinan memang benar HP telah dimasuki aplikasi jahat.

3. HP Sering Nyala Atau Tidak Bisa Dimatikan

HP Sering Nyala Atau Tidak Bisa Dimatikan

Ketika keadaan HP tidak lagi seperti biasanya maka HP tersebut perlu untuk diperhatikan dan dicek. Salah satu instrumen kejadian pada masalah ini adalah keadaan HP sering nyala atau menginstall sebuah aplikasi tanpa ada izin dari kita.

Selain itu HP yang telah tersadap biasanya dalam kinerjanya kurang responsif serta sulit untuk dimatikan. Hal ini terjadi karena proses operasi HP sudah diambil alih oleh si penyadap, jadi kemungkinan ketika HP dimatikan pun akan tetap menyala.

Keraguan inni bisa dicek dengan memperhatikan paa proses yang terjadi dalam mematikan HP tersebut. Jika memang terjadi kegagalan saat mematikan HP padahal biasanya mudah untuk dimatikan, maka dapat dipastikan HP sedang disadap.

4. Menerima Pesan Aneh

Menerima Pesan Aneh

Karena banyaknya pesan (SMS) yang masuk ke dalam ponsel kadang kita melupakan dan mengabaikan pesan aneh masuk. Mulai berhati-hatilah dengan pesan yang berisi karakter, digit serta simbol aneh yang memungkinkan kalian terima karena itu tanda penyadapan.

Sebagian dari aplikasi yang digunakan untuk menyadap memungkinkan menerima suatu perintah langsung dari server pusat yang biasanya dalam bentuk pesan yang bertuliskan kode. Pesan ini terkadang digunakan oleh penyadap untuk komunikasi dengan kreator.

Bukan hanya itu, aplikasi penyadap (malware) juga dapat mengirim pesan tanpa kita ketahui. Ketika teman atau anggota keluarga merasa jengkel menerima pesan dari kits berarti HP kita telah disadap dan pelaku ingin menginfeksi perangkat orang terdekat.

5. Terdapat Interferensi Dengan Barang Elektronik

Terdapat Interferensi Dengan Barang Elektronik

Penyadap atau peretas HP biasanya memakai alat yang digunakan untuk menjalankan aksinya salah satunya dengan memanfaatkan frekuensi pada FM radio. Tetapi cara ini mudah untuk diketahui apakah benar HP sedang diretas atau tidak.

Caranya adalah dengan menaruh HP dengan radio kemudian radio tersebut dinyalakan. Saat radio mengeluarkan suara yang sangat tinggi ketika dinyalakan ke dalam bentuk mono, maka  bisa dipastikan kemungkinan besar HP yang kita miliki sedang disadap.

Selain itu untuk mengetahuinya, kita bisa dengan cara mengecek HP kita disadap atau tidaknya melalui pemeriksaan gangguan HP saat posisi didekatkan dengan TV, karena frekuensi yang dimiliki TV yaitu menggunakan saluran jaringan ultra high frequency.

6. Suara Volume Naik Turun Sendiri Saat Menelpon

Suara Volume Naik Turun Sendiri Saat Menelpon

Menggunakan HP memang akan rawan dengan yang namanya penyadapan. Selain mendengar suara berisik atau bergetar ketika sedang melakukan panggilan, akan ada hal lain yang bisa dilihat dan ditandai saat panggilan ketika HP kita disadap.

Salah satunya ialah ditandai dengan volume maupun suara yang sering bergerak naik atau turun sendiri saat panggilan, tanpa kita menambahkan atau mengurangi volume HP saat panggilan tersebut.

Ketika mengalami hal seperti ini, maka kita perlu memeriksa dan waspada, karena ini suatu hal yang ganjil. Jika sudah dipastikan benar penyadapan, kita harus melakukan cara untuk mengatasi HP yang disadap agar bisa mencegah hal buruk yang akan terjadi.

7. Muncul Aplikasi Yang Tidak Kamu Install

Muncul Aplikasi Yang Tidak Kamu Install

Untuk yang terakhir ciri HP yang disadap adalah dengan munculnya aplikasi yang sama sekali kita tidak pernah install. Ciri ini sangat jelas bahwa HP kita sedang disadap karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyadap HP kita.

Ketika ada sebuah kecurigaan yang muncul dengan melihat aplikasi asing yang sama sekali tidak kita kenal dan tidak kita install langkah yang harus kita lakukan adalah langsung menghapus aplikasi tersebut.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan langsung menginstall aplikasi asing tersebut di HP kita. Ini bisa efektif menghentikan penyadapan jika memang terbukti kebenarannya bahwa aplikasi asing tadi merupakan aplikasi yang digunakan untuk meretas HP kita.

Itulah beberapa cara mengetahui HP disadap. Sebenarnya ketika HP kita disadap kita bisa melakukan tindakan dengan melapor ke polisi, tetapi harus kita pastikan terlebih dahulu bahwasanya memang itu benar-benar disadap.

Selain itu bisa juga dengan melakukan panggilan *#06# atau *#061# yang dilakukan untuk melaporkan ketika terjadi peretasan ataupun penyadapan pada HP yang kita gunakan. Jadi berhati-hati dan telitilah dalam melakukannya, jangan mudah panik dan salah langkah.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!