Cara Menggunakan Pivot Table

2 min read

Cara Menggunakan Pivot Table

Microsoft Excel bisa membantu kamu untuk mengolah berbagai data terutama yang berupa angka. Namun untuk mengolah ribuan data pasti memerlukan ketelitian penuh. Untuk itu, kamu perlu tahu cara menggunakan pivot table di Excel 2007 dan 2010.

Fitur Pivot table ini bisa membantu kamu untuk meringkas data dengan mudah. Pivot table bisa menyajikan berbagai jenis data dalam format berbeda sehingga kamu dapat menganalisanya dalam waktu singkat.

Pivot table ini tidak hanya ada di Microsoft Excel tetapi juga di WPS dan juga Google Spreadsheet. Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara menggunakan pivot table di Excel 2010 dan Google Spreadsheet, kamu harus simak ulasan di artikel ini.

Cara Menggunakan Pivot Table di Excel

Menggunakan fitur tabel pivot di Ms Excel bisa memberikan banyak manfaat. Misalnya, kamu bisa mendapatkan tampilan penyajian data yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kalkulasi dan analisa data dengan mudah dan cepat.

Mau tahu cara menggunakan pivot table di Excel? Simak langkah-langkah menggunakan pivot table berikut ini.

1. Siapkan tabel dasar.

Sebelum membuat pivot table, kamu harus mempunyai tabel dasar terlebih dahulu. Pastikan tabel yang kamu buat rapid. Selain itu, kamu juga harus teliti untuk memasukkan setiap datanya.

Siapkan tabel dasar

2. Membuat pivot table.

Setelah menyiapkan tabel, kamu bisa mulai membuat pivot table. Tujuannya adalah agar kamu bisa menampilkan data di tabel tersebut dalam format yang berbeda sehingga mudah untuk menganalisanya.

  • Blok tabel dasar yang sudah kamu buat. Caranya, klik kiri lalu geser kursor hingga seluruh area tabel tertutup.
  • Klik menu ribbon Insert yang berada di sebelah menu Home.
  • Pilih opsi Pivot table. Ms Excel akan memunculkan beberapa menu untuk membuat pivot tabel. Mungkin bagi pemula opsi-opsi yang muncul terlihat membingungkan. Namun sebenarnya membuat pivot tabel tidak serumit itu.

Membuat pivot table

  • Klik pada Select a table or range. Namun jika kamu telah mem-blok tabel, di kolom Table atau Range akan otomatis tertulis lokasi tabel kamu.
  • Sekarang kamu bisa pilih dimana kamu ingin meletakkan pivot table. Kamu bisa meletakkannya di worksheet yang sama atau berbeda. Jika kamu mau menganalisa di worksheet yang sama maka pilihlah Existing Worksheet.

Existing Worksheet

  • Sebaiknya kamu meletakkan pivot table di bagian bawah tabel dasar agar lebih mudah mengolah data.
  • Beri tanda centang pada menu PivotTable Fields. Pilih data mana yang ingin kamu masukkan ke pivot table dari Field List.

PivotTable Fields

3. Filter data di Pivot Table.

Pivot table ini sangat berguna jika kamu ingin mengolah dan menganalisa data dalam jumlah besar. Misalnya kamu bisa menggunakannya untuk membuat laporan penjualan atau inventaris. Untuk memudahkan proses analisa, kamu perlu tahu bagaimana cara menggunakan pivot table untuk menyaring data.

  • Klik tanda panah di Row Labels kemudian pilihlah field yang diinginkan.
  • Misalnya, kamu ingin melakukan analisa penjualan di tanggal tertentu. Jadi, kamu harus klik opsi Tanggal kemudian centang pada tanggal yang akan dianalisa lebih lanjut.
  • Kamu juga bisa menggunakan pivot table ini untuk menganalisa jenis barang. Kamu hanya perlu menekan Row Labels kemudian pilih Nama Barang. Setelah selesai menyaring data nama barang, pivot table kamu akan menampilkan data seperti di bawah ini.

Filter data Pivot Table

Cara Menggunakan Pivot Table di Spreadsheet

Selain di Excel, kamu juga bisa mempraktekkan cara menggunakan pivot table di Google Spreadsheet atau Google Sheet. Spreadsheet adalah layanan pengolah angka Google yang bisa kamu gunakan secara gratis dan online.

1. Siapkan tabel.

Cara membuat pivot table di Google Sheet bisa dilakukan dengan mudah seperti di Microsoft Excel. Inilah langkah-langkah membuat dan menggunakan pivot table di Google Sheet.

Pivot Table di Spreadsheet

  • Pilihlah opsi Personal kemudian login dengan menggunakan akun Google milikmu.
  • Buat tabel baru dengan cara memilih opsi Blank di Start a New Spreadsheet.

Start a New Spreadsheet

2. Membuat pivot table.

Setelah tabel kamu siap, kamu bisa mulai membuat pivot tabel di Spreadsheet.

  • Klik menu Data yang berada di bagian atas kemudian klik Pivot Table.

klik Pivot Table

  • Setelah itu tentukan dimana kamu ingin meletakkan pivot tabel. Jika ingin membuat pivot table di halaman yang sama, pilihlah Existing Sheet.
  • Klik di kolom yang kamu suka untuk menaruh pivot table.

Klik di kolom

  • Setelah itu, pivot table kamu akan muncul di Google Sheet namun tabel ini masih kosong. Temukan menu Pivot table Editor.
  • Kemudian, kamu bisa masukkan Columns, Row, dan juga Value sesuai keinginan.

masukkan Columns

  • Misalnya, kamu ingin mengetahui total penjualan per harinya. Jadi, kamu bisa mengatur pivot table editor dengan memasukkan tanggal, nama barang, dan total.
  • Setelah melakukan pengaturan di pivot table editor, spreadsheet kamu akan menjadi seperti di bawah ini.

pivot table editor

Nah itulah cara menggunakan pivot table di Excel dan juga Spreadsheet. Langkah-langkah membuat pivot table tersebut bisa kamu gunakan di berbagai versi Microsoft Excel seperti Excel 2007, Excel 2010, 2013, atau versi terbaru 2016.

Semoga cara menggunakan pivot table di atas bisa membantu kamu untuk menganalisa data dan membuat laporan untuk pekerjaan kamu. Jika sudah tahu langkah dasarnya, kamu hanya perlu berlatih untuk memformat pivot table agar tampilannya lebih mudah dimengerti dan dianalisa.

Lutfiana linda

Cara Memperbesar Ukuran PDF

Nur Huda Nur Huda
4 min read

Cara Translate PDF

Avatar Nova Putri
2 min read

Cara Mengubah PDF ke Excel

Ada beberapa cara mengubah PDF ke Excel dengan cukup mudah. Cara-cara berikut ini bisa dilakukan bila kalian ingin mengedit atau mengubah format dokumen. Dari...
Avatar Alun Nikita
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!