Cara Menggunakan VPN

5 min read

cara menggunakan vpn di laptop

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menggunakan VPN di perangkat Android maupun komputer Windows milikmu secara aman. Terlebih dengan banyaknya aplikasi VPN di Play Store atau software yang tersedia saat ini.

Namun sebelum menyimak lebih lanjut tentang bagaimana cara menggunakan VPN pada tutorial sederhana ini, ada baiknya kamu memahami apa yang dimaksud dengan VPN dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu VPN?

VPN atau singkatan dari Virtual Private Network memungkinkan seorang penggunanya terhubung ke internet secara pribadi, dalam arti bahwa kamu memiliki kendali penuh atas pertukaran data yang kamu lakukan di internet. Alhasil, jejak digitalmu akan sulit dilacak.

Umumnya VPN memiliki suatu server yang ditempatkan di berbagai negara. Lokasinya yang tersebar secara internasional ini membebaskan kamu dari pembatasan-pembatasan internet yang diterapkan oleh sebuah layanan penyedia internet (ISP) lokal yang kamu gunakan.

Lewat sambungan server lintas negara itulah kamu terhubung ke internet. Jadi, misalnya kamu terhubung ke VPN dengan server dari Canada, maka selanjutnya tugas server Canada itulah yang akan menghubungkanmu ke situs web yang ingin kamu buka.

Kegunaan VPN?

Bandingkan jika kamu terkoneksi ke internet tanpa tersambung melalui jaringan VPN. Mustahil kamu bisa membuka web yang diblokir oleh pemerintah sebab penyedia layanan internet lokal yang kamu pakai telah membatasi akses penggunanya.

Pemakaian VPN di era internet saat ini mau tak mau telah menjadi kebutuhan. Sebab dengan bantuannya, kapan pun di mana pun kamu terkoneksi ke internet, privasimu bakal terjaga terenkripsi dengan baik.

Secara umum, kegunaan VPN meliputi: membuka akses situs yang dibatasi, meningkatkan keamanan, mengamankan riwayat peramban, dan jika kamu menggunakan VPN berbayar, kamu bahkan dapat meminimalisir gangguan koneksi internetmu.

VPN Gratis atau Berbayar?

Setelah mengetahui kegunaannya, maukah kamu membayar untuk sebuah layanan VPN?

Jawabannya adalah tergantung jenis kebutuhanmu. Jika pekerjaanmu melibatkan aktivitas internet yang sensitif seperti menyangkut data-data perusahaan, kamu jelas perlu membayar supaya mendapat pelayanan dan keamanan yang maksimal.

BACA JUGA
Cara Menghilangkan Pop Up di Chrome

Tentu saja VPN berbayar memberikan pengalaman yang lebih baik daripada versi gratisnya. Tapi apabila kamu membutuhkan VPN untuk dirimu sendiri, tak ada salahnya mengikuti beberapa cara menggunakan VPN untuk Android dan Windows yang layak dicoba berikut ini.

Cara Menggunakan VPN Gratis di Perangkat Android

Ketika kamu mengetikkan “VPN” di pencarian Play Store, maka yang muncul tidak hanya satu dua saja, tetapi puluhan. Nah, bagaimana memilih VPN yang cocok untukmu, cocok untuk perangkat Androidmu? Berikut tiga rekomendasi aplikasi yang layak kamu coba.

1. Tor Browser

Menggunakan VPN Gratis di Perangkat Android

Jika kamu menggunakan VPN hanya untuk mengunjungi situs-situs tertentu, Tor Browser bisa menjadi opsi yang cetar buat menunjang aktivitasmu.

Peramban berlogo bawang ini dikembangkan oleh The Tor Project, dapat digunakan secara gratis tanpa iklan. Dengan menggunakan aplikasi yang identik dengan warna ungu ini kalian terhubung ke internet dengan perlindungan privasi berlapis-lapis seperti kulit bawang.

Karena terhubung ke jaringan dengan server yang tersebar di seluruh dunia, hal tersebut tentu akan membuat kamu kebal dari segala bentuk pencurian data. Bahkan setiap jejak yang kamu tinggalkan bakal terhapus otomatis.

Sama seperti Opera Mini, Tor Browser memiliki VPN bawaan sehingga tanpa aplikasi VPN sekalipun kamu dapat dengan leluasa berselancar di dunia maya.

Cara menggunakan VPN di Tor Browser pun cukup mudah. Setelah membuka aplikasinya, kamu hanya perlu menyentuh tombol CONNECT di layar hapemu.

2. Phone Guardian VPN

Cara menggunakan VPN berikutnya adalah dengan aplikasi berlogo anjing Husky bernama Max yang memiliki keunggulan dibanding aplikasi-aplikasi gratis sejenisnya. Salah satunya adalah kamu tidak perlu terganggu oleh iklan.

Phone Guardian VPN sangat pas buat kamu yang punya kepedulian terhadap privasimu. Sebab seperti namanya, aplikasi ini bakal melindungimu selama 24 jam dari segala bentuk tindak peretasan.

Phone Guardian VPN

Begitu menjalankannya kamu dapat merasakan keamanan maksimum yang ditawarkan oleh Phone Guardian VPN ini. Kamu pun bisa dengan percaya diri mengunjungi situs-situs web apa pun tanpa perlu diliputi perasaan was-was.

Max akan memberimu notifikasi jika ada sesuatu yang mengancam privasimu. Di samping keunggulannya itu, Phone Guardian VPN dibungkus dalam ukuran instalasi yang kecil sehingga tak akan menguras penyimpanan perangkat Androidmu.

BACA JUGA
Cara Update Google Chrome

3. Thunder VPN

Dibandingkan dengan aplikasi VPN gratis lainnya yang mengandung banyak iklan sehingga kadang membuatmu jengkel, Thunder VPN cenderung jarang menampilkan iklannya. Dua hari kadang satu kali saja iklan lewat. Koneksi yang dihasilkannya pun lumayan stabil.

Tampilan pengguna yang ditawarkan aplikasi Ini pun cukup sederhana dengan karakter bayi dewa petir yang menggemaskan.

Ini tentu cocok buat kamu yang tidak mau ribet-ribet memasukkan alamat server sebagaimana harus kamu lakukan jika menjalankan aplikasi OpenVPN. Sebab cara menggunakan VPN di Thunder VPN ini hanya membutuhkan satu ketukan jarimu.

Thunder VPN

Kamu hanya perlu menekan tombol CONNECT, maka Thunder VPN bakal menghubungkanmu ke jaringaninternet yang super aman dan relatif tidak mengurangi kecepatan pertukaran data di perangkat Android milikmu.

Oh, ya, seperti kebanyakan aplikasi VPN, Thunder VPN versi gratis ini membatasi jumlah server yang dapat kamu pilih yaitu sebanyak lima negara. Jadi, pilihlah server dengan bijak yang menurutmu koneksinya paling oke. Oke?

Setelah perangkatmu tadi terkoneksi ke internet secara aman, sekarang giliran laptop atau komputermu yang penting juga untuk diberi VPN supaya terlindung dari ancaman siber yang tak kamu inginkan.

Cara Menggunakan VPN Gratis di Windows

Dengan menjangkitnya wabah Covid-19 yang berlangsung sekarang ini, tidak sedikit perusahaan memberlakukan aturan yang mengharuskan karyawannya bekerja dari rumah alias WFH (work from home). Apakah kamu termasuk salah satunya?

 Nah, untuk menunjang kegiatan komputasimu selama WFH, kamu jelas butuh koneksi internet yang aman. Untuk itu perlu banget buat kamu menyimak bagaimana cara menggunakan VPN di Windows ini.

Windows relatif lebih rentan terhadap berbagai serangan peretas. Mengandalkan antivirus saja tentu tidak cukup karena kebanyakan ancaman datang dari jaringan internet yang sering kali tanpa kamu sadari. Di sinilah VPN punya peran yang penting buatmu.

Berikut ini tiga rekomendasi software penyedia layanan VPN gratis yang dapat kamu sambungkan di komputer di meja kerjamu.

1. Tor Browser

Bilamana kegiatanmu lebih banyak membuka situs-situs web, kamu wajib mengamankan koneksi internetmu saat kamu browsing. Maka di sinilah Tor Browser sekali lagi menjadi opsi yang patut kamu jadikan peramban prioritas baik di komputer atau pun di laptop milikmu.

BACA JUGA
Cara Ping Google

Selain tersedia untuk sistem operasi Windows, Tor Browser juga dapat dipasang di Linux maupun OS X seperti yang dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini. Cara menggunakan VPN di Tor Browser pun sesederhana saat kamu menggunakannya di ponsel Android.
agar internet cepat

  • Untuk menginstal Tor Browser di Windows, silakan kamu pilih versi Windows dengan klik satu kali pada “Download for Windows”. Lalu pergi ke folder penyimpanan tempat kamu menyimpan hasil unduhan. Klik dua kali pada dokumen yang berekstensi .EXE tadi.
  • Biarkan proses instalasinya berjalan sampai kelar dan lambang aplikasi Tor Browser akan muncul di menu desktopmu. Klik dua kali pada lambang tersebut kemudian akan muncul layar konfigurasi seperti berikut ini.
    agar bisa membuka situs yang diblokir
  • Klik tombol “Connect” dan dalam beberapa detik kemudian kamu akan tiba di tampilan utama Tor Browser.
    bagaimana caranya menggunakan vpn

Meskipun tanpa aplikasi penyedia VPN di PC (personal computer) yang kamu pakai, VPN bawaan milik Tor Browser ini dapat kamu andalkan.

2. SoftEther VPN

Cara menggunakan VPN di Windows kali ini adalah dengan minginstal aplikasi penyedia VPN gratis.

  • Silakan kunjungi web VPN Gate, lalu pergi ke kolom unduhannya. Pilih “Download VPN Gate Client” kemudian klik “Download SoftEther VPN Client + VPN Gate Client Plugin”.
  • Karena dokumen tersebut dalam format .ZIP, kamu perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Setelah masuk ke folder hasil ekstraksi tadi, klik dua kali pada berkas yang ditandai sebagai program aplikasi atau berkas yang namanya diawali dengan “vpngate-client”.
    SoftEther VPN
  • Kemudian akan muncul tatap muka instalasi sebagai berikut:
    di ome tv
  • Klik “Next”.
    di iphone
  • Lalu pada layar instalasi berikutnya pilih “SoftEther VPN Client” kemudian klik “Next”. Setelah pemasangan selesai, ikon SoftEther VPN akan muncul di layar desktopmu. Jalankan aplikasinya.
    amerika
  • Di sini kamu diwajibkan untuk menyetujui lisensi ketentuan pengguna. Klik “Next”.
    bawaan xiaomi
  • Klik “Next” lagi.
    tomato
  • Kamu bisa mengatur sesuai keinginanmu ke mana SoftEther VPN akan diinstal. Di sini pengaturannya dibiarkan default. Klik “Next”, kemudian klik “Finish”.
    agar tidak lag
  • Selanjutnya kamu akan menemukan menu “VPN Gate Public VPN Relay Servers” di jendela SoftEther VPN Client Manager. Langsung saja kamu klik dua kali pada menu tersebut.
    aman
  • Beri centang pada kotak “Enable the VPN Gate Relay Service and the VPN Gate Research as a Volunteer”. Lanjut klik “OK”.
    bawaan iphone
BACA JUGA
Cara Upload File Ke Google Drive

Aplikasi akan menunjukkan kepadamu daftar server-server yang dapat kamu pilih. Cara menggunakan VPN di SoftEther VPN cukup klik pada salah satu server yang terbaik menurutmu, lalu klik “Connect to the VPN Server”.

3. VPNBOOK

Berbeda dengan SoftEther VPN yang dapat kamu nikmati tanpa tarif sedikit pun, VPNBOOK ini menyediakan dua pilihan yaitu gratis dan berbayar. Meski memiliki sejumlah kekurangan, kinerja VPNBOOK versi gratis patut kamu coba juga.
VPNBOOK

  • Cara menggunakan VPN di VPNBOOK adalah dengan mengeklik menu koneksi internet di pojok kanan bawah lalu masuk ke “Network & Internet Settings”.
    bawaan samsung
  • Setelah itu pilih “VPN”.
    super vpn
  • Pada Advanced Options, pastikan kedua opsi perizinan penggunaan VPN telah “ON”. Kemudian klik “Add a VPN connection”.
    client pro
  • Buka perambanmu dan kunjungi vpnbook.com. Pilih “Free VPN”. Untuk “VPN provider” pilih “Windows (built-in)”. Masukkan “VPNBOOK” pada “Connection name”.
  • Pada kolom di sebelah kiri terdapat daftar nama server yang dapat kamu salin dan tempelkan di “Server name or address”.
    capsule
  • Pada pengaturan “VPN type”, kamu bisa memilih “Automatic” atau biar lebih pas, silakan pilih “Point to Point Tunneling Protocol (PPTP)”.
    cisco
  • Pada pengaturan “Type of sign-in info” pilih “Username and password”. Kemudian klik “Save”.
    cyberghost
  • Klik lagi pada menu koneksi internet di pojok kanan bawah lalu pilih “VPNBOOK” dan klik “Connect”.
    di jaringan wifi
  • Masukkan “username” dan “password” yang sudah disediakan di bawah daftar naman server di kolom kiri. Jadi, di sini kamu cukup memasukkan “vpnbook” pada “username” dan “z9KY2tN”. Lalu klik “OK”, dan kamu sudah terhubung.

Dari cara-cara di atas, pilihlah yang memang sesuai kebutuhanmu, ya. Toh, mau gratis atau berbayar, ada baiknya kamu mulai menyadari pentingnya menggunakan VPN agar privasimu terlindungi.

Demikianlah cara menggunakan VPN di Android dan Windows yang dapat kamu praktikan secara gratis. Namun pada dasarnya, dalam menggunakan VPN yang perlu kamu perhatikan adalah jenis kebutuhanmu.

Yusfani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *