Cara Menghapus Chromium

3 min read

Cara Menghapus Chromium

Cara menghapus Chromium sebenarnya tidaklah sulit. Namun meski sudah dihapus kadang masih ada dan bisa muncul di laptop dengan sendirinya yang mengakibatkan laptop atau PC jadi lambat.

Hal tersebut pastinya mengganggu produktivitas. Untuk itulah satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus Chromium yang membandel secara permanen sampai bersih.

Adapun cara meghapus Chromium sendiri cukup banyak tinggal pilih saja mana yang sekiranya paling mudah. Bagi kalian yang penasaran bagaimana caranya, simak pembahasan lengkapnya berikut ini yuk.

Apa itu Chromium?

Chromium adalah web browser yang diciptakan oleh The Project Chromium. Web browser ini bersifat open source dan berjalan secara multi- platform.

Chromium sendiri sebenarnya bukanlah aplikasi yang jahat. Hanya saja sifatnya yang open source tersebut kadang memang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyusupkan malware virus.

Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang menganggap dan menjadikan Chromium aplikasi yang jahat dan mencari berbagai cara menghapus Chromium agar tak muncul lagi. Padahal kenyataanya tidak seperti itu apabila kita menggunakan Chromium yang asli.

3 Cara Menghapus Chromium

Pada dasarnya Chromium sendiri tidak berbahaya dan hanya memperlambat kinerja PC atau laptop saja. Apabila dibiarkan tentunya dapat mengganggu jadi lebih baik kita menghapusnya saja, adapun cara menghapus Chromium yang bisa kita coba ada dibawah ini:

1. Fitur Uninstall Windows

Cara menghapus Chromium pertama yang bisa kita coba adalah memanfaatkan fitur uninstall windows, disini kita menggunakan Win 10 . Adapun langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik Menu Start ya yang ada di PC atau laptop mu lalu pilih control panel

Fitur Uninstall Windows

  • Tunggu sampai menu Control Panel terbuka. Bila sudah terbuka masuklah ke halaman Control Panel lalu Program baru Program And Features

Program And Features

  • Perhatikan aplikasi Chromium lalu klik uninstall

uninstall Chromium

  • Nantinya akan muncul tampilan pop up uninstall Chromium seperti gambar dibawah , kita tinggal mencentang kotak dengan tulisan also delete your browsing data lalu klik uninstall dan selesai, Chromium secara otomatis hilang selamanya.

yang tidak ada di control panel

Sayangnya cara menghapus Chromium dengan cara diatas kadang tidak mempan. Bahkan pada beberapa kasus Chromium tidak mau di uninstall dengan cara diatas.

Bila hal tersebut terjadi artinya masih ada sisa-sisa file malware yang menempel di laptop atau PC kita. Untuk itulah kita bisa menggunakan cara lanjutan nya berikut ini:

  • Pertama kita buka dulu Windows Explore
  • Perhatikanlah menu pada bagian atas klik bagian Tools à Folder Option lalu aktifkanlah Show Hidden Folder
  • Langkah selanjutnya kita harus masuk ke C:\User\Nama User\App Data\Local\
  • Carilah folder Chromium
  • Jika sudah ketemu klik kanan pada folder Chromium, lalu pilih delete All untuk menghapus

Setelah semua langkah diatas kita lakukan artinya Chromium sudah berhasil dihapus dari laptop atau PC kita. Agar cara menghapus Chromium dengan cara ini lebih maksimal ada baiknya lakukan restart pada laptop atau PC kita.

Tambahan bila muncul pesan error selama proses uninstall jangan panik dan cobalah klik menu Ctrl+Alt+Del. Selanjutnya bukalah Tab process lalu End Task di aplikasi Chromium seperti gambar dibawah ini.

sampai ke akar

2. Revo Uninstaller

Dengan Revo Uninstaller kita bisa menghapus Chromium. Software ini memungkinkan kita menghapus Chromium yang tidak bisa dihapus di laptop dengan cara biasa.

Revo uninstaller ini tersedia dalam versi portable juga sehingga kita tidak perlu repot melakukan install terlebih dahulu. Adapun cara menghapus Chromium dengan software ini adalah:

  • Pertama download software Revo Uninstaller. Pastikan untuk memilih yang freeware portable

Revo Uninstaller

  • Bila sudah Unzip Revo Uninstaller
  • Kita bisa membuka aplikasi yang berada di dalam folder yang kita Unzip sebelumnya. Di situ akan muncul berbagai aplikasi yang ada pada laptop atau PC kita
  • Carilah Chromium di aplikasi ini, selanjutnya langsung saja klik uninstall. Biasanya akan muncul jendela performing initial analysis seperti dibawah ini:

performing initial analysis

  • Klik pada bagian menu scan untuk menganalisis dari registry dan file yang berkaitan dengan aplikasi. Apabila proses scan sudah selesai biasanya akan muncul registry item.

menganalisis dari registry

  • Untuk menghapus klik tombol select All lalu Delete dan klik Yes
  • Selanjutnya seluruh file yang berkaitan akan muncul dengan sendirinya. Klik lagi Select All lalu Delete untuk menghapus semua file tersebut

Select All Delete

  • Bila sudah klik Ok
  • Langkah terakhir dari cara menghapus Chromium dengan Revo Uninstaller adalah dengan restart PC atau laptop supaya hasilnya benar-benar maksimal

Revo Uninstaller ini merupakan aplikasi yang bisa menganalisa seluruh registry, folder dan file yang berhubungan dengan Chromium. Kemampuan tersebut memudahkan kita karena tidak perlu menghapus satu per satu.

3. IObit Uninstaller

IObits Uninstaller mempunya fungsi yang sama dengan Revo Uninstaller. Bahkan aplikasi yang satu ini juga terbukti ampuh menghapus Chromium secara permanen sampai bersih.

Sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan kalian sudah menginstalnya terlebih dahulu. IObit Uninstaller bisa kita download dan install secara gratis di website resminya.

Bila kita sudah selesai menginstal aplikasi kita bisa langsung mencoba cara menghapus Chromium menggunakan Iobits dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Bukalah aplikasi yang sudah selesai kita install
  • Bila beranda dari aplikasi IObit Uninstaller sudah terbuka kita harus mencari aplikasi yang namanya Chromium
  • Klik tepat pada aplikasi Chromium lalu klik uninstall

IObit Uninstaller

  • Di tahap ini sendiri sistem IObit Uninstaller secara otomatis akan memberikan pilihan untuk membuat restore point dan juga penghapusan file. Nah kita bisa memilih salah satunya sesuai yang diperlukan.

Perlu diketahui: Restore Point merupakan suatu cara menghapus Chromium yang mana IObit akan membuatkan file sebagai sistem cadangan. Jadi bila ada kesalahan error file bisa kembali seperti semula

Di sisi lain Residu File adalah data yang tersimpan namun sudah tidak aktif lagi karena file utamanya telah dihapus. Sebagai contoh ada Cache, registry dan lain sebagainya

Cache registry

  • Kita harus menunggu dengan sabar hingga semua proses penghapusan berakhir

yang tidak bisa di uninstall di windows 10

Bila sudah selesai, biasanya akan muncul pesan pop up seperti di bawah ini:

permanen di windows 10

Kita bisa langsung memperhatikan kotak check box dan mencentangnya lalu klik uninstall. Selanjutnya kita hanya perlu menunggu IObit menyelesaikan proses penghapusan dari semua residual file Chromium

  • Selesai, setelah selesai kita bisa langsung merestart PC atau laptop. Sebagai tambahan, aplikasi ini bisa digunakan di seluruh versi windows. Mulai dari windows XP, Vista, Windows 7, pada windows 8 hingga windows 10

Demikianlah beberapa cara menghapus Chromium yang bisa kita coba. Perlu ditekankan lagi Chromium bukalah virus, kecuali kamu menginstalnya dari sumber yang tidak terpercaya.

Jika sudah begitu satu-satunya cara yaitu menghapusnya. Adapun cara menghapus Chromium bisa kalian lakukan dengan ke 3 cara yang telah kita bahas diatas yang terbukti efektif menghilangkan Chromium yang membandel sampai bersih.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!