Cara Menghidupkan Komputer

3 min read

cara menghidupkan komputer dengan benar

Meskipun laptop dengan berbagai spesifikasi tinggi telah rilis,namun banyak orang yang masih setia menggunakan komputer desktop. Untuk menjaga agar komputer tetap awet, kamu perlu mencari tahu cara menghidupkan komputer dengan prosedur yang benar.

Meskipun kelihatannya mudah, namun bagi orang awam, cara menyalakan komputer masih menjadi hal yang membingungkan. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas bagaimana cara menghidupkan komputer beserta gambarnya. Sehingga teks prosedur akan lebih mudah dimengerti.

Di artikel ini, kamu tidak hanya akan menemukan cara menghidupkan komputer dengan benar. Namun, kamu juga akan dapat menemukan cara mematikan komputer. Jika dilakukan dengan prosedur yang tepat, prosedur ini bisa membuat komputer kamu menjadi lebih awet dan aman dari kerusakan.

Cara Menghidupkan Komputer

Langkah menyalakan komputer tampaknya memang sepele. Namun, ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan. Jadi untuk menyalakan perangkat ini, kamu tidak hanya sekedar menekan tombol power. Tetapi, pastikan kamu melakukan cara menghidupkan komputer dengan prosedur berikut ini.

1. Hubungkan komputer dengan sumber daya listrik.

Tanpa listrik, komputer kamu tidak akan bisa menyala. Berbeda dengan laptop yang dilengkapi oleh baterai sehingga bisa menyimpan daya listrik. Jadi kamu harus menyambungkan kabel power ke bagian belakang komputer (Power Supply). Lalu, hubungkan kabel power komputer ini ke stop kontak.

hubungkan kabel power

Jika kamu menggunakan stabilizer atau UPS, kamu juga harus menyambungkan UPS tersebut ke sumber daya listrik. Cara menghidupkan komputer dengan UPS tidak jauh berbeda dengan komputer tanpa UPS. Namun, pastikan stabilizer dalam keadaan off saat kamu mencolokkan kabelnya ke stop kontak.

2. Sambungkan perangkat yang diperlukan.

Komputer berbeda dengan laptop yang memiliki keyboard menyatu. Oleh karena itu, pastikan kamu telah menyambungkan perangkat yang kamu butuhkan seperti keyboard, mouse, dan juga speaker. Hubungkan kabel keyboard, mouse, atau speaker ke port USB di bagian belakang komputer kamu.

Sambungkan perangkat yang diperlukan

3. Nyalakan monitor.

Cara menghidupkan komputer selanjutnya adalah menyalakan layar monitor. Namun, pastikan kabel monitor tersambung ke CPU. Kabel ini bisa berupa kabel VGA atau HDMI. Setelah itu, tekanlah tombol power yang terletak di bagian samping atau bawah layar monitor.

Nyalakan monitor

4. Nyalakan CPU.

Tekan tombol power yang ada di CPU. Biasanya tombol power ini terletak di bagian depan atau belakang CPU. Sesaat setelah kamu menekan tombol Power ini, akan terdengar bunyi kipas. Selain itu, lampu di casing CPU juga akan berkedip-kedip. Secara otomatis, monitor komputer kamu juga akan menyala.

Nyalakan CPU

5. Tunggu Proses Booting.

Saat ini kamu masih belum bisa menggunakan komputer karena masih dalam keadaan booting. Booting adalah proses memuat semua sistem yang berada di komputer kamu.

Lama proses booting bervariasi di setiap komputer tergantung spesifikasinya. Biasanya, booting memerlukan waktu sekitar 1 hingga 3 menit. Saat booting, kamu bisa melihat logo Windows di layar monitor seperti gambar di bawah ini.

Tunggu Proses Booting

6. Tunggu proses Startup.

Setelah proses booting selesai, komputer tidak bisa langsung digunakan. Komputer akan menjalani proses Startup. Fungsi dari proses Startup adalah memuat aplikasi dan juga data di komputer kamu. Namun tenang saja, proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

Tunggu proses Startup

7. Komputer Siap dipakai.

Nah, setelah menyelesaikan keenam cara menghidupkan komputer yang disebutkan di atas, kini komputer kamu siap digunakan. Kamu bisa menggunakan keyboard dan mouse kamu untuk mendukung pekerjaan kamu.

Cara menghidupkan Komputer Siap dipakai

Setelah tahu cara menghidupkan komputer , kini kamu bisa menggunakan komputer sesuai kebutuhan. Kamu bisa mulai menyambungkannya ke internet untuk browsing, mengetik, edit foto, main games, atau kegiatan lainnya.

Cara Mematikan Komputer

Untuk menjaga agar komputer kamu awet dan tidak mudah rusak, kamu tidak hanya perlu mengetahui cara menghidupkan komputer dengan benar. Namun, kamu juga harus tahu cara mematikan komputer dengan prosedur yang tepat. Jadi jangan sampai kamu langsung mencabut kabel power ya!

Inilah langkah-langkah mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

  • Tutup semua aplikasi.

Setelah kamu selesai bekerja, pastikan kamu menutup semua aplikasi yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan komputer untuk mengetik atau mendesain, pastikan juga kamu telah menyimpan pekerjaanmu. Klik tanda X yang ada di sudut kanan atas di semua program yang terbuka.

Tutup semua aplikasi

  • Cabut semua removable drive.

Pastikan kamu telah mencabut seluruh removable drive yang kamu gunakan. Misalnya, flashdisk, card reader, hardisk eksternal, dan juga kabel data. Pastikan juga untuk mengeluarkan DVD dari dalam drive.

Cabut semua removable drive

  • Klik Shutdown.

Klik logo Windows yang terletak di pojok kiri bawah layar monitor. Lalu, pilihlah Power yang ditandai dengan ikon berbentuk lingkaran dengan garis vertikal di atasnya. Kemudian, klik opsi Shut Down. Lihat gambar di bawah ini untuk opsi Shutdown Windows 7 dan Windows 10.

Klik Shutdown

Kamu juga bisa melakukan perintah Shutdown dengan keyboard. Caranya, tekan tombol ALT dan F4 bersamaan. Maka akan muncul tampilan “What do you want the computer to do? Shut Down”. Klik OK atau tekan Enter.

  • Tunggu proses shut down.

Proses mematikan komputer ini memerlukan waktu beberapa saat. Jadi kamu harus sabar menunggu hingga layar mati dan juga kipas di CPU berhenti. Komputer dalam keadaan mati juga ditandai dengan lampu led di CPU yang tidak berkedip atau mati.

  • Cabutlah kabel power.

Cabut kabel power dan juga kabel monitor dari stop kontak. Jika kamu menggunakan speaker, pastikan juga kamu mencabut kabelnya dari sumber daya listrik. Namun, kamu boleh membiarkan kabel USB untuk mouse dan keyboard tetap tertancap.

Cabutlah kabel power

  • Pastikan kamu melakukan langkah-langkah ini untuk mematikan komputer kamu. Hindari mematikan komputer secara paksa dengan langsung menekan tombol power ya. Kecuali jika komputer kamu dalam keadaan hang, kamu bisa menekan tombol power untuk mematikannya.

Itulah cara menghidupkan komputer dengan benar. Jangan lupa untuk mempraktekkan cara mematikan komputer di atas. Pastikan kamu menjalankan langkah demi langkah dengan prosedur yang benar. Sehingga komputer kamu dapat terawat dan tidak gampang rusak.

Lutfiana linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!