Cara Menghilangkan Pop Up di Chrome

2 min read

cara menghilangkan pop up iklan di chrome

Sering kali ketika ingin mengunduh, mengakses sesuatu dari laman sebuah situs web tiba-tiba ‘nongol iklan, baik di tab yang kamu buka, atau bahkan membuka tab baru. Hal itu biasa dikenal sebagai iklan pop-up atau ‘sembulan’.

Google Chrome sendiri membocorkan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk memblokir iklan pop-up, tetapi bagi beberapa kalangan, menonaktifkan iklan pop-up tidak sepenuhnya pilihan yang bijak. Sebab, beberapa situs web dapat menayangkan informasi lewat bentuk iklan pop-up.

Namun, menurutmu sendiri, penting tidak sebuah peramban menampilkan iklan pop-up? Kami harap kamu setuju kalau iklan pop-up itu kebanyakan meresahkan karena terkadang kemunculannya tidak hanya satu dua kali.

Pada artikel ini kami akan mencoba membantu mengakhiri keresahanmu itu sebab kami akan membahas bagaimana cara menghilangkan pop up di Chrome.

Apa itu Pop-Up?

Pop-up merupakan suatu bentuk metode periklanan online yang menayangkan tampilan grafis berisi informasi tentang sebuah produk, umumnya memiliki jendela panel yang kecil, dan kemudian mendadak muncul menutupi laman web yang kamu kunjungi.

Jika sudah muncul seperti itu kamu cuma bisa menutupnya dengan mengeklik lambang “x” di pojok kanan atas. Sehingga hanya dengan demikian, kamu bisa kembali menikmati situs web yang kamu kunjungi tanpa terhalang oleh selembar iklan.

Itulah kenapa iklan pop-up sering dianggap mengganggu pengguna. Biasanya juga mengacaukan dapat konsentrasi dan membutuhkan waktu dan usaha untuk menutup jendela iklannya.

Sementara itu, untuk pengiklan, biaya iklan pop-up biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lain.

Jadi, supaya kamu dapat berinternet tanpa terganggu oleh iklan pop-up, maka kamu harus menyimak cara menghilangkan pop up di Chrome berikut ini.

Cara Menghilangkan Pop Up di Chrome

Tanpa mengubah pengaturan apa pun, Google Chrome sudah secara default memblokir iklan pop-up supaya tidak otomatis muncul di layar, membuat penggunanya terganggu. Pada kolom URL akan tampak tanda pop-up diblokir ketika kamu mengaktifkan pemblokirnya.

1. Menghilangkan Pop-Up di Chrome Windows 10

Memblokir pop-up memberimu manfaat ganda. Selain supaya tidak terganggu iklan, kamu juga bisa mendeteksi kesehatan komputermu. Sebab jika masih mendapatkan pop-up setelah memblokirnya, kemungkinan kamu kena malware.

Cara menghilangkan pop up di Chrome adalah sebagai berikut:

  • Buka Chrome di komputer Windows 10 yang kamu gunakan.
  • Di pojok kanan atas, klik menu “Lainnya” yang berrlogo tiga titik vertikal.
  • Pilih “Setting” atau “Setelan”.

Cara Menghilangkan Pop Up di Chrome

  • Kemudian pilih “Privacy and security” atau “Privasi dan keamanan”, lalu klik “Setelan Situs” atau “Site Setting”.

pop up iklan di chrome

  • Pilih “Pop-ups and redirects” atau “Pop-up dan pengalihan”.

iklan di chrome windows 10

  • Di bagian “Default Behaviour”, ubah pengaturan menjadi diblokir dengan memilih “Don’t allow sites to send pop-ups or use redirects (recommended)”.

Alternatif cara menghilangkan pop up di Chrome Windows lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan ekstensi (Extension) ad-blocker pada browser yang kamu pakai. Berikut langkahnya:

  • Kunjungi Chrome Web Store dengan memasukkan URL “chrome.google.com/webstore”.

iklan di android

  • Pada kotak pencarian silakan input kata kunci “adblock plus” karena di sini kami merekomendasikan ekstensi Adblock Plus untuk memblokir segala bentuk iklan.
  • Klik pada Adblock Plus, kemudian tekan tombol “Add to Chrome” atau “Tambahkan ke Chrome”.
  • Selanjutnya akan muncul sebuah “pop-up” yang meminta kamu menyetujui permintaan akses data oleh Adblock Plus. Klik saja “Add extension” karena untuk dapat bekerja, Adblock Plus butuh mengakses data yang dibutuhkan.

pop up indosat

  • Setelah ekstensinya sukses terpasang, maka ketika kamu klik lambang bongkar-pasang di pojok kanan atas, kamu akan menemukan Adblock Plus.
  • Tanpa perlu melakukan aktivasi atau login, ekstensi Adblock Plus sudah berjalan memblokir semua iklan di Chrome di komputermu.

2. Cara Menghilangkan Pop up di Chrome Android

Ketimbang browser lain yang secara default memblokir iklan, misalnya seperti Brave Browser, keunggulan Chrome adalah ringan dijalankan. Oleh karena itu, pengguna lebih menyukai mengaktifkan fitur pemblokir iklan pop-up bawaan Chrome daripada harus menginstal browser yang berjalan lebih berat.

Cara menghilangkan pop up di Chrome Android bisa kamu lakukan dengan:

  • Buka aplikasi Chrome di ponsel Android milikmu.
  • Pada panel pojok kanan atas, ketuk menu “Lainnya” atau lambang tiga titik vertikal.
  • Pilih “Setting” atau “Pengaturan”.

Menghilangkan Pop up di Chrome Android

  • Kemudian pilih “Site settings” atau “Setelan situs”.

pop up ads di browser

  • Ketuk pada “Pop-ups and redirects” atau “Pop  up dan pengalihan”.
  • Di situ kamu bisa menonaktifkannya dengan menggeser tombolnya ke kiri.

Cara menghilangkan pop up di Chrome di atas bisa dibilang praktis dan tidak memerlukan aplikasi tambahan, ya. Namun, pada Google Chrome di Windows, cara lainnya adalah dengan menambahkan ekstensi Adblock Plus yang efektif memblokir segala bentuk iklan.

Tapi perlu dipahami juga bahwa beberapa situs web menggantungkan penghasilannya dari penayangan iklan. Jadi, kalau kamu menggunakan Adblock Plus, terkadang kamu tidak diperbolehkan mengakses kontennya sebelum menonaktifkan Adblock Plus di situsnya.

Yusfani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!