Cara Menghilangkan Virus Shortcut

3 min read

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Sebenarnya cara menghilangkan Virus Shortcut tidaklah sulit. Bahkan bisa dikatakan untuk menghilangkan virus yang menginfeksi PC/laptop ini tidak diperlukan sebuah keahlian khusus untuk melakukannya ataupun untuk menanganinya.

Banyak yang mengatakan sebenarnya virus shortcut tidak berbahaya di PC/laptop, tetapi pada kenyataanya kemunculan yang berulang kali dan membandel sangat mengganggu ketika kita mengoperasikan PC/laptop yang kita miliki.

Dengan cara memodifikasi folder, menyembunyikan dan mengganti dengan file shortcut berekstensi .lnk, virus ini terkadang mampu mengelabui para pengguna PC/laptop yang masih awam (pemula).

Virus ini tidak hanya meresahkan dan membuat kesulitan dalam menemukan data yang disimpan, akan tetapi terkadang juga bisa membuat para pengguna bisa mengunduh jenis virus lain saat keadaan file .ink terbuka.

Flashdisk, SD card/flash drive merupakan sebuah perangkat yang sangat lazim digunakan untuk mentransfer data dari satu PC ke PC lain. Jenis virus ini terus menyebar dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya dan bekerja menampilkan semua file sebagai shortcut.

Apa itu Virus Shortcut?

Penjelasan sederhananya virus shortcut ialah jenis virus yang sudah umum dengan bekerja mengubah file real atau valid ke bentuk file yang tidak bisa diakses oleh flashdisk ataupun PC/laptop.

Virus ini mengkloning atau menggandakan folder atau file yang ada dalam windows explorer menjadi shortcut. Biasanya shortcut tersebut yang terkena serangan ini akan digandakan dengan jumlah 4 atau bisa lebih.

Kinerja dari virus ini sebenarnya tidak menghapus file shortcut yang asli. Keadaan file asli masih tersembunyi di file shortcut dan ketika kita mengklik atau membuka shortcut itu, kemudian virus bekerja dengan mereplikasi dirinya dan masuk ke drive lebih lanjut.

Ketika PC/komputer, partisi harddisk, diserang virus shortcut, file-file yang ada akan berubah dan tidak akan bisa untuk diakses. Virus ini masuk ke dalam disk melalui file .exe atau bisa melalui flashdisk yang sudah terinfeksi kemudian menyebar.

Ciri-ciri Virus Shortcut

Biasanya PC/laptop yang terkena virus shortcut di my document akan terdapat sebuah file induk dari virus ini dengan nama database.md. Selain itu, setiap drive dan folder yang ada di PC/laptop akan terdapat autorun.inf.

Virus ini juga akan membuat file dengan nama microsoftink dan extensi.ink pada setiap folder, ketika anda mengakses file tersebut maka secara otomatis akan mengaktifkan virusnya. Kemungkinan lain yang dilakukan Virus ini pada PC/laptop ialah membuat file thumb.db.

Ketika sudah mengetahui tentang virus shortcut dan ciri-cirinya, selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan virus Shortcut di flashdisk dan laptop.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Dibawah ini adalah cara untuk menghilangkan virus shortcut di flashdisk:

1. Unhidden Files

Langkah-langkah untuk menghilangkan virus shortcut dengan unhidden file sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang wajib dilakukan ialah menancapkan flashdisk di PC/laptop
  • Kemudian masuk ke direktorinya dengan cara masuk melalui file explorer/windows explorer
  • Untuk pengguna windows 7 dan 8 bisa dengan pilih “organize” yang terletak di menu paling kiri atas pada file explorer. Sedangkan untuk pengguna windows 10 bisa dengan memilih “view”
  • Lalu pilih “folder and search options”

Unhidden Files

  • Setelah itu masuk pada tab “view”dan aktifkan “show hidden files, folder, and drives”
  • Hilangkan checklist pada “hide empty drives in the computer folder”, “hide extensions for known file types” dan “hide protected operating system files (recommended)”. Apabila muncul peringatan, pilih opsi “Yes”

Hilangkan cheklist

  • Selanjutnya pilih “apply” lalu “ok”.

Biasanya setelah melakukan langkah ini folder yang disembunyikan oleh virus akan kembali muncul, hanya saja masih semi-hidden.

2. Menggunakan Attrib CMD

Adapun metode menghilangkan virus shortcut dengan Attrib CMD adalah sebagai berikut:

  • Silahkan buka cmd dengan membuka “start” atau dengan menekan tombol windows kemudian ketikkan “cmd” pada kolam pencarian lalu tekan “enter”
  • Selanjutnya perhatikan terlebih dahulu di file explorer /windows explorer di drive dimana flashdisk berada, apakah di drive C, D, E, F atau G. Pastikan pengamatan dilakukan dengan teliti dan tidak salah.
  • Ketika flashdisk terletak pada file G, ketikkan perintah pada command prompt “G:” lalu tekan “enter”.
  • Kemudian, ketikkan perintah lagi: del *.lnk /s lalu tekan “enter”. Apabila masih gagal, coba perintahkan dengan del *lnk dan enter. Bisa dilihat gambar dibawah:

Menggunakan Attrib CMD

  • Lanjutkan dengan ketik attrib –s –r –h *.* /s /d /l. Setelah itu tunggu sampai prosesnya selesai.

virus shortcut tanpa aplikasi

  • Setelah selesai, file yang disembunyikan oleh virus shortcut akan muncul dalam bentuk mode normal.

Catatan: ketika perintah itu tidak bekerja kemungkinan ada kesalahan dalam memasukkan perintah ataupun memang flashdisk tidak terkena virus.

Cara menghilangkan Virus Shortcut di PC

Ada beberapa cara untuk menghilangkan virus shortcut pada PC, diantaranya:

1. Task manager

Langkan untuk menghilangkan virus shortcut di PC dengan task manager:

  • Buka windows task manager dengan menekan “Ctrl + Alt + Delete” atau “Ctrl + Shift + Esc” di keyboard
  • Akan muncul pada tampilan windows task manager, lalu buka pada tab “processes”
  • Kemudian cari dan pilih proses “wscript.exe” pada tab processes, selanjutnya pilih “end task” untuk mengakhiri.

Task Manager

2. Registry

Langkah menghilangkan virus shorcut dengan registry pada PC:

  • Buka Run dengan menekan tombol “windows + R” pada keyboard atau bisa dengan masuk “start”, kemudian pada pencarian ketik run lalu tekan “enter”
  • Selanjutnya ketik regedit lalu pilih “ok” atau tekan dengan cara menekan “enter”

 Menghilangkan virus shorcut Registry

  • Akan muncul tampilan jendela registry editor. Kemudian ikuti langkah berikut ini: hkey_current_user > software > microsoft > windows > currentversion > run. Bisa disimak gambar dibawah ini

di flashdisk secara permanen

  • Terakhir cari registry key “odwcamszas” atau “cbxghsrjgbdds” lalu “klik kanan” dan pilih “delete”. Jika tidak menemukan registry key maka cari registry key yang serupa (yang mempunyai nama aneh seperti dua nama registry key sebelumnya)

3. Temporary Folder

Langkah menghilangkan virus shortcut dengan temporary folder:

  • Langkah pertama buka run dengan menekan “windows + R” pada keyboard, atau bisa dengan melalui “start” lalu ketik run pada pencarian dan tekan “enter”
  • Kemudian ketik pada pencarian%temp% lalu pilih “ok” atau bisa dengan tekan “enter”

di flashdisk secara permanen

  • Selanjutnya, temp folder akan terbuka. Cari file “nkvasyoxww.vbs” lalu hapus file tersebut.

shortcut di laptop windows 10

Cara menghilangkan virus shortcut sebenarnya sangat mudah, tinggal kita mau/tidak untuk selalu merawat PC/laptop dari virus ini. Meskipun virus shortcut tidak berbahaya tetapi keadaanya sangat merepotkan dan menjengkelkan ketika selalu muncul di flashdisk dan PC.

Selain itu, dengan rajin membersihkan virus shortcut di PC/laptop yang kita miliki akan menjadikan kita lebih mudah dan nyaman ketika melakukan aktivitas, karena aktivitas yang kita lakukan tidak akan terganggu oleh file hasil manipulasi atau clon virus shortcut tersebut.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!