Cara Merakit Komputer

5 min read

cara merakit komputer sendiri

Komputer adalah tools pembantu pekerjaan manusia. Penggunaan komputer sangatlah masif, selain digunakan untuk bekerja, komputer juga digunakan untuk bermain. Jika Kalian Ingin punya komputer, pastikan tahu bagaimana cara merakit komputer sendiri untuk pemula.

Bagi yang sudah terbiasa, merakit komputer bukanlah perkara yang sulit. Langkah dari awal hingga akhir bisa kalian ikuti pelan-pelan. Sehingga, bagi Kalian yang pemula, jangan khawatir. Merakit PC bukanlah hal yang sulit.

Kalian hanya perlu paham langkah-langkah merakit PC beserta alat dan bahannya. Gabungkan satu komponen dengan komponen lain secara hati-hati dan jangan lupa periksa kembali sebelum dihidupkan.

Apa Saja Komponen yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membeli komponen-komponen. Kalian bisa membeli secara online maupun langsung. Selain itu, kalian juga bisa membeli secara terpisah maupun satu pack.

Beberapa bahan yang perlu kalian ketahui untuk merakit PC adalah sebagai berikut:

  • Processor: merupakan bagian inti sebuah komputer atau PC. Fungsi Processor adalah otak penggerak dari komputer. Secara singkat, Processor mengatur semua pergerakan data dan transmisi di dalam komputer.
  • Random Acces Memory (RAM): merupakan hardware yang berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum ditransfer ke komponen lain. Karena RAM adalah komponen pengolahan data awal, maka spesifikasi RAM sangatlah menentukan kecepatan komputer.
  • Motherboard; merupakan bagian dasar yang menyambungkan dari satu komponen ke komponen lain. Di dalam motherboard ini, banyak slop-slip yang nantinya akan diisi oleh komponen penting yang menjadikan sebuah komputer bisa menyala.
  • Harddisk atau SSD: merupakan perangkat komputer yang digunakan untuk menyimpan data secara fleksibel. Kecepatan pengiriman data dari sebuah Harddisk atau SSD juga sangat mempengaruhi kecepatan komputer. Penting diperhatikan untuk gamer.
  • Power Supply: merupakan hardware yang digunakan sebagai filter listrik. Komponen yang menjadi pemberi aliran listrik ke semua komponen melalui kabel-kabel kecil. Power supply inilah yang berfungsi spesifik untuk memberikan daya pada komputer.
  • Perangkat Lain: Beberapa hardware lain yang Kalian butuhkan adalah VGA Card, monitor, sound card, DVD ROM, Mouse, dan lainnya. Merupakan komponen lain yang tidak kalah penting ketika merakit PC sendiri untuk pemula.
BACA JUGA
Cara Aktivasi Windows 10

Persiapan Sebelum Merakit Komputer

Cara merakit komputer tidak bisa sembarangan dilakukan. Kalian perlu melakukan langkah persiapan seperti di bawah ini:

  1. Penyiapan komponen; letakkan beberapa hardware di atas pada posisi yang mudah dijangkau dan di atas tempat yang mudah terlihat. Sehingga, kalian tidak akan kelupaan ketika membutuhkan satu komponen ketika merakit PC
  2. Membaca Buku Panduan: pastikan membaca buku panduan terlebih dahulu. Kalian perlu membawa buku tersebut dari awal sampai akhir. Langkah-langkah setiap menyusun komponen harus diperhatikan dengan baik.
  3. Siapkan Alat-alat: Merakit komputer tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong. Kalian membutuhkan alat-alat yang yang lengkap. Mulai dari obeng,gelang anti statis, dan beberapa hal lain yang kira-kira dibutuhkan.
  4. OS dan Driver CD: Merakit PC artinya kalian juga mempersiapkan software-nya juga. Maka dari itu, pastikan sudah menyiapkan CD atau Flashdisk Instalasi OS dan Driver. Sebab, semua komponen tersebut tidak akan bisa bekerja tanpa Driver.

Cara Merakit Komputer

Jika sudah siap dengan beberapa hal yang kami jelaskan diatas, maka Kalian sudah bisa mulai merakit komputer Anda. Nah, bagaimana cara merakit komputer dengan benar? Check this out!

1. Pasang Jumper Mainboard

Komponen Hardware komputer

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memasang mainboard atau motherboard. Pemasangan ini harus berhati-hati. Langkah memasang mainboard yang benar adalah sebagai berikut:

  • Keluarkan motherboard dari bungkusnya
  • Tentukan posisi lubang agar bisa dipasang tepat
  • Tempatkan motherboard pada tray casing dengan tepat
  • Kunci dengan baut sekrup atau pengunci otomatis
  • Setelah benar-benar terpasang tepat, maka Kalian bisa masuk ke langkah yang selanjutnya.

2. Instalasi Processor

Persiapan Sebelum Merakit Komputer

Salah satu bagian yang sangat penting dari komputer adalah processor. Bagian ini adalah kunci cepat tidaknya sebuah komputer. Maka bagi Kalian yang ingin merakit komputer gaming, pastikan lihat detail kekuatan processor dan spesifikasinya.

BACA JUGA
Cara Melihat Tipe Laptop

Adapun langkah-langkah memasang Processor yang benar adalah sebagai berikut:

  • Copot kunci socket processor pada mainboard yang tadi kalian pasang
  • Buka processor dari kardusnya
  • Perhatikan letak sisi processor untuk mengetahui posisi yang benar
  • Masukkan processor ke dalam Tray secara tepat (jangan tergesek-gesek)
  • Kunci kembali socket processor
  • Jangan lupa oleskan Thermal Paste

Satu hal yang perlu kalian ingat adalah, processor merupakan komponen yang sangat vital. Jangan sampai terjatuh, tergesek, maupun terbentur. Jika sampai komponen micro di dalamnya rusak, kalian tidak akan bisa menghidupkan komputer baru kalian.

3. Pasang Kipas Processor (Heatsink)

Pasang Kipas Processor

tanpa kipas akan mudah panas dan akhirnya rusak. Maka dari itu, Kalian perlu memasang kipas ini tepat di atas posisi processor.

Cara merakit komputer pada bagian kipas ini sangatlah mudah, Kalian hanya perlu menempelkan kipas di atas processor dengan posisi yang tepat. Kunci 4 socket dengan cara menekannya. Maka secara otomatis, kipas processor akan terpasang dengan sempurna.

4. Pasang RAM di Pada Motherboard

Memasang RAM

Setelah bagian processor terselesaikan, kalian bisa fokus ke RAM. Ingat, jenis RAM yang berbeda, bisa membuat komputer yang kalian rakit bisa error. Maka dari itu, kalian perlu memilih jenis RAM sesuai kebutuhan komputer Kalian.

Apakah itu DDR2 atau DDR3. Jangan sembarangan memilih RAM, apalagi jika kalian hendak membeli RAM secara terpisah. Setelah yakin RAM Kalian benar, ikuti langkah memasang RAM dengan benar berikut ini:

  • Keluarkan RAM dari bungkusnya
  • Cek posisi slot RAM untuk memperkirakan arah masuk yang benar
  • Secara hati-hati, masukkan RAM secara pelan-pelan
  • Jika yakin benar, tekan agak keras dan RAM akan terkunci secara otomatis

Jika ketika ditekan terasa mengganjal, maka jangan diteruskan. Jangan sampai ujung transmisi RAM rusak, karena bisa mengganggu kinerjanya.

BACA JUGA
Cara Menginstal Aplikasi di Laptop

5. Pasang Motherboard pada Casing Komputer

Pasang Motherboard

Jika beberapa komponen yang masuk ke motherboard sudah terpasang, maka Kalian bisa masuk ke langkah-langkah selanjutnya.

Cara merakit komputer bagian mainboard pada casing tidaklah sulit. Cukup siapkan casing komputer dan perhatikan letak-letak baut sekrupnya. Jika sudah, angkat mainboard secara perlahan dan tempelkan ke casing dengan tepat.

Kunci semua baut sekrup dan mainboard kalian pun sudah terpasang.

6. Pasang VGA Card

Pasang VGA Card

Tempat VGA Card bisa kalian cek di tabel mainboard diagram instruction. Sebab, setiap motherboard memiliki penempatan yang berbeda-beda. Proses pemasangannya juga hampir sama seperti memasang RAM ataupun Processor.

Adapun step-step yang benar memasang VGA Card adalah sebagai berikut:

  • Masukkan connector ke Slot PCI-E
  • Turunkan tuas slot untuk mengunci
  • Jangan lupa pasang mus sekrup di belakangnya
  • Pastikan cek apakah VGA Card benar-benar terpasang kokoh

VGA Card berfungsi sebagai hardware grafis untuk menampilkan warga, kedetailan gambar, kustomisasi ukuran, dan sinkronisasi perangkat lunak pada tampilan layar monitor.

7. Pasang Power Supply (PSU) pada Casing

Pasang Power Supply

Power supply adalah komponen yang memberikan daya pada komputer kalian. Daya ini akan disebar di berbagai komponen agar bisa menjalankan proses masing-masing. Cara memasang power supply pada casing yang benar adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan posisi power supply pada slot casing
  • Masukkan dengan menekan PSU secara perlahan
  • Kunci dengan baut sekrup di empat sisinya

Setelah itu, Kalian harus menghubungkan kabel dari PSU ke komponen lain. Kabel catu daya masukkan ke konektor mainboard 24 pin (yang paling panjang). setelah itu, masukan kabel CPU 8 pin dan jangan lupa sambungkan daya PCI 6 atau 8 Pin ke VGA Card.

Memasang kabel ini harus dilakukan secara tepat. Jika tidak, maka slot tidak akan bisa masuk. Jika dipaksakan, ada kemungkinan slot akan bengkok. Maka dari itu, kalian perlu melakukannya dengan benar sesuai cara merakit komputer pada bagian PSU di atas.

8. Pasang Komponen Lain

Komponen Lain

Kalian juga perlu memasang komponen lain dengan berhati-hati. Beberapa komponen lain yang perlu dipasang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Harddisk: masukkan harddisk ke tempat yang tersedia di casing. Setelah itu kunci dengan baut sekrup. Setelah itu, sambungkan dua kabel dari dua sumber. Satu dari motherboard, dan satu dari PSU.
  • DVD Rom: Cara merakit komputer bagian DVD Rom tidaklah sulit. Sama seperti Harddisk, kalian hanya perlu menempatkannya pada bagian yang tersedia. Setelah itu, menghubungkan dua kabel dari PSU dan motherboard.
  • Mouse dan Keyboard: Cara memasang mouse dan keyboard gampang sekali. Anda hanya perlu memasukkan kabel USB ke slot USB bagian belakang.
  • Monitor: Cara merakit komputer sendiri pada bagian monitor hanya perlu memasukkan kabel VGA ataupun HDMI. Biasanya bertempat ada di belakang di atas baris slot USB.
BACA JUGA
Cara Instal CorelDRAW X7

Checking Instalasi

Langkah terakhir cara merakit komputer sendiri untuk pemula adalah melakukan pengecekan. Anda perlu meninjau kembali beberapa komponen apakah terpasang dengan baik atau tidak. Hal-hal yang perlu kalian lakukan ketika melakukan checking adalah:

  • Memastikan komponen terpasangan dengan sempurna
  • Melihat apakah ada komponen yang belum terpasang
  • Mengencangkan baut-baut sekrup yang belum rapat
  • Merapikan kabel yang bersimpangan
  • Membersihkan kotoran yang mungkin terjatuh di motherboard atau komponen lain

Langkah terakhir ini adalah step penting cara merakit komputer sendiri. Sebab, seringkali ada bagian-bagian yang terlupakan. Kadang malah hal-hal yang penting juga ikut terlupakan.

Tes Komputer

Tes Komputer

Setelah menyelesaikan langkah-langkah cara merakit komputer secara singkat dan sederhana di atas, kalian perlu melakukan testing.

Kalian hanya perlu menempatkan komputer pada bagian tempat yang sudah kalian siapkan. Setelah itu, nyalakan monitor dan tekan tombol ON pada CPU kalian. Hanya ada 2 kemungkinan yang terjadi, yakni:

  1. Berhasil: ketika komputer kalian menyala dengan lancar dan bisa masuk ke BIOS
  2. Gagal: ketika komputer menunjukkan Error atau layar monitor tidak menyala

Jika kalian berhasil, segera lakukan instalasi OS dan driver. Namun jika gagal, lakukan checking kembali pada komponen-komponen yang ‘kemungkinan’ adalah penyebab error. Setelah itu, perbaiki.

Jika masih error, maka ada kemungkinan komponen tersebut tidak sesuai dengan processor ataupun motherboard yang kalian gunakan. Maka, kalian perlu menggantinya agar bisa menyala.

Kesimpulan

Demikian sedikit penjelasan cara merakit komputer sendiri untuk pemula. Pastikan ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas dengan lengkap dari awal sampai akhir. Selamat mencoba merakit sendiri dan semoga berhasil!

Nur Huda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!