Cara Print Excel

3 min read

Cara Print Excel

Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan pengolahan data. Aplikasi yang satu ini banyak digunakan oleh pekerja kantoran.

Misalkan saja untuk mendata barang yang sudah terjual pada satu bulan pada suatu perusahaan tertentu.

Dengan menggunakan aplikasi microsoft excel tentunya akan sangat memudahkan para pekerja. Hal ini dikarenakan software ini terdiri dari beberapa cell baris dan kolom.

Berbeda dengan microsoft word yang terdiri dari beberapa halaman yang bahkan ukuran kertasnya pun sudah sesuai.

Selain itu, cara mencetak file juga tentu berbeda. Ketika kamu menggunakan aplikasi microsoft word kamu bisa langsung menekan tombol kombinasi ctrl + p, untuk melakukan print atau mencetak file. Namun, hal ini berbeda dengan cara print excel. Kamu bisa menerapkan cara yang ada di bawah ini:

Cara Print Excel

Cara print excel memang tidak semudah print microsoft word. Jika kamu langsung menekan tombol ctrl + p maka hasilnya tidak semua sheet atau data yang ada akan tercetak menjadi satu halaman penuh. Agar hal itu tidak terjadi kamu bisa melakukan langkah ini supaya tidak terpotong:

1. Mengatur ukuran kertas yang akan digunakan

Cara print excel pertama yang bisa kamu lakukan agar tidak terpotong dan besar adalah dengan mengatur ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak dokumen tersebut. Caranya juga cukup mudah. Kamu bisa langsung mempraktekkan caranya

  • Buka dokumen excel yang akan kamu cetak atau kamu print

Mengatur ukuran kertas

  • Pilih pada menu page layout, kemudian klik pada menu size

klik menu size

  • Kamu bisa memilih yang A4

klik menu size

Kebanyakan dokumen dicetak dengan menggunakan kertas A4. Maka kamu bisa merubah ukuran kertasnya menjadi a4 terlebih dahulu. Hal ini sangat penting bagi dokumen yang akan kamu cetak agar full kertas a4 tanpa terpotong. Namun, jika kamu menginginkan ukuran yang lain juga bisa.

2. Mengatur margin yang ada di excel

Cara print excel yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengatur margin yang ada di dalam microsoft excel. Hal ini memang sangat perlu kamu lakukan setelah mengatur size atau ukuran yang akan kamu gunakan, kamu harus menyesuaikan batas dari halaman cetaknya.

  • Pilih menu page layout yang ada di dalam dokumen excel

Mengatur margin

  • Pilih menu margins untuk mengatur batasnya

batas margin

  • Pilih custom margin jika kamu ingin menentukan batas mencetak dengan cara manual

Pada saat memilih margin terdapat 3 pilihan, yaitu normal, wide, dan narrow. Di setiap pilihan tersebut sudah ada ukurannya masing-masing. Jika kamu ingin membuat batas halaman secara manual juga bisa. Kamu tinggal menyesuaikan halaman agar tidak kecil dan tidak terpotong.

3. Menggunakan menu page layout view

Dengan menggunakan menu page layout view kamu bisa melihat terlebih dahulu dokumen yang akan kamu cetak tersebut sudah rapi atau belum. Jika belum kamu bisa merubah pengaturan dokumen agar pas tanpa terpotong, dengan memanfaatkan menu view yang ada.

  • Pilih menu view yang ada di tab view

 menu page layout view

  • Kemudian kamu pilih page layout untuk melihat hasilnya per page

pilih page layout

Cara print excel ini bisa kamu gunakan untuk melihat dokumen apakah ada yang terpotong atau tidak. Kamu juga bisa melakukan cara ini agar rapi dokumen yang hendak kamu cetak. Dengan dokumen yang rapi, akan memudahkan dalam membaca dan memahami dokumen tersebut.

4. Merubah tampilan orientasi

Pada aplikasi microsoft excel pada dasarnya tampilan orientasi yang digunakan adalah vertikal atau portrait. Akan tetapi pada aplikasi ini terdapat banyak sekali kolom. Maka dari itu salah satu tampilan yang memudahkan kamu dalam mencetak dan memahami isi dokumen adalah tampilan landscape.

  • Pilih tab page layout yang ada di dalam microsoft excel
  • Pilih pada menu orientation

Merubah tampilan orientasi

  • Pilih yang landscape untuk merubah ke tampilan menjadi horizontal

landscape horizontal

Dengan menggunakan cara print excel yang satu ini bisa membuat dokumen yang akan kamu cetak agar full kertas dan juga agar tidak kecil. Karena dengan menggunakan tampilan horizontal bisa membuat dokumen kamu terlihat lebih lebar dan juga jelas.

5. Mengatur pada print area

Jika kamu ingin mencetak sebagian dokumen saja atau tidak keseluruhan dokumen. Kamu bisa melakukan cara print excel yang satu ini yaitu mengatur pada bagian print area. Jika kamu tidak mengatur pada bagian ini maka microsoft excel akan mencetak keseluruhan dokumen. Caranya:

  • Blok cell yang akan kamu cetak

Mengatur print area

  • Kemudian pilih page layout yang ada pada tab menu

pilih set print area

  • Pilih fitur print area yang ada di menu page layout, kemudian pilih set print area

mencetak dokumen yang di block

Dengan memilih set print area, maka kamu bisa mencetak dokumen yang di block saja. Hal ini akan memudahkan kamu ketika hanya ada beberapa data saja yang perlu kamu print. Jadi kamu tidak perlu mencetak satu dokumen penuh. Selain itu, atur juga dokumen agar tidak kecil saat dicetak.

6. Mengatur page break

Selain kamu bisa mencetak beberapa bagian saja dalam satu dokumen, kamu juga bisa mencetak semua halaman bahkan halaman yang sangat panjang. Ketika kamu mencetak dokumen yang panjang, hal ini akan menjadikan dokumen kamu menjadi lebih dari satu halaman.

  • Pilih menu view yang ada di tab menu
  • Ubah yang awalnya normal menjadi page break preview

Mengatur page break

  • Tampilan dokumen yang akan tercetak

Tampilan dokumen

Dari gambar di atas maka microsoft excel akan mencetak dokumen menjadi beberapa halaman. Bagian pertama yang akan tercetak adalah bagian yang berwarna hijau. Bahkan pada bagian lama inap yang berada di tengah tidak ikut tercetak. Kamu bisa mencetak di halaman selanjutnya.

7. Mengatur print scaling

Cara print excel yang selanjutnya adalah dengan mengatur print scaling atau skala pencetakan. Hal ini merupakan cara yang bisa membuat dokumen kamu agar tidak terlihat kecil. Kamu bisa memanfaatkan menu yang ada di group scale to fit yang ada di tab layout. Caranya:

  • Klik pada tab menu page layout yang ada di microsoft excel

tab page layout

  • Kamu bisa langsung pergi ke bagian scale to fit dan atur pada width dan height

Mengatur print scaling

Hal yang biasanya diatur hanyalah yang width diubah menjadi 1 halaman dan yang height dibiarkan otomatis. Dengan begitu bisa membuat microsoft excel menyesuaikan dengan ukuran tinggi pada halaman tersebut secara otomatis. Hal ini juga akan memudahkan kamu dalam mencetak dokumen.

Cara print excel memang bisa dibilang lebih rumit daripada cara print pada microsoft word. Karena bisa saja dokumen yang kamu print tersebut hasilnya terpotong atau bahkan tidak rapi. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Kamu bisa menggunakan cara print excel yang ada di atas untuk mengatasi hal tersebut. Dengan begitu tentunya bisa mempermudah pekerjaan yang kamu lakukan. Selamat mencoba.

Avatar

Cara Memperbesar Ukuran PDF

Nur Huda Nur Huda
4 min read

Cara Translate PDF

Avatar Nova Putri
2 min read

Cara Mengubah PDF ke Excel

Ada beberapa cara mengubah PDF ke Excel dengan cukup mudah. Cara-cara berikut ini bisa dilakukan bila kalian ingin mengedit atau mengubah format dokumen. Dari...
Avatar Alun Nikita
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!