Cara Reset Printer Canon IP2770

3 min read

Cara Reset Printer Canon IP2770

Nama Canon mungkin sudah begitu familiar di telinga kita semua, terutama pengguna produknya. Jika kamu punya printer namun tidak tahu cara reset printer canon ip2770, mungkin kamu datang ke tempat yang tepat.

Tidak semua orang tahu bagaimana cara reset printer canon ip2770 secara total. Bahkan tidak jarang pula pengguna printer tidak tahu kalau tinta habis karena seringnya mereka menggunakan printer untuk berbagai keperluan pencetakan.

Penyebab Harus Reset Printer

Untuk mencari tahu cara reset printer canon ip2770 yang tepat, akan lebih baik jika tahu penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh error dari mesin atau penggunaan printer yang berlebihan.

Di keadaan tertentu, printer butuh reset. Hal ini dikarenakan beberapa penyebab, seperti:

1. Tinta Habis

Ada berbagai alasan kenapa tinta printer mudah habis, seperti telat mengisi tinta atau saluran tinta tidak lancar. Kemudian, cartridge tidak memiliki tinta yang cukup saat melakukan pencetakan. Jika tidak segera diatasi, masa pakai cartridge bisa berkurang dan kamu butuh cara reset printer canon ip2770 yang sesuai.

2. Paper Jam

Paper jam adalah salah satu penyebab mengapa printer macet dan tidak bisa mencetak dengan baik. Penyebabnya adalah adanya bagian kertas yang menghalangi perputaran printer. Sehingga, printer tidak bisa menempatkan cartridge.

Jika hal ini terjadi, maka yang harus kamu lakukan adalah reset printer. Selain itu, masalah ini juga memperlambat waktu pencetakan serta memperlama jatah waktu pakai printer kamu.

3. Cartridge Error

Error pada cartridge adalah penyebab atau alasan lain kenapa reset printer diperlukan. Selain karena paper jam dan tinta habis, error pada cartridge bisa juga dikarenakan oleh cacat fisik tau cartridge sudah sering digunakan.

2 Cara Reset Printer Canon ip2770

Setelah itu, kamu bisa mulai mencari tutorial cara reset printer canon ip2770 yang bisa ditemukan dengan mudah melalui pencarian di Google atau di YouTube.

1. Manual (Tanpa Software)

Cara yang satu ini bisa dibilang cara reset printer canon ip2770 yang paling sering digunakan oleh banyak orang karena bisa dilakukan tanpa software. Jika kamu mengalami masalah dalam penggunaan printer, kamu bisa coba mereset printer dengan langkah-langkah ini.

  • Pertama, jika printer dalam keadaan menyala atau ON, maka matikan terlebih dahulu printer dengan cara menekan tombol On/Off.

Reset Printer Canon ip2770 Manual

  • Kedua, cabut kabel power printer dari stop kontak listrik.
    Setelah itu, kamu bisa coba menekan tombol power printing tanpa jeda atau tidak dilepaskan sembari memasangkan kembali kabel power printer pada sumber listrik.
  • Setelah 2 hingga 5 detik, tekan tombol resum printer sebanyak dua kali dan lepas tombol tersebut jika sudah berwarna hijau.
  • Kemudian, cari settingan printer di control panel komputer atau laptop yang terhubung dengan printer yang sedang digunakan dan temukan “printer baru” ditandai dengan nama copy dibelakang nama printer.

cari settingan printer

  • Terakhir, jadikan pilihan tersebut sebagai default, jadi jangan lagi menggunakan pilihan yang sebelumnya biasa kamu gunakan.

2. Otomatis (Resetter)

Selain menggunakan cara manual, kamu juga bisa mencoba cara reset printer canon ip2770 secara otomatis menggunakan resetter. Reset printer biasanya dilakukan saat printer tidak bisa bekerja yang ditandai dengan lampu LED yang menyala bergantian.

Satu hal yang harus kamu tahu tentang Error 5b00 adalah bahwa error semacam ini bisa terjadi di semua jenis printer. Pesan error ini biasanya terjadi karena ink absorber atau penyerapan tinta di sistem pembuangan limbah tinta sudah penuh. Tandanya adalah lampu LED printer biasanya berkedip beberapa kali.

Untuk mencoba cara yang satu ini dimana kamu reset printer dengan software, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa printer dalam keadaan mati.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Resume dan dilanjutkan dengan menekan tombol power hingga lampu hijau menyala.

Reset Printer Canon ip2770 Otomatis

  • Kemudian, lepaskan tombol Resume dan tetap tahan tombol Power.
  • Langkah selanjutnya adalah menekan tombol resume sebanyak 5 kali dan lampu LED akan menyala secara bergantian dari orange ke hijau, dan akan berakhir kembali dengan warna orange.
  • Setelah melepaskan semua tombol, lampu LED akan berkedip dan berhenti dengan warna hijau.
  • Tunggu selama komputer mendeteksi printer.
  • Saat printer dalam keadaan Service Mode, itu berarti kamu bisa mulai melakukan reset.

Prosesnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, pastikan sudah terpasang Resetter Canon IP2770/2700, namun jika belum kamu bisa mendownloadnya sekarang juga.
  • Siapkan dua lembar kertas dan simpan di tray printer canon kamu.
  • Setelah itu kamu bisa langsung klik EEPROM seperti gambar di bawah ini.

langsung klik EEPROM

  • Setelah software terpasang, bukan software tersebut dan klik pilih main di bagian Clear Ink Counter dan Ink Absorber Counter.

Ink Absorber Counter

  • Printer akan secara otomatis melakukan cetakan dengan teks D=000.0.

cetakan dengan teks

  • Jika sudah proses pencetakan sudah selesai, kamu bisa mematikan printer dan hidupkan kembali.
  • Coba gunakan printer untuk mencetak dokumen apa saja untuk memastikan bahwa printer sudah bisa kamu gunakan kembali.

Jika salah satu software tidak bisa digunakan, maka kamu bisa mencoba software lain. Singkatnya, kamu bisa terlebih dahulu menggunakan service tool V1074 dan kemudian menggantinya dengan service tool v3400 atau sebaliknya.

Hal ini dilakukan agar masalah printer segera bisa diatasi dengan baik agar printer bisa kembali kamu gunakan.

Jadi, cara reset printer canon ip2770 seperti apa yang pernah kamu coba? Jika kamu belum pernah mencoba cara apapun sama sekali, namun perlu reset printer, tidak ada salahnya mengaplikasikan dua cara di atas.

Walau bagaimanapun, printer memiliki peran penting, terlebih jika kamu harus selalu melakukan pencetakan. Jika reset bisa dilakukan sendiri baik tanpa software maupun dengan software, tentu saja kamu tidak perlu orang lain untuk melakukannya. Masalah bisa kamu atasi bahkan tanpa harus mengeluarkan uang, bukan?

Noviisrn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!