Cara Reset Printer Epson l360

3 min read

Cara Reset Printer Epson l360

Salah satu printer yang paling sering digunakan masyarakat adalah Epson l360. Printer ini kuat digunakan untuk mencetak berkas. Tidak heran, banyak orang yang mengalami error Epson l360. Nah, bagaimana sih cara reset printer epson l360?

Pada pembahasan kali ini, penulis akan menjelaskan bagaimana cara resetter untuk printer Epson l360 berserta series sejenisnya. Selain itu, akan dijelaskan apa saja problem error yang sering terjadi pada series printer ini.

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara reset printer epson l360, mari kita kenal apa saja problem yang sering terjadi pada series printer Epson l360 ini.

Notifikasi Error pada Printer l360

Notifikasi Error pada Printer l360

  • Ink pad is ad te end of its service live: ketika bantalan tinta dalam print sudah tidak bisa menampung tinta lagi. Maka dari itu, kalian harus memperbaiki bagian tersebut. Notifikasi tersebut memberikan petunjuk untuk ke customer service.
  • It is nearly time to reset the ink levels: Kalian harus mereset tingkatan indikator tinta. Sebab, sudah terlalu sering digunakan dan ditandakan dengan lampu tinta kertas berkedip beberapa kali.
  • Ink Waste is full: Masalah ini timbul ketika limbah tinta printer kalian penuh. Tandanya lampu tinta kertas berkedip 7 kali berturut-turut dan terus berulang. Maka Anda harus melakukan resetter pada printer l360 series tersebut.
  • It is time to reset the ink levels: Hal ini menandakan printer kalian sudah waktunya dilakukan reset tingkatan atau indikator tinta. Hal tersebut disebabkan karena printer sudah terlalu banyak mencetak dan indikator perlu diatur kembali.
  • Service required: Jika Anda notifikasi tersebut, maka ada kemungkinan printer kalian mengalami sedikit gangguan yang agak serius. Namun jangan khawatir, kalian bisa meresetnya sendiri. Sehingga tidak perlu membawa ke tukang service.

Jika kalian menemukan beberapa masalah printer sehingga tidak lagi bisa digunakan, maka solusinya adalah reset kembali (resetting). Bagaimana cara reset printer epson l360 manual dan otomatis?

Reset Printer Epson l360 Otomatis (Resetter)

Jika kalian memilih cara otomatis, maka Anda bisa download software resetter printer l360 terbaru. Hampir semua masalah printer, bisa dilakukan reset dengan menggunakan aplikasi yang satu ini secara offline.

Cara reset printer epson l360 yang pertama adalah kalian harus punya file Epson Adjustment Program, bisa download disini. [Password: fpdd]

File tersebut hanya ber-size 2.7 mb. Sehingga sangat cepat di download dan coba buka di laptop kalian secara offline. Akan terlihat tampilan seperti di bawah ini:

Reset Printer Epson l360 Otomatis

Cara reset printer Epson l360 dengan aplikasi Epson Adjustment Program ini adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan kabel USB printer ke dalam laptop atau PC kalian
  2. Buka aplikasi yang sudah kalian download tadi
  3. Setelah itu, Anda tiga pilihan yang bisa Anda klik
  4. Select : untuk digunakan memilih tipe (pilih l360 series)

lampu kertas berkedip

  • Particular Adjustment Mode: digunakan untuk memilih reset pada bagian tertentu saja
  • Sequential adjustment mode: bisa kalian gunakan untuk reset secara banyak bagian
  1. Pilih masalah yang kalian temui sesuai dengan notifikasi dari printer Epson l360 kalian (Misal: waste link pad)

l360 dengan software

  1. Setelah itu pilih Initialize
  2. Jika ingin langsung reset beberapa bagian, klik Sequential

epson l360 dengan aplikasi

  1. Setelah itu pilih “Removal” atau “replacement

pilih Removal

  1. Jika kalian memilih particular adjusment mode, maka sesuaikan pengaturannya
  2. Klik next hingga selesai

Kalian bisa mengeksplor sendiri banyak hal di dalam aplikasi Epson Adjustment Program tersebut secara offline. Aplikasi tersebut bisa digunakan secara portable, ringan, dan otomatis. Maka kalian hanya perlu memasukkan kabel usb printer epson l360 series kalian ke laptop.

Hampir semua problem dari printer bisa diselesaikan oleh aplikasi ini. Diantaranya adalah; paper jam, blinking, reset waste ink pada counter, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk maintenance, seperti: head cleaning, Ink charge, dan shipping setting.Semua sudah terprobem secara sistematis dalam satu software terpadu, yakni Epson Adjustment Program.

Reset Epson l360 Manual (Tanpa Software)

Cara reset printer printer l360 series yang error dengan berbagai notifikasi kedua adalah reset manual. Tentunya, semua bisa kalian lakukan tanpa software. Namun, harus dilakukan secara sistematis dengan teknik yang khusus.

Cara ini dikatakan bisa lebih efektif, sebab printer secara manual dipaksa untuk memprogram ulang sistemnya. Maka sebelum melakukan reset, kalain perlu melakukan checking terlebih dahulu.

  • Lihat tinta pada tabung (apakah masih cukup atau butuh diisi ulang?)
  • Periksa selang tinta (apakah ada angin yang masuk atau lancar?)
  • Cek head cartridge (apakah ada kotoran, kerusakan, atau sesuatu yang menghalangi?)
  • Periksa kabel USB Printer (apakah sudah terhubung, rusak, ataupun usang?)
  • Periksa tempat masuk kertas dan roller (apakah ada gangguan, kotoran, atau paper jam?)

Jika pada beberapa bagian tersebut ada masalah, maka kalian harus memperbaikinya. Namun jika tidak namun tetap terjadi blinking, maka kalian wajib melakukan reset ulang. Sehingga pengaturan dikembalikan ke awal dan program berjalan normal.

Adapun cara manual melakukan resetter manual adalah sebagai berikut:

  • Matikan printer kalian, cabut kabel power dan USB selama 5-10 menit

epson l360 setelah isi tinta

  • Setelah itu, nyalakan kembali dan tunggu 1-2 menit hingga menyala sempurna
  • Tunggu posisi printer stabil (Tidak berbunyi atau bekerja)
  • Tekan dan tahan tombol resume (gambar tinta) selama 5-10 detik sampai lampu berkedip dengan irama berbeda

epson l360 secara manual

  • Secara otomatis, sistem IC akan mereset ulang programnya
  • Kalian tunggu hingga printer Epson l360 series kalian selesai bekerja

Setelah itu, hanya 2 kemungkinan yang akan terjadi:

  • Berhasil: Printer bisa kalian gunakan kembali seperti sedia kala
  • Gagal: Ketika lampu tetap blinking dan berkedip seperti semula

Jika gagal, kalian bisa mencoba cara reset printer Epson l360 otomatis yang menggunakan Epson Adjustment Program. Jika tetap gagal, maka tidak ada cara lain selain membawanya ke tukang service printer.

Kemungkinan terbesar, printer kalian memiliki gangguan serius pada bagian hardware-nya. Sehingga perlu dibongkar dan diperbaiki bagian tersebut. Jika tetap tidak bisa, maka kalian perlu mengganti printer tersebut.

Instalasi Driver Epson l360

Salah satu software penunjang untuk melakukan resetter adalah driver.Karena boleh jadi, printer kalian tidak bisa digunakan sebab laptop yang kalian gunakan belum memiliki driver. Maka dari itu, kami rekomendasikan untuk mendownload driver terlebih dahulu.

Link download driver printer Epson l360 adalah disini.

Download tiga file di dalam link tersebut, Epson Web Installer, Printer Driver, dan Scanner Driver for Windows. Jika sudah kalian install, coba cek kembali apakah printer kalian berfungsi atau tidak.

Jika tidak, berarti memang harus dibawah ke tukang service. Terkadang, kerusakan printer yang terlalu parah harus membuat kalian membeli printer lagi. Proses service printer tidak menjamin kalian mendapatkan garansi tetap awet.

Kesimpulan

Beberapa cara reset printer Epson l360 otomatis dan manual tanpa software di atas, perlu kalian lakukan secara step demi step. Ketika kalian mendapatkan notifikasi masalah printer di laptop, jangan khawatir dulu. Kalian bisa melakukan reset sendiri kok, asalkan mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan di atas.

Nur Huda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!