Cara Restore Windows 10

3 min read

Cara Restore Windows 10

Kamu pengguna sistem operasi Windows 10 untuk PC atau laptop? Jika iya tentu sudah akrab dengan istilah restore Windows 10. Adapun cara restore Windows 10 dapat dilakukan tanpa harus instal ulang dan data tetap tersimpan aman.

System restore Windows memiliki fungsi untuk mengembalikan Windows  ke tanggal tertentu. Hal ini dianalogikan dengan fitur undo pada Ms.Office. Dengan mengetahui cara restore kamu bisa mengembalikan file sistem yang semula rusak ke kondisi sebelumnya.

Efek system restore ini tak berpengaruh apapun pada dokumen pribadi atau file yang kamu simpan di laptop. Walaupun begitu tindakan ini memiliki resiko terhadap program yang di restore karena bisa berjalan tidak normal sebab ada file yang kurang.

Ada baiknya untuk program dilakukan instal ulang. Cara ini bisa diaplikasikan ke semua merk laptop mulai dari Acer hingga Lenovo tanpa menghapus data didalamnya.

3 Cara Restore Windows 10

Sebenarnya ada manfaat lain dibalik restore Windows ini seperti mampu menghapus virus yang menyebar pada perangkatmu. Langkah ini juga mampu menghilangkan bluescreen hingga hang sistem karena salah setting Windows.

1. Lewat System Restore

Untuk memperbaiki Windows 10 dengan cara restore bisa memanfaatkan fitur bawaan yang sudah disediakan yakni system restore. Dengan sistem ini jika komputer mengalami kerusakan pada 1 Januari 2022 bisa dikembalikan ke kondisi komputer sebelum rusak pada 28 Desember 2020.

  • Pertama- tama tekan tombol Windows lalu ketik system properties dengan menekan windows+R
  • Setelah jendela Run terbuka pilih sysdm.cpl lalu tunggu hingga jendela system  properties muncul

Lewat System Restore

  • Lanjutkan ke menu system protection lalu tujulah system restore
BACA JUGA
Cara Mengatasi No Bootable Device Found

system protection

  • Untuk melanjutkan proses klik next
  • Nantinya kamu akan diminta untuk merestore file yang diinginkan. Tekan tulisan scan for affected programs untuk memeriksa file yang direstore dan terhapus nantinya

scan for affected programs

  • Klik close bila sudah selesai memeriksa kemudian tekan tombol next untuk proses selanjutnya
  • Kamu akan diminta mengkonfirmasi restore point dimana sudah ada jadwal restore point atau ke tanggal berapa Windows ingin di undo.
  • Apabila sebelumnya belum pernah melakukan system restore maka bisa di klik tombol create dan klik selesai dengan memilih tombol finish untuk mengakhiri proses restore

Selanjutnya perangkat akan restart dengan sendirinya. Ini artinya proses undo sedang berlangsung dan durasi perbaikan tergantung dari seberapa besar perubahan antara sistem saat ini dengan yang dijadwalkan pada system restore.

2. Lewat CMD

Cara restore Windows 10 juga bisa melalui CMD atau Command Prompt yakni tools system file checker atau disingkat dengan SFC. tools ini mampu memeriksa dan mengembalikan file yang corrupt. Cara ini cocok untuk laptop yang sering mendapatkan notifikasi error.

  • Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk system restore melalui CMD ialah membuka Command Prompt. Kamu bisa membukanya melalui start menu lalu lakukan pencarian CMD.

Restore Lewat CMD

  • Jika ingin langsung membuka jendela CMD bisa menekan tombol ctrl+X secara bersamaan.
  • Ketika jendela CMD terbuka ketikan perintah sfc/scannow kemudian tekan tombol enter

sfc/scannow

  • Tunggulah proses scanning yang dilakukan selesai. Durasi scanning tergantung dari seberapa banyak program yang telah terinstal di komputer atau laptop
  • Nantinya akan muncul laporan hasil dari scanning tadi. Hasil scanning bisa berupa Windows Resource Protection could not perform the requested operation sehingga perlu scanning lewat safe mode agar file yang rusak bisa diperbaiki
  • Ada pula laporan hasil scanning berupa Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them yang mana cara ini tidak bisa melakukan perbaikan sehingga penggantian file dilakukan secara manual
  • Selain itu terdapat pula hasil scanning Windows Resource Protection did not find any integrity violations yang artinya adanya file sistem yang hilang sehingga perlu diinstal ulang
BACA JUGA
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

hasil scanning Windows Resource Protection

  • Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them menunjukkan adanya file yang corrupt dan bisa diperbaiki dengan cara ini

Untuk menjalankan cara restore Windows 10 melalui CMD pastikan kamu sebagai administrator sehingga memiliki hak untuk mengakses dan melakukan perubahan atas sistem komputer. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk proses ini biasanya memakan waktu 10-20 menit saja.

3. Lewat Bios

Cara restore Windows 10 terakhir biasanya dilakukan jika dua cara diatas tidak bekerja. Pasalnya cara ini dilakukan saat komputer tidak bisa booting sama sekali. Saat booting komputer bisa menjalankan seluruh hardware dan software  sebagaimana fungsinya.

  • Matikan komputer kemudian menyalakan kembali dan saat layar masih hitam dan kursor sedang berkedip kamu tekan ESC atau escape atau F8 secara berulang-ulang
  • Nantinya akan muncul notifikasi Windows 10 gagal untuk dijalankan lalu lanjutkan dengan menekan tombol Advanced options lalu terdapat tiga pilihan yang tersedia yakni continue, troubleshoot dan turn off your PC.

Restore Lewat Bios

  • Pilihlah troubleshoot dan akan ada 6 menu pilihan kemudian pilih system restore

Pilihlah troubleshoot

  • Setelah jendela system restore terbuka kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang disediakan dengan mengklik tombol next dan akhir dengan tombol finish bila sudah menentukan restore point

Langkah ini sebenarnya mirip dengan cara restore Windows 10 melalui system restore hanya saja berbeda di langkah awalnya. Pada langkah pertama kamu menggunakan menu jendela Run sementara bila lewat bios harus mematikan komputer dan menekan tombol F8 berulang kali.

System restore memang sering dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah error pada komputer. Meskipun tidak mempengaruhi data pada partisi namun ada baiknya untuk menyimpan data di drive lain. Perlu diperhatikan bahwa system restore akan mempengaruhi partisi C dimana program file tersimpan.

BACA JUGA
Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Apabila program atau software tidak bekerja sebagaimana mestinya setelah dilakukan system restore maka sebaiknya kamu instal ulang kembali. Lakukan update jika memang tidak ada masalah pada program komputer kamu.

Cara restore Windows 10 diatas tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Cara ini biasa dilakukan untuk mengembalikan kondisi Windows  ke tanggal tertentu tanpa menghapus data. Bagaimana berminat untuk memperbaiki komputer kamu melalui cara diatas?

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!