Cara Scan Barcode

2 min read

Cara Scan Barcode

Keberadaan software yang  membaca QR & barcode sangat penting, misalnya membantu pendataan secara cepat dan lebih efisien. Biasanya proses pendataan dengan manual, akan memakan waktu yang lama dan menghambat pekerjaan.

Hampir semua orang menggunakan smartphone. Sehingga cara scan barcode menggunakan smartphone, menjadi pilihan menarik. Selain mudah, karena bisa melakukan dimanapun, penggunaannya juga lebih ringkas dan praktis.

Bahkan hampir semua lini perusahaan tidak luput dari penggunaan barcode. Mulai dari bisnis retail, pengepakan, penerbitan, makanan, sampai farmasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Scan Barcode

Seiring sadarnya publik mengenai keberadaan QR & barcode yang cukup penting dan sangat dibutuhkan. Mulai dari itu, mulai bermunculan layanan atau software yang bisa melakukan scan di HP sendiri. Berikut ini cara-caranya:

1. Pindai Barcode untuk Mencari Lokasi dari Whatsapp

Tidak jarang mendapat lokasi dari pesan terusan WA dengan bentuk QR code atau barcode. Tentu sangat merepotkan jika harus menulis alamat secara manual, padahal ada cara agar bisa langsung masuk ke Google Map.

Berikut ini langkahnya:

  • Masuk Whatsapp dan pilih “opsi lain”, lalu klik “setelan”.

Pindai Barcode Lokasi Whatsapp

  • Ketuk icon QR, biasanya ada di samping nama kamu.

Ketuk icon QR

  • Pilih bagian “pindai kode”.

barcode di hp sendiri

  • Arahkan perangkat di atas QR code untuk memindai hingga selesai.

scan barcode di iphone

Aplikasi satu ini memang sedang populer sekarang ini, pesan-pesan berupa barcode sudah bisa kamu buka dengan mudah. Tidak perlu lagi membuka software terkait, karena WA sudah cukup kompatibel untuk memindai barcode.

2. Scan Barcode Menggunakan Google Assistant

Menggunakan Google Assistant

Pengguna smartphone pasti tidak asing lagi dengan keberadaan Google Assistant, biasanya menjadi aplikasi bawaan di Android. Salah satu fiturnya yang bisa memindai QR code adalah Google Lens.

BACA JUGA
Cara Screenshot Xiaomi

Berikut langkahnya

  • Buka aplikasi Google Lens di HP.
  • Arahkan kamera Google pada QR Code yang hendak di Usahakan kodenya benar-benar jelas dan tidak buram. Setelah berhasil, ponselmu akan mengalihkan sendiri pada jendela informasi kode.

Untuk mengaktifkan Google Lens, kamu dapat menggunakan perintah suara “ok Google” atau tekan tombol “home” beberapa detik. Setelah poop-up muncul, klik icon Google Lens. Untuk mengaktifkan perizinan kamera ketuk “allow”.

3. Scan Barcode Tanpa Aplikasi.

Scan Barcode Tanpa Aplikasi

Ada cara scan barcode yang lebih mudah, tanpa repot untuk mengunduh aplikasi yang mengurangi memori HP. Untuk Android bisa menggunakan Google Chrome, sedangkan iOS dianjurkan melalui Safari.

  • Arahkan kursor untuk menuju situs web QR (http://webqr.com), aktivasi kamera dengan klik “Allow”.
  • Terakhir arahkan kamera pada barcode yang hendak di-

Tools ini juga bisa berfungsi untuk men-scan alamat yang berupa barcode. Jadi, untuk kamu semua yang ingin memindai bisa langsung melakukan sekalian melalui laman yang sama.

4. QR & Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner menjadi salah satu aplikasi pemindai yang cukup terkenal dan populer dikalangan masyarakat. Terhitung hampir mencapai 100 juta pengguna saat ini. Selain mudah pengoperasiannya, software ini juga gratis.

  • Buka aplikasi QR & Barcode Scanner, jika belum memiliki kamu bisa download terlebih dahulu melalui Google Play.
  • Arahkan kursor pada menu pindai, kemudian dekatkan kamera ke QR code yang akan dicek.
  • Tidak perlu menunggu lama, aplikasi ini akan segera memprosesnya.

Hadirnya aplikasi scan barcode terbukti sangat berguna. Melihat tidak semua perangkat smartphone mendukung untuk bisa melakukan pemindaian secara langsung. Entah kendala dari HP sendiri atau dari luar.

BACA JUGA
Cara Reset iPhone

5. Pindai QR Code Tanpa Kamera

QR Code Tanpa Kamera

Pada beberapa kasus, bisa jadi ada masalah terkait kamera. Misalnya kamera buram atau tidak jelas untuk memotret objek. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena memindai barcode bisa dilakukan tanpa melibatkan kamera.

  • Buka laman onlinebarcodereader.com
  • Tekan tombol upload file dan arahkan kamera pada QR-mu.
  • Tekan Start dan tunggu beberapa saat prosesnya akan selesai. Karena prosesnya cepat, software ini menjadi scan barcode favorit banyak orang.

Software ini sangat mudah untuk kamu gunakan. Selain tidak akan mengurangi memori, prosesnya juga sangat cepat. Terdapat dua opsi pengunggahan file, pertama dengan mengunggah file dan kedua, memasukkan URL.

6. QR & Barcode Reader

QR Barcode Reader

Aplikasi ringan ini bisa untuk memindai kode Google Maps atau Maps di undangan, yang populer saat ini. Desainnya sederhana dan simpel serta dapat memindai berbagai jenis format barcode. Seperti QR, Matrix, Aztec, dan lain-lain.

Software ini dapat kamu gunakan dalam kondisi online, caranya juga lumayan cepat. Hanya menuju laman tertera, kemudian kamu akan disuguhkan tampilan muka software. Dengan begitu pemakai pemula, bisa mudah memakainya.

7. Pembaca Kode QR, Melalui Aplikasi

Aplikasi Pembaca Kode QR

Cara scan barcode terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memindai barcode. Fungsi dan cara penggunaannya hampir sama dengan aplikasi scan  lainnya. Caranya lumayan mudah dan cepat, berikut langkah-langkahnya.

BACA JUGA
SIM Card Tidak Terbaca

Keberadaan software pemindai QR code atau barcode benar-benar sangat membantu banyak pihak. Membuat pekerjaan bisa lebih efisien dan praktis. Beberapa cara scan barcode di atas dapat kamu praktikkan, selamat mencoba!

Avatar

Cara Reset iPhone

Avatar Arrasy
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!