Cara Update Driver

3 min read

Cara Update Driver

Laptop, komputer, dan PC adalah perangkat yang memiliki banyak komponen di dalamnya. Beberapa di antaranya harus di-update secara rutin, salah satunya adalah driver. Oleh karena itu, kita harus bisa mengerti cara update driver di laptop dan PC atau komputer.

Buat yang belum tau, driver adalah sebuah program yang berfungsi untuk menjalankan suatu komponen di sistem laptop.

Dengan adanya driver, sistem operasi di laptop mampu mengontrol perangkat keras seperti VGA, touch pad, LAN, wifi, blue tooth, dan lain-lain.

Jika dilihat dari fungsinya, driver adalah komponen yang sangat penting untuk laptop. Oleh karena itu, kalian harus meng-updatenya secara rutin agar PC atau laptop terhindar dari kerusakan yang bisa menghambat aktivitas.

Apakah kalian sudah tau cara buat update driver yang benar? Simak dulu!

Macam-Macam Driver

Berdasarkan fungsinya, driver dapat dibedakan menjadi 9 macam yaitu driver audio (sound card) untuk suara, bios untuk motherboard, chipset untuk prosesor motherboard, graphics, keyboard, mouse, storage untuk penyimpanan, webcam, dan network untuk koneksi internet.

4 Cara Update Driver

Ada beberapa cara update driver yang bisa kalian lakukan pada laptop atau PC untuk memaksimalkan kinerjanya. Langkah-langkahnya cukup mudah untuk dipraktikan pada laptop dan PC kalian lho.

1. Fitur Windows Update

Salah satu cara untuk update driver yang paling mudah untuk dilakukan adalah lewat fitur Windows Update. Hanya saja, cara untuk update driver yang satu ini hanya bisa dilakukan untuk pengguna Windows 10 dan membutuhkan koneksi internet yang bagus.

Cara ini tidak hanya akan mengupdate Windows saja, namun juga fitur lainnya termasuk driver. Oleh karena itu, cara meng-update driver yang satu ini bisa memakan waktu cukup lama.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah klik Start yang ditandai dengan ikon empat kotak di bagian kiri bawah layar kalian. Selanjutnya, klik Settings. Setelah itu, klik Update and Security.

update driver lewat fitur windows update

  • Kemudian, klik Windows Update yang ada di sebelah kiri dari layar kalian. Jika bingung, lihat di foto bawah ini.

klik windows update

  • Setelah klik Windows Update, kalian perlu klik Check For Updates seperti yang ada di foto bawah ini.

klik check for updates

  • Setelah itu, kalian akan melihat daftar driver yang tersedia untuk diinstall atau diperbaharui. Lalu, kalian hanya perlu klik Install Now dan tunggu sampai selesai. Terakhir, sistem akan merestart sendiri agar driver bisa berjalan dengan sempurna.

2. Device Manager

Device Manager adalah fitur kontrol dalam sistem operasi Microsoft Windows. Lewat Device Manager, kalian bisa melihat dan mengontrol semua perangkat keras yang terpasang ke laptop atau PC.

Oleh karena itu, kalian bisa mengupdate driver lewat device manager. Berbeda dengan cara meng-update driver sebelumnya yang hanya bisa dipraktikan oleh pengguna Windows 10, cara ini bisa dilakukan oleh pengguna Windows 7 dan Windows 8 juga.

Untuk bisa update driver melalui device manager, pastikan bahwa perangkat keras yang kalian gunakan sudah terhubung dengan koneksi internet yang bagus.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka device manager. Kalian bisa lakukan ini dengan cara searching di bagian bawah dengan keyword “Device Manager”. Selanjutnya, akan muncul seperti yang ada di foto bawah ini.

klik check for updates

  • Ada banyak driver yang sudah ada di laptop kalian. Pilih salah satu yang mau diupdate, misalnya keyboards. Kemudian, klik kanan kemudian pilih Update Driver dan akan muncul dua pilihan seperti di bawah ini.

pilih update driver

  • Jika kalian ingin update driver secara otomatis, langsung saja klik Search Automatically for Drivers yang ada di atas. Dengan begitu, proses sudah selesai.

3. Melalui Manufacture

Ada kalanya kalian harus update driver melalui manufacture secara manual. Biasanya, hal ini disebabkan karena driver tidak tersedia melalui pembaruan Windows karena masih baru atau hanya tersedia dalam versi beta.

Cara  untuk update driver yang satu ini cukup mudah, bahkan tidak berbeda jauh dengan yang sebelumnya karena sama-sama melalui device manager.

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini tidak memerlukan koneksi internet sama sekali alias secara offline.

Namun, kalian harus mendownload terlebih dahulu driver yang dibutuhkan. Jenis driver yang dibutuhkan untuk setiap merk laptop berbeda-beda.

  • Kalian bisa searching di Google dengan keyword sesuai dengan brand laptop masing-masing. Contohnya “download driver untuk laptop Lenovo”. Pilih yang merujuk ke situs resmi dari merk laptop kalian. Setelah itu, kalian hanya perlu download.
  • Setelah berhasil mengunduh, kalian bisa buka device manager dengan searching melalui search box yang ada di kolom Start. Lalu, klik kanan pada driver yang ingin kalian update.

update driver melalui manufacture

  • Setelah itu, kalian akan dihadapkan dengan dua pilihan. Kalian harus memilih opsi yang bawah yaitu Browse my Computer for Drivers.

browse my computer for drivers

  • Setelah itu, klik Browse dan pilih file yang telah kalian unduh sebelumnya. Selanjutnya, langsung klik Ok. Jangan lupa untuk centang kotak Include Subfolders. Terakhir, klik Next.

centang kotak include subfolders

4. Situs Resmi Laptop

Selain melalui DVD bawaan dari laptop, kalian juga bisa mendapatkan driver melalui situs resmi laptop. Tentu saja, untuk cara meng-update driver yang satu ini berbeda-beda, tergantung dari merk laptop masing-masing.

  • Sebelumnya, pastikan sudah terhubung dengan koneksi internet. Kalian hanya perlu mengunjungi situs resmi dari merk laptop yang digunakan. Di situs resminya, silahkan buka halaman support atau driver.
  • Silahkan cari driver sesuai dengan pilihan kalian masing-masing. Beberapa contohnya antara lain Intel, AMD, Nvidia, dan masih banyak lagi. Contohnya adalah seperti di foto bawah ini. Setelah itu, silahkan download dan simpan.

update driver lewat situs resmi

Kalian tidak perlu khawatir, driver yang diunduh dari situs resminya sudah pasti merupakan versi terbaru.

Cek Versi Driver Update

Setelah mencoba untuk update driver, tentunya kalian ingin mengetahui apakah driver di laptop berhasil terbaharui. Nah, jika tadi kalian sudah melihat beberapa cara untuk update driver, ini saatnya kalian mengetahui cara cek driver yang sudah terupdate atau belum.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik Start lalu cari Device Manager. Setelah itu, pilih driver yang ingin kalian cek versinya. Klik kanan pada driver tersebut, lalu pilih Properties.

cek versi driver update

  • Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan tab yang bisa dipilih. Kalian harus memilih tab Driver. Di sana, kalian akan melihat versi driver secara lebih detil.

memilih tab driver

  • Kemudian, kalian bisa coba cek versi driver dengan yang ada di situs resmi merk laptop yang kalian pakai. Jika sama, maka sudah pasti versi tersebut adalah yang terbaru.

Kesimpulan

Itulah 4 cara update driver yang sangat mudah dan bisa dipraktikan di berbagai merk laptop dan sistem operasi. Tidak hanya Windows 10 saja, namun juga bisa di Windows 7 dan Windows 8.

Ada cara update driver yang otomatis dan bisa dilakukan secara offline lho. Anda juga bisa memilih driver yang diinginkan seperti AMD, Intel, Nvidia, dan masih banyak lagi.

Gabriella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!