HP Mati Sendiri

3 min read

hp mati sendiri apa penyebabnya

Pernahkah kamu mengalami masalah HP mati sendiri saat sedang digunakan atau saat di cas? Hal ini tentu sangat menjengkelkan karena HP tiba-tiba mati dan hidup sendiri saat bermain game, browsing, maupun streaming film.

Kamu perlu mengetahui apa penyebabnya sehingga kamu bisa menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi HP mati sendiri padahal baterai masih banyak. Masalah seperti ini sering dialami oleh semua merk HP.

Penyebab HP sering mati sendiri hidup sendiri atau sering restart bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, HP tiba-tiba mati dan tidak bisa hidup lagi dikarenakan baterai HP rusak, sistem crash, ada komponen yang bermasalah, atau bisa juga karena HP terlalu panas.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Ada beberapa cara untuk mengatasi HP yang sering mati sendiri. Kamu harus mencari tahu dulu apa yang menyebabkan HP kamu bisa mati sendiri. Misalnya, masalah ini terjadi karena komponen atau sistem yang rusak.

Di artikel ini kamu bisa menemukan solusi untuk mengatasi HP mati sendiri padahal baterai penuh. Cobalah beberapa tips mengatasi HP yang sering mati atau restart sendiri.

1. Perbaiki Status Baterai yang Error

perbaiki status baterai error

Masalah HP sering mati sendiri padahal indikator baterai masih penuh bisa jadi disebabkan oleh status baterai yang bermasalah. Misalnya di layar HP menunjukkan bahwa baterai masih 30% tapi ternyata daya baterai yang tersisa hanya 10%.

BACA JUGA
Cara Mengembalikan Kontak Yang Terhapus

Untuk memperbaikinya, kamu bisa mencoba kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi Battery Calibration. Berikut langkah-langkah penggunaan Battery Calibration.

  • Unduh dan instal aplikasi Battery Calibration.
  • Charge smartphone kamu hingga penuh 100%.
  • Saat baterai sudah penuh, jangan cabut dulu chargernya.
  • Lakukan kalibrasi dengan aplikasi Battery Calibration.
  • Setelah kalibrasi selesai, cabutlah charger dari HP kamu.

Status baterai error ini bisa disebabkan oleh root Android, pemasangan custom ROM, atau biasa juga terjadi setelah update system.

2. Perbaiki Sistem yang Crash

perbaiki sistem yang crash

Penyebab lain HP mati sendiri adalah sistem atau ROM HP kamu rusak. Adanya kerusakan ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak instal aplikasi sehingga memori internal menjadi penuh, sistem HP yang tidak stabil, atau karena adanya bug di sistem.

Untuk mengatasinya, kamu bisa ikuti beberapa tips untuk memperbaiki sistem yang crash ini.

  • Lakukan update atau pembaruan sistem.
  • Jika kamu telah melakukan update sistem namun masalah HP mati masih sering terjadi, cobalah untuk rollback sistem.
  • Jika tidak ada perubahan, kamu bisa mereset HP kamu menjadi setelan pabrik.

Reset pabrik ini terbukti dapat mengatasi lebih dari 80% masalah di sistem HP. Setelah pengaturan HP dikembalikan seperti kondisi baru atau setelan pabrik, sistem HP kamu akan menjadi lebih stabil.

3. Perhatikan suhu HP

perhatikan suhu HP

Suhu HP yang terlalu panas saat digunakan main game atau menjalankan aplikasi berat bisa menyebabkan HP mati sendiri. Untuk itu, kamu harus memperhatikan suhu HP kamu dan menjaganya agar tidak cepat panas.

Ikuti beberapa tips berikut untuk mengatasi HP yang cepat panas:

  • Selalu gunakan charger HP original.
  • Matikan GPS.
  • Matikan juga aplikasi yang bekerja di belakang layar.
  • Jangan gunakan HP untuk main game atau streaming secara nonstop.
  • Lepaskan casing saat HP terasa panas.
BACA JUGA
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Itulah beberapa tips untuk mengatasi HP overheat. Jika kondisi suhu baterai stabil, maka HP kamu tidak akan mudah mati sendiri.

4. Bersihkan File Sampah

bersihkan file sampah

Jika HP kamu sering mati secara tiba-tiba, mungkin saja disebabkan karena banyaknya file sampah atau cache yang menumpuk. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan file sampah tersebut secara berkala.

Kamu bisa menggunakan pembersih cache bawaan HP ataupun dengan cara menginstal aplikasi pembersih cache dari Playstore. Misalnya, kamu bisa menginstal CCleaner, AVG Cleaner, atau Droid Optimizer.

5. Lakukan Unroot

lakukan unroot

Jika HP sering mati sendiri setelah kamu melakukan root, berarti masalah tersebut dikarenakan sistem yang tidak stabil karena root. Oleh karena itu, kamu harus unroot HP untuk mengembalikan performa HP seperti semula.

Kamu bisa melakukan unroot dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti SuperSU, KingRoot, atau Magisk. Selain itu, kamu juga bisa unroot HP Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cukup lakukan reset pabrik sehingga sistem kamu akan dikembalikan seperti setelan pabrik.

6. Gunakan Antivirus

gunakan antivirus

Tidak seperti laptop, HP Android mungkin jarang terkena virus. Namun, ada juga kemungkinan HP mati sendiri karena disebabkan oleh virus. Hal ini karena memang virus adalah program yang berjalan tanpa kamu ketahui.

Cobalah untuk menginstal aplikasi antivirus untuk HP. Misalnya, kamu bisa mengunduh aplikasi AVAST Mobile Security, AVG, atau Bitdefender Antivirus Free. Aplikasi tersebut mampu mencegah virus masuk ke sistem HP kamu.

7. Gunakan SD Card

gunakan SD card

Masalah HP mati sendiri atau restart tiba-tiba bisa juga disebabkan karena kapasitas penyimpanan internal di HP kamu sudah penuh. Oleh karena itu, kamu bisa memakai SD Card atau memori eksternal sehingga ada lokasi penyimpanan alternative.

BACA JUGA
SIM Card Tidak Terbaca

Selain menggunakan memori eksternal, kamu juga harus menghapus data atau aplikasi di memori internal kamu. Setidaknya, kamu harus menyisakan sekitar 20% ruang kosong di memori internal. Tips lain untuk menghemat kapasitas memori adalah dengan menggunakan layanan cloud storage.

8. Lakukan update sistem dan juga aplikasi

update system

Jika HP kamu sering mati atau restart sendiri, bisa jadi dikarenakan adanya bugs di sistem Android. Cara untuk mengatasinya adalah dengan update sistem dan juga aplikasi yang terinstal di HP kamu. Pilihan update sistem ini bisa dilakukan jika tersedia versi sistem terbaru.

Berikut adalah cara update sistem Android.

  • Bukalah menu Settings atau Setelan di smartphone kamu.
  • Pilihlah opsi Tentang Ponsel.
  • Kemudian pilih opsi Pembaruan Sistem.
  • Jika versi sistem terbaru tersedia, klik tombol Update.
  • Setelah update selesai, cobalah untuk restart smartphone kamu.

9. Service HP kamu

service HP

Jika delapan cara di atas tidak berhasil untuk mengatasi masalah HP mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi, kamu harus membawa HP kamu ke Service Center. Berarti masalah HP mati tersebut disebabkan oleh adanya komponen HP yang rusak.

Teknisi akan memeriksa HP kamu untuk menentukan letak kerusakan. Bisa saja memang baterai HP kamu yang rusak atau komponen lainnya seperti IC dan juga konektor. Dengan memperbaiki atau menggantinya dengan komponen baru, HP kamu akan bisa berjalan normal kembali.

Itulah sembilan cara mengatasi HP mati sendiri saat bermain game atau saat melakukan aktivitas lain seperti browsing atau streaming. Jika kamu mengetahui apa penyebabnya, kamu bisa dengan mudah mencari solusi agar HP kamu tidak mati atau restart sendiri.

Cara mengatasi HP mati sendiri saat di cas atau padahal baterai penuh di atas, bisa kamu terapkan di semua tipe dan merk HP Android. Namun, jika HP kamu mati dan tidak bisa hidup lagi, maka sebaiknya kamu segera membawanya ke tempat service agar segera diperbaiki. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA
Cara Cek HP Samsung
Lutfiana linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *