Kelebihan Windows 10

3 min read

Kelebihan Windows 10

Microsoft meluncurkan Windows 10 pada tahun 2015 lalu. Sejak diluncurkan pertama kali, kabar kelebihan Windows 10 langsung terdengar. Hasilnya, para pecinta gadget pun langsung mengincar PC maupun laptop yang memiliki sistem operasi Windows 10.

Salah satu kelebihan Windows 10 yang paling banyak didengar adalah sistem operasi keluaran Microsoft yang satu ini jauh lebih mumpuni dibanding Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

Kabar yang beredar memang benar adanya. Namun meskipun memiliki banyak kelebihan, yang namanya kekurangan akan selalu ada, dan berikut ini beberapa kelebihan Windows 10 beserta dengan kekurangannya.

Kelebihan Windows 10

Pada pembahasan kali ini akan disebutkan enam kelebihan Windows 10, dan berikut ini enam kelebihan yang harus kamu ketahui.

1. Bisa Digunakan di Semua Perangkat

Bisa Digunakan di Semua Perangkat

Windows 10 bisa digunakan di semua perangkat. Jadi, bukan hanya PC atau laptop saja yang mendukung Windows 10, melainkan smartphone juga.

Untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows juga sudah ada banyak, di antaranya adalah Lumia.

Meski Windows bisa beroperasi di smartphone, sebaiknya kamu tetap menggunakan Android atau iOS, karena kedua sistem tersebut sering mendapatkan update.

2. Memiliki Fitur Cortana

Memiliki Fitur Cortana

Fitur cortana merupakan search yang akan memudahkan para pengguna melakukan pencarian di web dan di komputer.

Contoh, kamu ingin mencari informasi kurs Rupiah per hari ini, maka kamu hanya perlu mengetikkan “kurs rupiah” di tombol search yang terletak pada bagian bawah.

Setelah hasil pencarian keluar, kamu bisa langsung mengkliknya. Jadi, kamu tidak harus repot-repot membuka browser di komputer terlebih dahulu apabila ingin mengakses internet.

3. Dilengkapi dengan Fitur Multi Desktop

Fitur Multi Desktop

Dengan adanya fitur yang satu ini, kamu bisa membuat beberapa dekstop baru, semisal tiga desktop.

Pada tiap-tiap desktop itu, kamu bisa membuka aplikasi yang dibutuhkan, seperti desktop satu untuk Word, desktop dua untuk Youtube, dan desktop tiga untuk Facebook.

Dengan demikian, ketika kamu sedang melakukan pencarian, baik itu di browser ataupun di komputer, kamu bisa melakukannya dengan cepat melalui fitur multi desktop ini.

4. Cocok untuk Main Game

Cocok untuk Main Game

Jika kamu seorang gamer, maka sudah seharusnya menggunakan Windows 10, karena salah satu kelebihan Windows 10 adalah cocok untuk digunakan bermain game.

Windows 10 juga sudah dilengkapi dengan DirectX 12 yang akan semakin memanjakan kamu ketika bermain game.

Untuk game, spesifikasi perangkat yang digunakan memang harus kelas menengah ke atas mengingat game biasanya berukuran besar. Oleh karena itu, silakan gunakan PC atau laptop yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 apabila ingin bermain game.

5. Tersedia OneDrive

Tersedia OneDrive

OneDrive adalah layanan komputasi awan milik Microsoft. Dengan adanya OneDrive ini, data para pengguna Windows 10 bisa disimpan dengan mudah.

Artinya, semua file akan terhubung satu sama lain sehingga tidak perlu melakukan penyimpanan di banyak tempat, karena cukup menggunakan satu akun OneDrive saja.

Selain itu, untuk mengakses file di mana pun dan kapan pun juga bisa mengingat OneDrive sudah menggunakan cloud atau komputasi awan.

6. Memiliki Sistem Keamanan yang Lebih Baik

Sistem Keamanan yang Baik

Mengingat Windows 10 lebih baik dari Windows sebelumnya, sudah pasti tingkat keamanan yang dimiliki juga jauh lebih baik.

Di Windows 10 ini ada beberapa fitur keamanan yang bisa digunakan, di antaranya adalah Windows Hello.

Windows Hello cara kerjanya mirip dengan fingerprint, sehingga untuk mengamankan perangkat yang digunakan sangat bisa diandalkan.

Kekurangan Windows 10

Setelah mengetahui kelebihan Windows 10, sekarang kamu juga harus mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10, karena mengetahui kekurangan juga sama pentingnya.

1. Sering Melakukan Update

Meski lebih baik dari versi Windows sebelumnya, Windows 10 tetap memiliki kekurangan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila Windows 10 akan sering melakukan update.

Sayangnya, ketika Windows 10 melakukan update, kinerja PC atau laptop akan menjadi lambat sehingga mengganggu kenyamanan.

2. Update Sering Mengalami Masalah

Update yang dilakukan pihak Microsoft untuk Windows 10 cukup sering, karena pihak perusahaan berupaya untuk memberikan sistem operasi yang benar-benar mumpuni bagi para penggunanya.

Namun update yang cukup sering ini kebanyakannya justru menghadirkan masalah bagi para pengguna, seperti hilangnya data yang sudah disimpan, dan ini termasuk kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10.

3. Pembaruan Belum Tuntas

Sumber utama mengapa Windows 10 sering update hingga kemudian menyebabkan sistem sering mengalami masalah karena pembaruan yang belum tuntas di sistem operasi tersebut.

Karena pembaruan tak kunjung usai, maka yang namanya update harus terus dilakukan, dan yang sangat disayangkan adalah pihak Microsoft tidak memiliki jadwal tetap untuk melakukan update sistem operasi.

4. Boros Kuota Internet

Poin nomor empat ini masih ada kaitannya dengan poin-poin di atasnya di mana update Windows 10 memang membutuhkan kuota internet yang cukup.

Update Windows 10 membutuhkan koneksi internet, karena beberapa file juga akan diunduh secara otomatis yang ukurannya sangat besar. Oleh karena itu, usahakan kuota internet selalu cukup, kalaupun tidak ada, kamu bisa mematikan Windows Update-nya.

5. Aplikasi Masih Sedikit

Di Windows 10, pihak Microsoft telah menyediakan Store sendiri untuk para penggunanya sehingga ketika membutuhkan aplikasi yang sangat dibutuhkan, pengguna bisa langsung mencarinya di Microsoft Store.

Meski memiliki store sendiri, aplikasi yang ada di dalamnya juga masih terbatas. Meskipun begitu, ke depannya aplikasi yang ada di Microsoft Store tentu akan bertambah.

6. Tidak Mudah Dioperasikan

Windows 7 adalah salah satu sistem operasi milik Microsoft yang paling banyak digunakan. Salah satu alasannya karena Windows 7 lebih mudah untuk dioperasikan atau lebih user-friendly.

Hal ini berbanding terbalik dengan Windows 10 di mana sistem operasi ini tidak semua orang bisa mengoperasikannya, apalagi jika jarang menggunakan PC atau laptop, tentu pengguna tersebut akan kesulitan.

Itulah kelebihan Windows 10 dan kekurangan Windows 10 yang bisa disebutkan. Sebagai informasi, Windows 10 ini juga memiliki beberapa varian, di antaranya Home dan juga Pro. Adapun perbedaan keduanya hanya ada pada fitur keamanannya saja.

Leo Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!