Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

3 min read

touchpad laptop tidak berfungsi windows 10

Laptop merupakan sebuah barang elektronik yang sangat menunjang pekerjaan kita. Namanya barang elektronik, seiring berjalannya waktu pasti akan menemui masalah atau kendala. Salah satu kendala pada laptop yang sering ditemui yaitu touchpad laptop tidak berfungsi.

Mayoritas pengguna laptop, masih menggunakan touchpad daripada menggunakan mouse eksternal. Dengan alasan lebih praktis saat membawanya, atau memang nyaman menggunakan mousepad daripada menggunakan mouse eksternal.

Touchpad adalah salah satu part atau yang sangat penting pada laptop. Namun, jika touchpad laptop kalian tidak berfungsi dengan baik, jangan panik! Sebenarnya ada banyak sekali yang menyebabkan touchpad laptop tidak berfungsi.

Jika kalian mengalami masalah pada touchpad laptop, berikut cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi dengan mudah.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Sebagai salah satu komponen penting yang ada pada laptop, jika touchpad tidak berfungsi dengan baik pastinya kalian merasa tidak nyaman , walaupun sebenarnya masih bisa digunakan dengan bantuan mouse eksternal.

Penyebab touchpad tidak berfungsi ada beberapa hal, berikut cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi dengan baik untuk kalian :

1. Touchpad Tidak Sengaja Terkunci

Kasus yang paling sering terjadi adalah fitur touchpad pada laptop tidak sengaja terkunci. Sebenarnya kita bisa saja mematikan fitur touchpad karena berbagai alasan, namun banyak yang belum tahu dengan adanya fitur tersebut.

Kalian bisa cek apakah touchpad kalian terkunci atau tidak dengan cara:

  • Tekan Fn + F5
  • Tekan Fn + F6
  • Tekan Fn + F7

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Kalian bisa cek fitur tersebut di keyboard kalian. Biasanya setiap keyboard berbeda-beda. Silahkan kalian cek dengan logo yang sama seperti gambar di atas.

Selain dengan menggunakan keyboard kalian juga bisa mengaturnya dengan cara yang lain sebagai berikut :

  • Langkah pertama silahkan kalian klik Start kemudian silahkan pilih menu Settings
  • Selanjutnya silahkan kalian pergi ke menu Device lalu icon mouse yang ada di sisi kiri.

menu Device

  • Kemudian silahkan buka pengaturan Additional Mouse Options
  • Jika sudah selanjutnya akan muncul menu pengaturan mouse
  • Kemudian silahkan buka Device Options kemudian silahkan aktifkan mouse

tidak berfungsi asus

  • Pada menu yang ditampilkan, kalian bisa mengetahui status pada touchpad. Jika fitur tersebut belum aktif, silahkan aktifkan.

2. Update Driver Touchpad

Ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengupdate driver touchpad. Bisa saja ini karena driver touchpad belum diupdate, atau terdapat bug pada driver sebelumnya. Untuk mengupdate driver touchpad kalian bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama silahkan kalian buka Device Manager dengan cara search pada Start Menu kemudian ketik Device Manager.
  • Jika Device Manager sudah terbuka silahkan kalian cari Driver Touchpad yang ada pada menu tersebut.

Update Driver Touchpad

  • Jika sudah silahkan klik kanan pada menu driver kemudian klik Update Driver And Software.
  • Misal kalian menemui jendela menu lagi silahkan kalian klik Search Automatically Driver Software.

setelah instal ulang

Note: Jika kalian kesulitan mencari driver touchpad tersebut, kalian bisa mencarinya di menu Mice and other pointing device.

3. Uninstall Driver Touchpad

Jika tadi kalian harus update driver touchpadnya dan ternyata tidak berhasil. Kemungkinan besar ada sebuah bug yang ada pada driver touchpad tersebut. Salah satu jalan untuk memperbaikinya adalah dengan uninstall driver touchpad.

Berikut adalah beberapa cara untuk uninstall driver touchpad dengan mudah:

  • Langkah pertama silahkan kalian buka Device Manager

Uninstall Driver Touchpad

  • Jika sudah silahkan kalian cari Driver Touchpad
  • Kemudian klik kanan Driver touchpad tersebut lalu pilih Uninstall

tidak berfungsi windows 7

  • Selanjutnya silahkan restart kembali laptop tersebut dan periksa apakah Touchpad laptop sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Note: Driver touchpad akan terinstal secara otomatis Ketika kalian menyalakan ulang laptop tersebut, tanpa perlu menginstalnya secara manual.

4. Periksa Pengaturan Touchpad di BIOS

Di dalam BIOS terdapat berbagai fungsi dasar untuk mengatur berbagai hal untuk pengoperasian laptop, termasuk juga pengaturan touchpad. Pengaturan Touchpad  laptop harusnya secara otomatis aktif saat pertama kali laptop dihidupkan.

Namun tetap ada beberapa laptop, yang mungkin saja berubah tanpa diketahui. Seperti contoh setelah Laptop diperbaiki atau karena pembaruan OS Windows 8 maupun Windows 10. Berikut cara memeriksa pengaturan touchpad melalui BIOS.

  • Langkah pertama silahkan matikan Laptop terlebih dahulu.
  • Kemudian nyalakan laptop, dan langsung masuk ke BIOS
  • Untuk masuk ke BIOS, saat proses booting silahkan kalian tekan F2 bagi para pengguna laptop Asus.
  • Kalian bisa cari cara mengakses BIOS sesuai dengan laptop yang kalian gunakan.
  • Jika sudah silahkan cari pengaturan menu Internal Pointing Device, lalu jika berstatus Disabled silahkan atur pengaturannya menjadi Enabled.

Periksa Pengaturan Touchpad di BIOS

  • Langkah terakhir silahkan kalian keluar dari BIOS dengan opsi Save Changes and Exit.

5. Periksa Touchpad Laptop

Periksa Touchpad Laptop

Sebagian laptop memiliki notifikasi LED yang bertujuan untuk memberi tahu apakah touchpad sudah aktif atau belum. Jika laptop kalian memiliki fitur seperti ini silahkan kalian periksa terlebih dahulu.

Kalau LED mati  menunjukkan touchpad laptop yang kalian gunakan dalam keadaan nonaktif, silahkan  nyalakan terlebih dahulu dengan cara ketuk dua kali touchpad untuk mengaktifkannya.

Kemudian periksa juga apakah touchpad laptop dalam keadaan kotor atau berdebu, hal ini juga menghambat kinerja dari touchpad itu sendiri,

Dalam kasus lain, touchpad tidak bisa bekerja dengan baik karena dalam keadaan lembab. Entah dari keringat yang menempel pada jari kalian, atau mungkin ruangan ber-AC yang membuat touchpad laptop menjadi lembab.

6. Periksa Charger Laptop

Periksa Charger Laptop

Charger laptop yang rusak juga bisa mengakibatkan touchpad laptop tidak bekerja sebagaimana mestinya. Bisa jadi touchpad laptop kalian tidak berfungsi, karena permasalahan yang satu ini.

Hal ini bisa ditandai dengan touchpad laptop lemot, kemudian kursor yang ada di layar laptop bergetar, kursor sering melompat, dan bahkan sampai tidak bisa digunakan sama sekali.

Jika kalian mengalami hal tersebut ada beberapa solusi yang bisa kalian lakukan:

  • Silahkan periksa charger yang digunakan, dan pastikan charger dalam keadaan normal.
  • Selanjutnya silahkan periksa baterai laptop, hal ini juga mempengaruhi dan pastikan apakah baterai laptop dalam keadaan sehat atau tidak.
  • Silahkan kalian coba dengan mengganti charger dan baterai original, bisa dengan meminjam terlebih dahulu ke teman yang memiliki laptop dengan jenis yang sama.

7. Service Touchpad Laptop

Service Touchpad Laptop

Jika semua hal di atas sudah kalian coba namun belum mendapat hasil yang memuaskan, bisa dipastikan touchpad kalian memang benar-benar rusak. Jika benar-benar ada komponen yang rusak, biasanya akan kesulitan jika kalian memperbaikinya sendiri.

Oleh karena itu, penulis sarankan untuk segera membawanya ke service center terdekat. Silahkan kalian ceritakan tentang kendala laptop yang kalian gunakan.

Untuk perbaikan touchpad laptop sendiri sangat bervariasi, sekitar 150 ribu – 350 ribu, atau malah bisa lebih mahal, tergantung laptop yang kalian gunakan.

Namun, jika laptop yang kalian gunakan masih dalam masa garansi, biasanya kalian tidak akan diminta biaya sepeserpun.

Dengan mengikuti beberapa tips dan tutorial di atas, penulis harap kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jika diharuskan untuk service dan mengganti part touchpad itu sendiri, penulis sarankan untuk menggantinya ke service center resmi dengan part yang original.

Semoga artikel tentang cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi di atas dapat membantu kalian. Jangan lupa untuk selalu share ke teman atau saudara kalian yang membutuhkan yaa. Semoga berhasil 😊

Arfianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!